6 Kesalahan Memakai Makeup yang Sering Dilakukan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 30 Januari 2020 16:12
6 Kesalahan Memakai Makeup yang Sering Dilakukan
Apa saja?

Dream - Tutorial makeup yang tersebar di internet terlihat sangat mudah ditiru. Padahal, makeupmu juga mudah luntur jika diaplikasikan dengan cara yang sama.

Oleh karena itu, kamu tidak seharusnya memercayai cara tersebut secara keseluruhan. Dilansir dari Times of India, berikut kesalahan memakai makeup yang sering dilakukan.

Salah Memilih Warna Foundation

" Semua orang memilih foundation yang berkualitas, tapi tidak dengan concealer. Padahal, concealer berperan penting untuk menyamarkan noda di wajah," ujar pakar makeup, Shagun Gupta.

Agar lebih flawless, kamu membutuhkan concealer sebelum memakai base makeup. Dan ketika memilih foundation, cobalah di wajahmu.

Pilih Foundation Sesuaikan dengan Jenis Kulit Wajah© MEN

Cobalah dua warna berbeda di kedua sisi wajah. " Pilih 2 warna yang paling mirip dengan kulitmu dan pakailah selama 15 menit untuk melihat kecocokannya pada wajah," tambahnya.

Memilih concealer juga harus dicoba pada wajah. Apalagi, jika kamu akan memakainya di bawah mata.

" Warna concealer atau foundation yang kurang teoat akan membuat penampilanmu kurang natural. Karena warna yang lebih terang dari kulit akan oxidise dan membuat wajah keabu-abuan" .

1 dari 3 halaman

Ingin Warna Kulit Terlihat Lebih Terang

Pakar makeup, Anuj Dogra menyatakan bahwa kamu tidak bisa memakai makeup untuk membuat warna kulit terlihat lebih terang.

Kamu hanya bisa memakai concealer berwarna sedikit lebih gelap dan mengaplikasikan foundation yang lebih terang. Tapi, warna kulitmu tidak akan menjadi lebih terang karenanya.

Makeup© shutterstock.com

Tidak Memakai Pelembap yang Tepat

Banyak orang tidak memakai pelembap terlebih dulu sebelum mengaplikasikan makeup. Padahal, kulit yang sehat merupakan kunci utama riasan sempurna.

" Memakai pelembap dan skincare merupakan hal yang sangat penting. Dan pilihlah skincare maupun pelembap yang tepat," kata Dogra.

Semakin bertambah usia, kulit akan semakin kering. Mengaplikasikan makeup pada kulit kering akan membuatnya berantakan. Gunakan pelembap yang bertekstur tebal agar wajah lembap dan makeup tahan sepanjang hari.

2 dari 3 halaman

Memakai Eyeliner Agar Mata Terlihat Lebih Besar

Banyak wanita mengklaim eyeliner dapat membuat mata terlihat lebih besar. " Itu tidak benar. Eyeliner dapat mempertegas bentuk mata, tapi juga bisa membuat mata terlihat lebih kecil. Terutama eyeliner hitam," imbuh Gupta.

Jika ingin mata terlihat lebih besar, gunakan eyeliner berwarna nude atau putih. Dan aplikasikan pada waterline, bukan di garis bulu mata.

Makeup© shutterstock.com

Tidak Memiliki Pencahayaan yang Cukup Ketika Memakai Makeup

Hasil makeup sangat bergantung pada pencahayaan di sekitarmu. Banyak orang yang mengaplikasikan makeup di kamar mandi atau tempat minim cahaya langsung.

Kamu harus menemukan pencahayaan yang tepat dan bisa memantulkan cahaya dari wajah. Campurlah cahaya berwarna kuning dan putih agar pencahayaan buatan terlihat lebih natural.

Gunakan lampu LED agar riasanmu terlihat lebih jelas. Terutama, ketika meratakannya ke seluruh wajah.

3 dari 3 halaman

Melakukan Patch Test Ketika Membeli Lipstik

Gupta tidak menyarankan melakukan patch test ketika memilih lipstik. Seperti memilih foundation, kamu harus menggunakannya.

Lipstik© shutterstock.com

" Warna lipstik tertentu tidak selalu terlihat sama oada setiap orang. Apalagi, warna bibir dan kulit berbeda," pungkasnya.

Ketika mencoba lipstik, bersihkan terlebih dulu dengan kapas atau tisu. Jika ingin mencoba lip liner, rautlah terlebih dulu.

Beri Komentar