3 Penyebab Jerawat yang Muncul di Seluruh Tubuh

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 25 Januari 2021 13:32
3 Penyebab Jerawat yang Muncul di Seluruh Tubuh
Ketahui penyebabnya agar lebih mudah mencegah jerawat.

Dream - Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat meresahkan dan seringkali sulit diatasi meskipun telah memakai obat setiap hari.

Namun, bukan berarti jerawat tidak bisa diatasi secara keseluruhan. Kamu perlu mengetahui perawatan kulit yang tepat serta memperbaiki pola hidup jadi lebih sehat.

Sebelum melakukan upaya mencegah jerawat di seluruh tubuh, ketahui dulu penyebabnya yang dilansir dari Times of India berikut ini.

Bakteri

Jerawat disebabkan oleh penumpukan bakteri pada kulit. Bakteri pada kulit tidak hanya menyebabkan berbagai jenis jerawat, tapi juga komedo.

Maka dari itu, kamu harus memastikan kebersihan pori-pori kulitmu dengan melakukan pembersihan serta eksfoliasi secara rutin.

Pilihlah skincare yang mengandung retnol, benzoyl peroxide dan asam salisilat untuk mengatasi bakteri pada kulit.

1 dari 4 halaman

Biang keringat

Biasanya, hal ini terjadi pada kulit kepala dan area kulit yang kerap berkeringat seperti dahi, bahu, punggung atau leher. Kamu bisa mencegah jerawat ini dengan memakai pakaian yang longgar dan segera mandi setelah berolahraga atau berkeringat.

Folikulitis

Ini merupakan peradangan pada folikel rambut yang sangat sulit diatasi. Kamu perlu melakukan perawatan di salon kecantikan untuk mengatasinya. Gunakan sabun anti bakteri untuk mencegah infeksi pada kulit yang menyebabkan folikulitis.

(Sumber: Times of India)

2 dari 4 halaman

3 Tips Menyamarkan Bekas Jerawat dan Noda Pigmentasi Lainnya

3 Tips Menyamarkan Bekas Jerawat dan Noda Pigmentasi Lainnya© Dream

Buatlah wajah lebih flawless dan cerah dengan cara ini.

 

Dream - Penampilan akan sangat terganggu ketika wajah berjerawat. Walaupun sedikit atau berukuran kecil, namun jerawat tetap akan merusak tekstur wajah.

Akhirnya, pengaplikasian makeup juga tidak akan flawless meski telah memakai foundation maupun concealer tebal.

Selain jerawat, bekasnya juga menyebabkan hiperpigmentasi dan membuat kulitmu terlihat kehitaman. Jika riasanmu luntur, bekas jerawat tetap akan merusak penampilan wajah.

Meski sama sulitnya seperti saat ingin mengatasi jerawat, tapi kamu bisa mengupayakan agar bekasnya tidak terlalu kontras dengan tips yang dilansir dari Miss Kyra berikut ini.

3 dari 4 halaman

Produk skincare

Memakai Skincare© Shutterstock.com


Gunakanlah skincare yang khusus untuk mengatasi hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit. Biasanya, produk skincare yang mampu memberi efek tersebut mengandung vitamin C.

Menggunakan bahan natural

Jika tidak ingin pergi keluar rumah, gunakanlah bahan natural untuk dijadikan masker pencerah kulit. Kamu bisa menggunakan tomat yang dihaluskan, aloe vera gel, kunyit serta madu.

4 dari 4 halaman

Mengeksfoliasi kulit


Mengeksfoliasi Kulit© Shutterstock.com


Eksfoliasi dapat menghilangkan sel kulit mati dan memperlancar proses regenerasi. Sehingga, kulitmu tidak akan kusam, lebih cerah dan bebas dari sumbatan kotoran pada pori-pori.

Tapi, ketiga hal yang telah disebutkan tidak akan efektif jika tidak dilakukan secara rutin. Sisakan waktu minimal seminggu sekali agar hasilnya lebih efektif.

(Sumber: Miss Kyra)

Beri Komentar