5 Kebiasaan Buruk Saat Ramadan Ini Bisa Memudarkan Kecantikan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 6 Mei 2019 09:45
5 Kebiasaan Buruk Saat Ramadan Ini Bisa Memudarkan Kecantikan
Apa saja itu?

Dream - Tahukah kamu, ada lima kebiasaan buruk yang kerap dilakukan orang di bulan Ramadan? Kebiasaan itu, tanpa disadari, bisa memudarkan kecantikan kulit kita.

Apa saja itu? Simak ulasannya agar kamu terhindar dari kebiasaan buruk ini.

1 dari 5 halaman

Begadang atau Kurang Tidur

Siapa yang suka bangun sahur jam 02.00 pagi? Hmm, jaraknya hampir 3 jam menuju sholat Subuh. Padahal, sunah Rasulullah menyarankan kita sahur di akhir-akhir waktu.

Efek buruk dari bangun terlalu awal ini banyak. Salah satunya mengganggu kesehatan dan kecantikan kulit. Jadilah kantung mata menebal, menghitam, kulit wajah mengendur, dan muka tampak kusam.

2 dari 5 halaman

Tidur Langsung Setelah Sahur

Buat yang terbiasa tidur setelah makan sahur, risiko kegemukan menjadi dua kali lipat, lho! Apalagi kalau selama sahur konsumsinya makanan berminyak dan berlemak.

Jeremy Barnes, professor dari Southeast Missouri State University pun menjelaskan pada saat tidur didapatkan peningkatan level hormon grehlin. Hormon ini dapat membuat orang merasa lebih lapar ketika bangun.

Jadi, berpuasa tak akan menurunkan berat badan bila kita tidak mengatur menu dan kebiasaan kita dengan sehat.

3 dari 5 halaman

Makan Gorengan Begitu Berbuka Puasa

Kalau hanya sedikit, mungkin masih oke. Tetapi kalau makan berlebihan, apalagi tiap buka puasa langsung mengonsumsi gorengan dalam jumlah banyak, sangat mungkin membuat obesitas dan timbunan lemak di sana-sini.

Tambah berkurang kan cantiknya? Makanya jangan heran banyak orang yang justru berat badannya bertambah di bulan Ramadan karena salah pola makannya. Jika mengikuti sunah Rasulullah, berbuka cukup dengan kurma, insya Allah tidak akan ada masalah.

4 dari 5 halaman

Kurang Minum Air Putih

Saat sahur minumnya teh manis, berbuka minum sirup sama es kelapa, kapan minum air putihnya?

Kekurangan air putih bukan hanya berpengaruh buruk untuk kesehatan dan keseimbangan cairan tubuh, melainkan juga sangat besar pengaruhnya untuk kecantikan kulit. Kulit akan kehilangan elastisitasnya, juga terlihat kusam.

5 dari 5 halaman

Makan Berlebihan

Puasa sih puasa, tapi begitu tiba waktu berbuka?. Langsung deh melahap apapun yang ada, sampai perut kekenyangan. Inilah bahayanya kebiasaan buruk makan berlebihan di bulan Ramadan.

Ada baiknya Anda mengingat hakikat puasa, yakni menahan diri dari nafsu syahwat, demikian pula ketika waktu berbuka, jangan sampai ‘balas dendam’ yang tentu saja akibatnya buruk untuk kesehatan, kecantikan, bahkan keimanan Anda sendiri.

Beri Komentar
Anak Millenial Wajib Tahu, Ini Tips Umroh Tenang Tanpa Utang