Pemilik Mobil Wajib Punya Teknologi Ini, Risiko Kecelakaan Berkurang

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 17 November 2018 16:01
Pemilik Mobil Wajib Punya Teknologi Ini, Risiko Kecelakaan Berkurang
Teknologi ini biasanya terdapat di mobil otonom.

Dream Teknologi pengemudian otonom menjanjikan peningkatan keamanan yang signifikan. Tapi, hal ini tidak berarti sistemnya harus diabaikan.

Dikutip dari Carscoops, Senin, 19 November 2018, mobil otonom dengan sistem peringatan tabrakan depan punya risiko kecelakaan 17 persen daripada mobil yang tak punya sistem peringatan. Sedangkan yang memiliki sistem peringatan tabrakan depan dan belakang, risikonya berkurang 30 persen.

Selain mengurangi jumlah kecelakaan secara keseluruhan, teknologi ini secara signifikan mengurangi jumlah kecelakaan yang menyebabkan cedera. Hal ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa pengemudi bisa memperkecil risiko tabrakan.

Hasil ini merupakan penelitian terbaru yang dilakukan oleh Insurance Institute for Highway Safety. Penelitian ini dilakukan kepada kendaran dari mobil Acura, Fiat, Chrysler, Honda, Mercedes Benz, Subaru, dan Volvo.

Di studi ini, sistem peringatan tabrakan depan dengan pengereman darurat, otomatis mengurangi jumlah tabrakan depan-ke-belakang sebesar 50 persen. Tabrakan depan-ke-belakang yang melibatkan cedera juga turun 56 persen.

“ Penelitian ini menunjukkan pencegaham tabrakan depan bekerja. Sistem ini bekerja lebih baik ketika tak hanya bergantung dari respons pengemudi,” kata penulis studi, Jessica Cicchino.

Sistem pengereman darurat otomatis menjadi standar mobil. Pada tahun 2022, ada 20 produsen mobil yang berjanji akan membuat peralatan standar teknologi di hampir setiap kendaraan baru yang dijual.

Insurance Institute for Highway Safety memeriksa seberapa efektif sistem peringatan tabrakan depan dengan pengereman otomatis. Hasilnya cukup mengesankan karena mereka menunjukkan teknologi ini bisa mengurangi jumlah kecelakaan yang terjadi setiap tahun.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Persija Juara, Jakmania Berpesta di Bundaran HI