6 Tips Mencegah dan Mengatasi Komedo

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 26 Juli 2019 11:36
6 Tips Mencegah dan Mengatasi Komedo
Bye-bye bintik hitam!

Dream - Komedo adalah masalah kulit akibat sebum dan sel kulit mati yang teroksidasi lalu menyumbat pori-pori.

Paparan udara lah yang menyebabkan kotoran tersebut teroksidasi dan menghitam. Komedo berwarna hitam seringkali muncul di wajah, punggung, leher, dada, lengan dan bahu.

Menghilangkan Komedo

Dr Mohan Thomas, seorang ahli bedah kosmetik memberi tahu bagaimana cara menghilangkan komedo. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

Asam salisilat adalah salah satu bahan utama yang bisa dijadikan solusi menghilangkan komedo karena mampu menghancurkan produksi sebum berlebih dan sel kulit mati.

 Ilustrasi Hijab Cantik



Tetapi banyak orang yang sensitif terhadap bahan tersebut dan mungkin kamu tidak bisa memakainya terlalu sering.

Konsultasikan dengan dokter kulit yang dapat merekomendasikan krim malam dan serum agar bisa membantu pengelupasan sel kulit mati serta mencegah tersumbatnya pori-pori.

1 dari 5 halaman

Skin Brush untuk Hilangkan Komedo

Skin brush juga dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang berlebih. Cukup gunakan seminggu sekali agar tidak mengiritasi kulit.

Clay dan charcoal mask bekerja dengan baik untuk menghilangkan komedo.

 Ilustrasi Komedo dan Jerawat

Bahan yang kaya mineral dari clay mask dapat mengatasi produksi minyak, sel kulit mati dan pori-pori tersumbat melalui proses adsorpsi.

Ketika dicampur dengan air dan dioleskan ke kulit, bahan tersebut bertindak seperti magnet, menarik kotoran (komedo) keluar dari pori-pori.

Jangan lupa gunakan pelembap agar kulit tetap sehat dan kelenjar sebaceous tidak terlalu aktif.

Untuk menghindari timbulnya komedo, kamu bisa memilih makeup tertentu yang sesuai dengan jenis kulitmu.

2 dari 5 halaman

Mana yang Terbaik, Maskara Waterproof Atau Water Resistant?

Dream - Terkadang membeli maskara baru tidak sesederhana yang dibayangkan. Terutama jika kamu tidak tahu persis jenis maskara yang diinginkan.

Brand kosmetik juga tidak bisa jadi acuan utama dalam memilih maskara, karena kini sangat banyak maskara yang beredar di pasaran dengan formula berbeda-beda.

Seperti perbedaan maskara waterproof dan water resistant.  Pertama-tama, kamu harus tahu bahwa keduanya jelas bukan hal sama.

 

  shutterstock

" Perbedaan utama antara maskara waterproof dan water resistant adalah seberapa banyak paparan air yang bisa ditahan oleh maskaramu," kata Celebrity Makeup Artist (MUA), Nina Soriano.

“ Misalnya, jika kamu merendam bulu mata di air dengan maskara water resistant, maskaramu akan luntur. Sedangkan pada maskara waterproof, maskaramu tidak akan luntur," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Perhatikan formulanya

Meski hal itu bisa mempermudah pemilihan maskara, penting untuk mempertimbangkan bahwa kamu tidak selalu membutuhkan formula waterproof. Terutama jika tidak ingin kesulitan menghapus maskara.

" Maskara waterproof juga bagus saat membutuhkan riasan yang tahan lama,” jelas Soriano.

Soriano secara pribadi lebih suka menggunakan maskara waterproof untuk bulu mata, terutama yang tidak mengeriting hanya dengan maskara biasa.

" Saya juga akan menggunakan maskara waterproof setelah menjepit bulu mata dan melapisinya lagi dengan maskara biasa," ceritanya.

4 dari 5 halaman

Maskara bisa membahayakan mata

" Maskara waterproof atau water resistant bisa digunakan sehari-hari selama kamu menghapusnya dengan hati-hati," kata Soriano.

" Gunakan eye makeup remover yang tepat dan hapus maskara dengan lembut," jelasnya lagi.

Tidak menghapus maskara dengan benar bisa membahayakan kesehatan mata, karena bulu mata berfungsi untuk melindungi mata.

Jadi, kamu bisa menggunakan maskara waterproof ke acara pernikahan atau situasi dimana kamu akan menangis maupun ketika berenang. Namun, mungkin kamu tidak perlu menggunakannya setiap hari. Meski begitu, pilihan terakhir ada padamu.

(ism, Sumber: Makeup.com)

5 dari 5 halaman

Tren Maskara Colorful, Berani Coba?

Dream Maskara merupakan pelengkap dari tampilan makeup wanita. Maskara digunakan sebagai sentuhan akhir pada bulu mata agar terlihat lebih lentik dan memukau.

Biasanya maskara memiliki warna hitam pekat untuk membuat bulu mata semakin tebal. Tapi di zaman ini, tren makeup semakin unik dan beragam nih.   Salah satunya dengan memakai maskara berwarna-warni. Dilansir dari Makeup.com, gaya riasan mata monokrom sedang populer di kalangan beauty junkie.   Mereka sengaja menyamakan warna eyeshadow dan bulu mata sehingga membentuk tampilan unik. Berikut ini caranya:

1. Memilih Warna

   Maskara

Poin penting dalam riasan mata monokrom adalah memilih warna yang tepat. Pilih warna yang cocok dengan warna kulit atau aksesori yang akan kamu gunakan.

Kulit dengan warm undertone cocok memakai waran ungu dan hijau tua, sementara kulit dengan cold undertone sangat pas dengan warna frosty blue dan pink.

2. Eyeshadow


   Maskara

Pertama-tama, pakailah satu warna eyeshadow di bagian kelopak mata. Aplikasikan memakai flat shader brush agar hasil lebih pigmented.

3. Maskara

   Maskara

Sekarang, pilih maskara dengan warna serupa dengan eyeshadow yang telah kamu gunakan. Atau, kamu bisa membuatnya dari campuran maskara bening dan serbuk eyeshadow.

Aplikasikan secara merata pada bulu mata bawah dan atas. Selamat mencoba! (ism)

2. Eyeshadow


   Maskara

Pertama-tama, pakailah satu warna eyeshadow di bagian kelopak mata. Aplikasikan memakai flat shader brush agar hasil lebih pigmented.

3. Maskara

   Maskara

Sekarang, pilih maskara dengan warna serupa dengan eyeshadow yang telah kamu gunakan. Atau, kamu bisa membuatnya dari campuran maskara bening dan serbuk eyeshadow.

Aplikasikan secara merata pada bulu mata bawah dan atas. Selamat mencoba! (ism)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone