Rolls Royce Ghost Parkir di Kemensos, Mensos Risma Mau Lelang Buat Dana Bencana

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 26 Februari 2021 09:12
Rolls Royce Ghost Parkir di Kemensos, Mensos Risma Mau Lelang Buat Dana Bencana
Namun proses lelang untuk dana bantuan bencana itu harus menunggu persetujuan Kemenkeu

Dream – Menteri Sosial, Tri Rismaharini berencana melelang satu unit mobil mewah, Rolls Royce Ghost keluaran 2012 untuk membantu korban bencana. Kendaraan tersebut berstatus sebagai Harta Tidak Tertebak (HTT) dari penyelenggaraan undian gratis berhadiah yang diselenggarakan pihak swasta.

Di luar Roll Royce yang akan dilelang, Kementerian Sosial (Kemensos) juga memiliki lebih dari 300 item barang hadiah yang disimpan rapi. Beberapa hadiah tersebut berupa kendaraan roda empat seperti mobil Mercedes-Benz, sepeda motor dua, peralatan rumah tangga, logam mulia, alat telekomunikasi, peralatan elektronik, dan sebagainya.

“ Saya akan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan. Sudah pernah dilelang dulu. Tapi ketentuannya kan harus ada periode 6 bulan,” kata Mensos dikutip Dream dari laman Kemensos.

Risma berharap, akan ada kolektor, artis, dan dermawan yang tergerak hatinya untuk membeli barang-barang hadiah tadi. Rencananya dana hasil lelang bisa kembali ke negara dan diharapkan bisa membantu menambah anggaran untuk penanggulangan bencana.

Kemensos mendapatkan kendaraan mewah Roll Royce dari Batik Air pada 2016. Risma dikabarkan ingin melelang mobil ini senilai Rp8,3 miliar yang merujuk pada harga perolehan saat itu.

Namun Risma mengatakan penentuan harga harus terlebih dulu dilakukan appraisal. “ Perlu dilakukan appraisal lebih dulu ya,” katanya.

Direktur Direktorat Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial (PSDBS) Hotman menambahkan mobil Rolls-Royce milik Kemensos itu pernah dilelang dua kali, yaitu pada November 2019 dan Desember 2020 namun belum laku dilelang atau dengan status Tidak Ada Penawar (TAP).

" Jadi sampai saat ini kendaraan itu disimpan di Kementerian sosial," kata Hotman.

Lebih lanjut, Hotman mengatakan, untuk mengajukan lelang, Kemensos harus kembali berkoordinasi dengan Kemenkeu. Sebab, sesuai aturannya ada jarak enam bulan untuk kembali melakukan lelang.

" Namun, itu kan ketentuan, tapi Ibu Menteri Sosial ingin berkoordinasi dengan DJKN bahwa siapa tahu tidak harus enam bulan untuk dilelang kembali," katanya.

Hotman mengatakan, mobil Rolls-Royce merupakan HTT atas penyelenggaraan undian gratis berhadiah yang digelar PT Batik Air. Sementara itu, mobil Mercedes-Benz merupakan HTT dari acara undian yang digelar PT Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Roll Royce Ghost pertama kali diperkenalkan pada April 2009. Kala itu, Rolls Royce Ghost dirilis di Frankfurt Motor Show 2009 dan dijual pada September 2009.

Mobil ini menggendong mesin V12 twin turbo yang berkapasitas 6.600 cc. Mesin itu bisa menyemburkan daya 562 hp dengan torsi 780 Nm.

(Sumber:  Kemensos)

1 dari 2 halaman

Tak Ada Lagi Santunan Ahli Waris Covid-19 Rp15 Juta dari Kemensos

Dream - Kementerian Sosial meniadakan program santunan bagi ahli waris pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Sehingga pada tahun anggaran 2021, keluarga pasien Covid-19 meninggal dunia tidak lagi mendapat santunan sebesar Rp15 juta.

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Nomor 150/3.2/BS.01.02/02/2021 tentang Rekomendasi dan Usulan Santunan Ahli Waris Korban Meninggal Akibat Covid-19.

SE ini mencabut keputusan sebelumnya dalam surat Nomor 427/3/2/BS.01.02/06/2020 tentang Pemberian Santunan Korban Covid-19 yang menganggarkan santunan sebesar Rp15 juta.

" Pada Tahun Anggaran 2021 tidak tersedia alokasi anggaran santunan korban meninggal dunia akibat Covid-19 bagi ahli waris pada Kementerian Sosial RI," demikian bunyi surat tersebut, ditandatangani Direktur PSKBS) Kemensos, Sunarti, diakses dari Kemensos.go.id.

 

2 dari 2 halaman

Rekomendasi Daerah Tak Bisa Ditindaklanjuti

Karena tidak ada alokasi, Kemensos menyatakan rekomendasi dan usulan yang disampaikan oleh Dinas Sosial Provinsi/Kabupaten/Kota sebelumnya tidak dapat ditindaklanjuti.

Surat tersebut juga memuat ketentuan Kepala Dinas Sosial Provinsi untuk menyampaikan keputusan tersebut kepada Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota.

" Selanjutnya untuk tidak memberikan rekomendasi dan/atau usulan lagi pada Kementerian Sosial RI," demikian keputusan tersebut.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar