Apakah Menunda Keramas Bisa Mengurangi Jumlah Rambut Rontok?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 27 September 2022 16:12
Apakah Menunda Keramas Bisa Mengurangi Jumlah Rambut Rontok?
Perhatikan siklus pertumbuhan rambut dan perawatannya agar bisa mengontrol jumlah kerontokan.

Dream - Rambut rontok bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Apalagi, jika jumlah rambut yang rontok cukup banyak. Biasanya, jumlah rambut yang rontok akan terlihat jelas saat keramas. Hal ini tidak hanya dialami wanita. Pria pun mengalami hal serupa. Pasalnya, rambut mengalami siklus pertumbuhan yang terdiri dari anagen, katagen, dan telogen.

Berdasarkan unggahan Dokter Kulit, Arthur Simon, rambut kepala akan tumbuh sekitar 1 cm setiap 28 hari ketika memasuki fase anagen. Ketika memasuki fase katagen, rambut mulai berhenti bertumbuh. Sekitar 3 persen dari rambut kepala mengalami fase yang berlangsung selama 2-3 minggu ini.

Setelah itu, sekitar 6-8 persen rambut akan istirahat dan rontok saat memasuki fase telogen yang berlangsung selama 100 hari. Akibat siklus tersebut, sekitar 25-100 helai rambut yang ada di fase telogen akan rontok setiap harinya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika terdapat cukup banyak rambut yang rontok ketika mandi.

1 dari 7 halaman

Rambut Rontok© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Mungkin, sebagian orang enggan mandi atau keramas karena tidak mau melihat banyaknya rambut yang rontok. Padahal, rambut tetap akan rontok atau terlepas dengan sendirinya saat beraktivitas.

Menunda keramas hanya akan membuat rambut yang rontok terlihat semakin banyak. Belum lagi kebersihan dan kesehatan kulit kepala menjadi tidak terjaga akibat menunda keramas.

Folikel rambut pun akan tersumbat oleh minyak dan kotoran. Ini akan membuat rambut lebih rapuh dan mudah rontok. Jadi, keramaslah paling tidak dua hari sekali. Jika ingin keramas setiap hari, gunakan sampo berformula ringan dan lembut serta sesuai dengan kondisi kulit kepala maupun rambut.

3 dari 7 halaman

Terlihat Trendy tapi 3 Gaya Rambut Ini Bisa Sebabkan Rambut Rontok

Dream - Rambut rontok bisa mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Apalagi, jika kamu mengalami rontok parah yang menyebabkan kulit kepala terlihat lebih jelas.

Biasanya ketika mengalami kerontokan, seseorang berusaha mencari penyebabnya dan menggunakan produk perawatan rambut tertentu untuk membantu mengatasinya. Padahal, produk yang kamu gunakan tidak akan efektif mengatasi kerontokan jika masih menjalani kebiasaan buruk seperti menerapkan gaya rambut tertentu.

Dokter Kulit, Yessica Tania mengungkapkan bahwa gaya rambut tertentu dapat menjadi penyebab utama kerontokan. Terutama, jika kamu sering menerapkan gaya rambut seperti berikut ini.

4 dari 7 halaman

1. High Ponytail

Mengikat Rambut© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Meski tampak seperti model papan atas yang kerap menggunakan gaya rambut sleek, namun high ponytail bisa menyebabkan kerontokan. Pasalnya, rambut akan terikat dan sulit bernapas.

Ikatannya pun kencang dan dapat menyebabkan helai rambut putus atau rontok. Jadi, gaya rambut ini tidak disarankan untuk diterapkan terus menerus agar tidak menyebabkan penipisan.

5 dari 7 halaman

2. Simple Bun

Membuat Hair Bun© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Mengikat dan melilit rambut untuk waktu yang lama bisa merusak folikel rambutmu. Akhirnya, rambut pun rontok dan berpotensi mengalami kebotakan. Jadi, hindari kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang dan melilitnya untuk waktu lama. Lakukanlah hanya ketika benar-benar dibutuhkan.

6 dari 7 halaman

3. Single Braided Hairstyle

Mengepang Rambut© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Mengepang rambut bisa membuat penampilan tampak manis secara instan. Sayangnya, gaya rambut ini justru bisa menyebabkan kerontokan. Terutama, jika kamu menarik dan mengikat rambut terlalu kencang agar bentuknya tetap rapi.

Pastikan rambutmu digerai lebih lama untuk mencegah kerontokan serta masalah lainnya. Jangan lupa untuk menggunakan perawatan sesuai dengan kebutuhan rambut. Bila perlu, gunakan sarung bantal berbahan satin untuk mencegah kekusutan dan kerontokan saat tidur.

7 dari 7 halaman

Beri Komentar