6 Penyebab Rambut Lebih Cepat Beruban

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 9 Juli 2021 18:34
6 Penyebab Rambut Lebih Cepat Beruban
Hindari hal ini agar warna rambut tetap merata.

Dream - Tanda penuaan merupakan proses yang tidak dapat dihindari seiring berjalannya usia. Biasanya, tanda penuaan jelas terlihat pada wajah dan rambut.

Pada rambut sendiri, penuaan ditandai dengan munculnya uban atau rambut putih. Rambut beruban bisa muncul lebih cepat pada sebagian orang.

Faktor yang mempengaruhi munculnya uban pun beragam dan tidak bisa disamakan pada setiap orang.

Namun jika mengetahuinya, mungkin kamu bisa mencegah rambut beruban. Dilansir Times of India, berikut penyebab munculnya rambut beruban lebih cepat.

Stres

Stres sangat berdampak pada proses penuaan. Orang yang mudah stres akan lebih cepat beruban dan memiliki garis halus, kerutan, maupun mengalami pengenduran pada kulit.

Munculnya rambut beruban lebih cepat juga disebabkan oleh insomnia serta berkurangnya nafsu makan yang terjadi saat stres.

1 dari 2 halaman

Tidak menggunakan hair oil

Memakai Hair Oil© Shutterstock

Memakai hair oil bisa mengontrol produksi minyak, memperlancar peredaran darah, menjaga kesehatan rambut, serta mencegah timbulnya uban.

Gunakan hair oil sesuai dengan kebutuhan rambutmu agar lebih sehat dan tidak cepat beruban.

Terlalu sering terpapar sinar matahari

Paparan sinar matahari tidak hanya bisa mempercepat penuaan kulit. Rambutmu juga bisa lebih cepat beruban akibat paparan sinar matahari.

Ini diakibatkan kondisi rambut yang kering ketika sering terpapar sinar matahari. Lindungilah rambut menggunakan topi atau scarf ketika beraktivitas di luar ruangan.

2 dari 2 halaman

Merokok

Merokok juga bisa mempercepat timbulnya uban. Toksin pada rokoklah yang bisa merusak folikel rambut dan mempercepat munculnya uban.

Bahan kimia pada produk perawatan rambut

Bahan kimia pada produk perawatan rambut seperti pewarna bisa membahayakan kesehatannya serta mempercepat proses penuaan dan munculnya uban.

Tidak mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi Sandwich© Shutterstock

Apa yang dikonsumsi sehari-hari bisa memengaruhi kesehatan kulit dan rambut. Konsumsilah makanan kaya vitamin dan nutrisi untuk mencegah tanda penuaan seperti rambut beruban.

Beri Komentar