6 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Kulit

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 21 Januari 2019 16:42
6 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Kulit
Apakah kamu menyadarinya?

Dream - Kesehatan kulit sangat penting untuk dijaga, tertama oleh kaum perempuan. Sebab, kulit yang sehat bakal menunjang penampilan.

Tentu kita tidak mau kulit kita terlihat kusam, sehingga membuat tampilan tidak fresh. Jika sudah begini, pasti kurang percaya diri bila tampil di tengah keramaian.

Ketahuilah, kulit kusam dan tidak sehat ternyata bisa timbul karena kebiasaan sehari-hari yang sering kita lakukan.

Ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan dan tanpa disadari kebiasaan itu menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan kulit kita.

Apa saja kebiasaan itu?

1 dari 3 halaman

Makanan

1. Merokok

Tentu saja kalian sudah mengetahui bahwa merokok dapat mengganggu kesehatan kita. Bukan hanya merusak paru-paru, merokok juga dapat mengakibatkan kulit jadi rusak.

Asap yang dihasilkan rokok mengandung karbon monoksida yang dapat menghabiskan oksigen di kulit. Selain itu, rokok juga mengandung nikotin yang dapat mengurangi aliran darah, membuat warna kulit tidak merata, kering, dan berubah warna.

2. Makanan berminyak

Buat yang menyukai kudapan gorengan, perlu berhati-hati dengan jajanan tersebut. Sebab sering mengonsumsi makanan berminyak dapat mengakibatkan tumbuhnya jerawat dan pori-pori tersumbat.

 shutterstock

2 dari 3 halaman

Pencucian

3. Cuci muka dengan air panas

Mungkin banyak yang berpikir bahwa mencuci muka dan mandi dengan air panas akan membuatnya lebih bersih.

Tapi ternyata cuci muka dan mandi dengan menggunakan air yang terlalu panas akan merusak kelembaban kulit. Air yang terlalu panas akan menghilangkan minyak yang ada di kulit dan dapat membuat pelembab alami dari kulit hilang.

 shutterstock

4. Scrub wajah

Banyak orang melakukan scrub pada wajah sangat sering dan menganggap akan membuat kulit wajah menjadi cerah. Ternyata melakukan scrub wajah terlalu sering tidak baik untuk kesehatan kulit.

Melakukan scrub pada wajah setiap hari akan mengakibatkan warna kulit menjadi lebih gelap.

3 dari 3 halaman

Kosmetik

5. Obat bebas

Menggunakan obat-obatan tanpa resep dokter dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Setiap individu memiliki jenis kulit berbeda-beda. Karenanya, perawatan apa pun tidak dapat distandarisasi.

Ketika kita sakit dan memiliki gejala yang sama dengan keluarga kita bisanya akan menggunakan obat yang sama tanpa berkonsultasi lagi ke dokter. Ternyata hal tersebut dapat merusak kulit karena kulit yang dimiliki masing-masing orang berbeda-beda.

6. Kosmetik

Kesalahan umum yang sering dilakuan wanita adalah membeli dan menggunakan kosmetik hanya mengandalkan nilai merek.

Biasanya para wanita akan tergiur dan membelinya tanpa memeriksa apakah produk itu cocok untuk jenis kulitnya atau tidak. Hal itu tentu saja dapat membuat kerusakan pada kulit.

 shutterstock

Sumber: Times of India

Laporan: Ava Haprin

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian