8 Manfaat Buah Pala untuk Kecantikan, Tak Hanya Sekedar Bumbu Masakan

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 25 Januari 2022 13:45
8 Manfaat Buah Pala untuk Kecantikan, Tak Hanya Sekedar Bumbu Masakan
Buah pala alias Myristica fragransi juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Dream – Buah pala alias Myristica fragransi biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Penambahan buah pala pada bumbu akan membuat masakah semakin terasa lezat.

Buah pala merupakan asli Indonesia yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya adalah melancarkan pencernaan, mengatasi insomnia, hingga membantu menjaga kesehatan otak. Pohon yang mencapai tinggi hingga 18 meter ini rupanya juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kesehatan.

Pemanfaatan buah pala dijadikan sebagai komoditas ekspor terbesar di dunia yang berasal dari Indonesia. Sering dijadikan bumbu masakan, manfaat buah pala untuk kecantikan tentu masih asing di telinga kita. Bahkan buah pala juga menjadi salah satu bahan pembuatan produk kosmetik.

Lantas apa sebenarnya manfaat buah pala untuk kencantikan? Kali ini Dream berhasil merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat buah pala untuk kecantikan yang sayang untuk dilewatkan.

1 dari 5 halaman

Kandungan Buah Pala

Ilustrasi© Pixabay.com

Manfaat buah pala untuk kesehatan dan kecantikan didapat dari kandungan nutrisinya yang banyak.

Pengolahan buah pala salah satunya menghasilkan minyak yang bermanfaat untuk obat jantung, nyeri otot, diare, sakit gigi, reumatik, dan menghilangkan racun dalam hati.

Manfaat buah pala diperoleh dari kandungan seperti air, protein, energi, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, beta-karoten, vitamin B1, vitamin B2, niasin, vitamin C.

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Pala untuk Kecantikan

Menurut NDTV Food, manfaat buah pala untuk kecantikan adalah sebagai berikut:

1. Mencegah Kulit Keriput

Manfaat buah pala untuk kecantikan yang sayang untuk dilewatkan adalah karena memiliki kandungan sifat anti-aging. Sifat ini akan membuat kulit wajah menjadi awet muda.

Kandungan antioksidan dan anti-aging pada buah pala akan melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif. Kondisi ini pada akhirnya membuat seseorang tampak lebih tua dari usianya. Bahkan stres oksidatif akan memnimbulkan garis-garis halus dan kerutan pada wajah.

2. Merawat Kulit Berminyak

Manfaat buah pala untuk kecantikan juga berperan merawat kulit wajah yang berminyak. Pori-pori besar akan membuat wajah lebih berminyak karena terjadi peningkatan produksi sebum pada kulit.

Manfaat buah pala salah satunya bisa mengatasi masalah tersebut. Buah asli Indonesia ini berperan mengecilkan pori-pori kulit. Kandungan nutrisi di dalamnya akan memastikan kulit menjadi sehat dan normal.

Manfaat buah pala juga didapat dari sifat antiinflamasi dan antibakteri yang membantu mencegah munculnya jerawat. Mengingat wajah berminyak sangat rentang terkena masalah jerawat.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi© Freepik.com

3. Mengurangi Pigmentasi Kulit

Manfaat buah pala yang selanjutnya untuk perawatan kecantikan adalah kemampuannya mengurangi pigmentasi kulit. Buah pala mampu meratakan perubahan warna dan pigmentasi pada kulit wajah.

Paparan sinar UV matahari yang berlebihan bisa menyebabkan pigmentasi dan bintik-bintik gelap pada wajah. Tak hanya itu, pigmentasi kulit juga bisa disebabkan karena perubahan hormonal, usia lanjut, efek samping obat hingga kondisi kulit tertentu.

4. Melembapkan Wajah

Manfaat buah pala untuk perawatan kecantikan yang selanjutnya adalah mampu mengembalikan kelembapan kulit. Tak hanya itu, nutrisi di dalam buah pala juga bisa memperbaiki masalah kulit kusam dan mengurangi tanda penuaan.

Cara yang bisa dilakukan untuk melembapkan kulit dengan buah pala adalah dengan mencampurkan susu organik utuh dan bubuk buah pala. Jadikan campuran tersebut sebagai masker wajah. Asam laktat dari campuran tersebut akan membuat kulit menjadi lebih kenyal dan lembap. Bye-bye kulit kusam!

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Pala untuk Kecantikan

5. Rambut Lebih Berkilau

Tak hanya bagus untuk perawatan kulit dan wajah, manfaat buah pala juga baik untuk merawat rambut. Buah pala bisa membantu menjaga kesehatan rambut agar tampak berkilau.

Cara membuat rambut berkilau dengan buah pala adalah dengan menambahkan satu sendok teh bubuk buah pala ke dalam botol shampoo atau kondisioner yang kamu gunakan. Kemudian kocok hingga bubuk pala dan shampo tercampur merata.

6. Membantu Regenerasi Kulit

Manfaat buah pala untuk kecantikan yang selanjutnya adalah mampu meregenerasi kulit. Buah pala bisa digunakan sebagai bahan tambahan untuk eksfoliasi kulit. Cara ini ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan kulit paling luar. Jika sel kulit mati terangkat, maka kulit akan tampak lebih halus dan cerah.

Sahabat Dream bisa memakai bubuk dari biji pala sebagai eksfoliator. Kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok bubuk pala, satu sendok teh soda kue, satu sendok teh madu, dan satu sendok sari cuka apel. Campur hingga merata lalu oleskan pada wajah selama 2 menit dengan pijatan yang benar. Tunggi sampai meresap lalu bersihkan dengan air hangat.

5 dari 5 halaman

7. Kulit Lebih Cerah Alami

Manfaat buah pala untuk kecantikan akan membuat kulit lebih cerah alami. Gunakan minyak dari biji buah pala sebagai skincare harianmu. Sebab kandungan di dalam minyak pala diklaim bisa membersihkan wajah dari kotoran. Selain itu juga berfungsi sebagai pelembap alami. Alhasil kulit akan menjadi lebih cerah dan sehat.

Tuangkan sedikit minyak pala ke wajah sambil memijatnya dengan lembut. Diamkan sampai minyak pala meresap sempurna ke kulit kemudian bersihkan dengan pembersih wajah yang biasa kamu gunakan.

8. Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Manfaat buah pala untuk kecantikan yang sayang untuk dilewatkan adalah kemampuannya menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pala dipercaya ampuh mengatasi hiperpigmentasi atau bercak gelap di wajah.

Penyebabnya adalah noda-noda hitam bekas jerawat. Manfaat biji dari buah pala bisa membantu mengatasi masalah kulit tersebut dengan membantu pengelupasan pada kulit. Pengelupasan kulit ini akan memunculkan lapisan kulit baru yang lebihh halus.

Untuk mengatasi noda hitam bekas jerawata ini, kamu hanya perlu menyiapkan satu sendok makan bubuk pala, satu sendok makan jeruk nipis peras, dam satu sendok makan madu. Campur ketiga bahan tersebut dan gunakan sebagai masker rutin. Cara ini ampuh menghilangkan noda hitam bekas jerawat bahkan bisa mengatasi keriput pada wajah.

Beri Komentar