4 Penyebab Munculnya Jerawat di Usia Dewasa

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 29 Januari 2021 14:12
4 Penyebab Munculnya Jerawat di Usia Dewasa
Jerawat tidak hanya muncul di usia remaja.

Dream - Jerawat seringkali dialami seseorang pada usia remaja hingga dewasa awal. Namun terkadang, jerawat juga muncul di usia 30-50an atau sering disebut adult acne.

Bahkan, kulitmu juga bisa mengalami komedo dan jerawat yang meradang di usia 40atau 50an. Penyebab komedo maupun jerawat pun beragam dan berbeda-beda pada setiap orang.

Jadi, cara penanganannya juga bisa berbeda-beda setiap orang. Dilansir Skincare.com, berikut penyebab jerawat yang muncul pada usia dewasa.

 

1 dari 2 halaman

Jenis kelamin

Bila diperhatikan, perempuan lebih rentan berjerawat daripada laki-laki. Hal ini diakibatkan oleh perubahan hormonal yang terjadi saat kehamilan, menstruasi, mengonsumsi pil KB atau menopause. Itulah mengapa laki-laki memiliki hormon yang lebih stabil.

Stres

Stres© Shutterstock.com

Stres sangat berpengaruh pada hormon androgen dan menyebabkan produksi minyak berlebih yang berujung pada jerawat.

© Dream
2 dari 2 halaman

Pengaruh genetik

Kulitmu akan lebih berpotensi untuk berjerawat jika orangtua atau saudaramu juga mengalaminya. Kamu masih bisa mengatasinya dengan berkonsultasi dengan dermatologis.

Pemakaian skincare

Memakai Skincare© Shutterstock.com

Beberapa skincare bisa membuat kulitmu berjerawat. Terutama, jika kandungan produknya berkonsentrasi cukup tinggi atau tidak cocok dengan jenis maupun kebutuhan kulitmu.

Beri Komentar