TransJakarta Coba Bus Listrik Lokal & Eropa, Ini Kehebatannya

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Jumat, 22 Maret 2019 08:43
TransJakarta Coba Bus Listrik Lokal & Eropa, Ini Kehebatannya
Dua bulan lagi, perusahaan ini akan mengetes kendaraan listrik.

Dream – PT Transportasi Jakarta berencana menguji sepuluh bus listrik selama enam bulan. Bus-bus yang dijajal ini merupakan produksi dalam negeri, Eropa, dan Tiongkok.

Bus-bus listrik itu diklaim punya sejumlah keunggulan. Antara lain rendah emisi. Selama ini emisi menjadi isru penting dalam bidang transportasi, maklum kendaraan menyumbang 60 persen emisi karbon ke lingkungan.

Dan, kendaraan dengan bahan bakar listrik disebut-sebut sebagai jawaban karena bisa mengurangi emisi yang menjadi salah satu biang terjadinya penamasan global.

“ Kelebihannya jelas ini rendah emisi, zero emisi,” kata Direktur Utama TransJakarta, Agung Wicaksono, di Jakarta International Expo (JI Expo) Kemayoran, Jakarta, Kamis 21 Maret 2019.

Keunggulan lain, tambah dia, biaya perawatannya rendah. Tapi, harga beli bus listrik lebih tinggi daripada yang konvensoional.

“ Komponen yang dimiliki bus listrik sendiri menunjukkan lebih rendah keperluan perawatan dan biaya operasi, sehingga biaya jangka panjang akan keseluruhan biaya pengelolaan biaya rendah," kata dia.

Selain itu, yang menjadi tantangan dalam uji coba bus listrik selain regulasi itu yakni infrastruktur tempat mengisi daya. Kemudian mengenai kemampuan para teknisi dalam perawatan bus listrik.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Sekarang Bang Ijal Hidup Kayak Atta Halilintar - Smartfren Milenial Males Jadi Miliuner Eps Spesial