12 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Secara Alami, Mudah dan Efektif

Reporter : Sugiono
Selasa, 4 September 2018 19:14
12 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Secara Alami, Mudah dan Efektif
Pertumbuhan rambut secara alami bisa terhambat oleh beberapa faktor. Namun ada beberapa tips dan cara cepat memanjangkan rambut secara alami, mudah, dan efektif.

Dream - Siapa pun pasti menginginkan rambut yang indah dan tebal. Apalagi jika memiliki rambut sehat, kuat dan cepat panjang.

Sayangnya, berbagai faktor - baik dari luar dan dari dalam - menjadi penyebab menurunnya pertumbuhan rambut.

Akibatnya, pertumbuhan rambut secara alami menjadi terhambat. Sehingga rambut sehat, berkilau, dan kuat hanya menjadi sebatas impian saja.

Tingkat kecepatan pertumbuhan rambut Sahabat Dream memiliki kaitan dengan faktor keturunan (genetik).

Selain itu, penelitian menyebutkan bahwa rambut biasanya tumbuh sekitar seperempat sampai setengah inci setiap bulannya.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara cepat memanjangkan rambut secara alami? Kamu tidak usah khawatir.

Berikut adalah beberapa tips dan cara cepat memanjangkan rambut secara alami, mudah, dan efektif yang dirangkum Dream dari berbagai sumber.

1. Menggunakan masker rambut

Seiring dengan tumbuhnya rambut, penting untuk menjaganya agar berada dalam kondisi yang baik. Salah satunya adalah dengan sering memotong rambut ujung rambut yang bercabang.

Namun ada cara cepat memanjangkan rambut secara alami, mudah dan efektif yaitu dengan menggunakan masker rambut. Ini adalah cara yang bagus untuk menjaga agar rambut terlihat indah. Masker rambut tidak hanya akan membantu agar rambut bisa cepat panjang, tapi juga akan membuat rambut terlihat lebih bersinar, lebih sehat dan lebih tebal.

Berikut adalah cara cepat memanjangkan rambut secara alami, mudah dan efektif dengan menggunakan masker rambut:

  1. Siapkan mangkuk kecil. Setelah itu masukkan sebutir kuning telur, satu sendok makan madu, satu sendok makan minyak zaitun extra virgin (atau minyak linen) dan satu sendok makan Vodka (atau Cognac).
  2. Campur semua bahan ini sampai rata hingga menjadi pasta.
  3. Oleskan pasta ini pada kulit kepala sambil dipijit-pijit.
  4. Setelah itu tutup kepala dan rambut dengan handuk atau shower cap.
  5. Tunggu sekitar tiga puluh menit.
  6. Keramasi rambut hingga bersih.

Lakukan perawatan masker rambut ini secara teratur, seminggu sekali atau dua minggu sekali, selama satu atau dua bulan.

2. Alternatif dari masker telur

Sebagai alternatif dari masker telur, kamu bisa memakai campuran bahan berikut untuk memanjangkan rambut secara alami dengan cepat dan efektif.

Perawatan rambut alami ini akan memberi nutrisi dan meremajakan rambut, membuatnya jadi lebih bersinar dan berkilau, sekaligus cepat memanjangkan rambut.

Cara cepat memperpanjang rambut menggunakan bahan alternatif dari masker telur:

  1. Siapkan minyak kelapa, minyak almond manis dan masker rambut madu di atas.
  2. Campurlah ketiga bahan ini dalam proporsi yang sama, lalu hangatkan sebentar dalam pot.
  3. Oleskan masker ini pada rambut, dan pijit-pijit.
  4. Biarkan sekitar tiga puluh menit.
  5. Keramasi rambut hingga bersih.

3. Mengonsumsi makanan berprotein

Mengonsumsi makanan berprotein juga bisa membuat rambut tumbuh lebih cepat. Cara cepat memanjangkan rambut secara alami, mudah dan efektif tidak hanya mengutamakan perawatan kecantikan dari luar saja.

Pijit dan masker rambut memang penting, tapi kamu juga perlu memperhatikan makanan jika ingin memiliki rambut yang tebal dan indah.

Tahukah kamu bahwa makanan bisa membuat perbedaan yang besar untuk mempercepat pertumbuhan rambut? Pastikan untuk menambahkan telur, kacang-kacangan, ikan, ayam, dan daging merah ke dalam menu diet seimbang kamu jika ingin memiliki rambut yang indah dan sehat.

4. Menyisir rambut setiap hari selama 1 atau 2 menit

Memanjangkan rambut dengan menyisir secara teratur© Shutterstock

Salah satu cara cepat memanjangkan rambut secara alami, mudah dan efektif adalah dengan menyisir rambut setiap hari selama 1 atau 2 menit. Pastikan untuk menyisir rambut setiap pagi dan malam untuk merangsang sirkulasi di kulit kepala.

Selain itu kamu juga perlu memijit kepala dengan lembut. Dengan menyisir rambut perlahan-lahan sebanyak dua kali sehari, setidaknya selama dua menit akan merangsang sirkulasi darah di kulit kepala. Cara memanjangkan rambut ini juga akan membuat penyebaran minyak alami merata di atas kulit kepala.

Sirkulasi darah yang sehat sangat penting bagi folikel rambut untuk bekerja secara efisien dan menumbuhkan rambut sehat yang baru. Namun jangan sekali-kali menyisir rambut pada saat basah, karena akan menyebabkan kerusakan pada rambut.

Gunakan sisir dengan gigi yang lebar atau gunakan sisir khusus dengan ujung yang bulat, halus dan tidak terasa sakit di kulit kepala. Lakukanlah setiap pagi dan malam untuk merangsang sirkulasi di kulit kepala.

5. Memijit kulit kepala setiap kali keramas

Salah satu cara cepat memanjangkan rambut secara alami, mudah dan efektif berikutnya adalah dengan memijit kulit kepala setiap kali keramas. Ketika memijit kulit kepala, lakukanlah dengan lembut. Gunakan jari, pijit dan urut kepala selama satu atau dua menit. Hal ini bertujuan untuk merangsang aliran darah di kulit kepala sehingga akan membantu dalam memanjangkan rambut dengan cepat.

6. Memanjangkan rambut dengan menggunakan jus kentang

Memanjangkan rambut dengan masker kentang© Shutterstock

Ternyata, cara cepat memanjangkan rambut secara alami, mudah dan efektif bisa juga menggunakan jus kentang.

Berikut cara cepat memanjangkan rambut dengan masker kentang.

  1. Blender 2 buah kentang besar.
  2. Tambahkan satu sendok makan madu murni dan satu buah kuning telur.
  3. Oleskan campuran ini pada rambut (terutama pada akar rambut).
  4. Tunggu setengah jam, lalu keramasi rambut hingga bersih.

1 dari 1 halaman

7. Memanjangkan rambut secara alami dengan masker jahe

Tahukah kamu jika jahe memiliki manfaat yang cukup baik untuk memanjangkan rambut secara alami, mudah dan efektif? Jahe dipercaya dapat merangsang sirkulasi darah, dan meransang folikel rambut menyerap nutrisi dan oksigen dengan lebih baik. Sehingga membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat panjang.

Selain itu, jahe juga mengandung sifat antiseptik yang dapat memecah ragi penyebab ketombe pada kulit kepala. Pemakaian secara rutin akan mengembalikan keseimbangan pH (tingkat keasaman) dari kulit kepala. Rambut juga akan terlihat lebih mengkilap.

Memanjangkan rambut dengan masker jahe© Lifehack

Begini cara memanjangkan rambut secara alami dan cepat dengan jahe:

  1. Kupas jahe lalu parut dan peras air jahe.
  2. Tambahkan satu sendok makan minyak alpukat ke dalam perasan jahe.
  3. Selanjutnya, tambahkan setengah cangkir santan ke dalam campuran kedua bahan di atas. 
  4. Terakhir, tambahkan 10 tetes perasan jeruk lemon.
  5. Gunakan sisir rambut untuk mengaplikasikan masker ke setiap helai rambut. Beri sedikit tekanan agar masker jahe menyerap sempurna.

8. Memanjangkan rambut dengan minyak hangat

Cara cepat memanjangkan rambut secara alami yang lainnya adalah dengan menggunakan minyak hangat. Caranya pun mudah. Pijat dan urut kulit kepala menggunakan minyak hangat.

Ingat, cukup panaskan sedikit minyak (minyak linen, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak argan atau minyak jojoba), lalu aplikasikan ke kulit kepala.

Lebih lengkapnya, simak cara cepat memanjangkan rambut dengan minyak hangat berikut ini:

  1. Jangan merebus minyak sampai mendidih, cukup sedikit menghangatkannya saja.
  2. Pijat kulit kepala dengan lembut melewati akar rambut dengan gerakan melingkar.
  3. Pijat sekitar 15 - 20 menit, lalu oleskan minyak di rambut
  4. Tunggu sekitar 30 menit, lalu keramasilah rambut.

Perawatan ini akan cepat memanjangkan rambut dan juga membuat rambut terlihat mengkilap dan sehat, terutama jika melakukannya secara teratur.

9. Rambut yang sehat dan indah diawali dengan kulit kepala yang sehat

Itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk merawat kulit kepala dengan baik. Salah satu tips yang penting: jangan sekali-kali mengaplikasikan hair conditioner pada akar rambut (kulit kepala. Sebab, bukan hanya akan menyebabkan hilangnya volume rambut, tapi rambut mungkin akan menjadi sangat berminyak.

Ingat, beberapa kondisioner rambut mengandung wax dan silikon yang tidak bagus untuk kulit kepala. Jika mengaplikasikannya, bisa menyumbat pori-pori sehingga menghambat pernapasan kulit kepala.

Kesimpulannya: oleskan kondisioner rambut hanya pada batang rambut, bukan pada kulit kepala.

10. Memanjangkan rambut dengan merawat dan menjaga rambut saat tidur

Memanjangkan rambut dengan tidur teratur© Boldsky.com

Salah satu cara cepat memanjangkan rambut secara alami, mudah dan efektif adalah dengan berperilaku yang tidak merusak rambut. Misalnya, jangan pernah tidur dalam keadaan rambut terikat atau mengepang rambut dengan ketat. Cara ini akan menghambat pertumbuhan rambut dan bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada rambut.

Tidurlah dengan menggunakan sarung bantal yang terbuat dari material lembut seperti sutra. Selain lembut untuk rambut, sarung bantal dari bahan ini tidak akan menyebabkan gesekan. Sarung bantal dengan material lembut tidak hanya bermanfaat untuk rambut, tapi juga bisa membantu untuk mencegah agar keriput pada wajah tidak muncul.

11. Membilas rambut dengan cuka sari apel

Cuka sari apel bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan polusi yang menempel di rambut, juga mampu menghilangkan residu yang ditinggalkan oleh produk perawatan rambut.

Selain menjadi cara cepat memanjangkan rambut secara mudah dan efektif, tapi juga berfungsi sebagai deterjen alami.

Cara cepat memanjangkan rambut secara alami dengan sari cuka apel:

  1. Tambahkan dua sendok makan cuka ke dalam 1 liter air, lalu bilas rambut dengan kondisioner alami buatan sendiri ini
  2. Lakukan perawatan ini sebagai langkah terakhir dari rutinitas keramas atau pengkondisian rambut.
  3. Jika tidak suka dengan bau cuka, tambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit ke dalam cuka sari apel (seperti minyak esensial mawar).
  4. Alternatif lainnya, kamu juga bisa mencampur jus lemon dengan air, dengan proporsi yang sama, daripada menggunakan cuka sari apel.

Pengganti cuka sari apel yang bisa membuat rambut lebih berkilau, sehat dan kuat, serta cepat memanjangkan rambut adalah air mawar:

  1. Semprotkan air mawar pada rambut, setelah selesai keramas.
  2. Lalu pijat dengan lembut kulit kepala dengan gerakan melingkar.
  3. Kemudian oleskan kondisioner rambut hanya pada batang rambut (bukan pada akar rambut).
  4. Diamkan selama beberapa menit, sebelum mencuci rambut dengan air hangat.

12. Memanjangkan rambut secara alami dan cepat dengan minyak jarak

Memanjangkan rambut dengan minyak jarak© Google Image

Untuk memanjangkan rambut secara alami, mudah dan efektif bisa dengan minyak jarak. Caranya sangat mudah.

  1. Pijat rambut dengan menggunakan minyak jarak sebelum tidur dan biarkan semalaman.
  2. Setelah itu, keesokan harinya, cuci rambut hingga bersih.
  3. Lakukanlah perawatan ini satu atau dua kali seminggu selama beberapa minggu. Kamu akan tercengang dengan perbedaan kesehatan rambut kamu.

Selain untuk memanjangkan rambut secara alami, mudah dan efektif, minyak jarak juga dapat membantu untuk menumbuhkan bulu mata menjadi lebih panjang dan alis yang lebih tebal.

Selama mencoba ya Sahabat Dream!

Beri Komentar