Cara Mengatasi Kulit Terbakar Akibat Matahari

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Selasa, 5 Maret 2019 16:13
Cara Mengatasi Kulit Terbakar Akibat Matahari
Sunburn bisa terasa sangat menyakitkan.

Dream - Berlibur di pantai memang menyenangkan, sampai ketika kulit berubah menjadi perih, gatal dan kemerahan. Ini yang biasanya kita kenal dengan istilah sunburn.

Sunburn merupakan reaksi dari kulit akibat terlalu lama terpapar sinar matahari. Tak hanya kulit wajah, sunburn juga bisa menyerang kulit tubuh.

Ketika kamu terserang sunburn, jangan panik. Nadia Purwoko, jawara Miss Grand Indonesia 2018 punya solusinya.

" Sunburn bisa bikin kulit perih dan bersisik, pertolongan pertamanya pakai soothing gel atau lotion khusus sunburn," ujar Nadia di acara launching Martinez Beaute, Jakarta, Senin 4 Maret 2019.

 Nadia Purwoko

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Meski kulit menghitam, hindari pemakaian krim berformula whitening. Kulit yang terbakar akan lebih sensitif dengan formula tersebut. Kamu bisa memakainya sekitar 3 hari kemudian.

Biasanya iritasi akan hilang dalam waktu seminggu hingga menyisakan kulit kusam. Lakukan scrubbing agar kembali seperti semula.

" Seminggu kemudian di-scrub agar kulit matinya hilang sehingga kulit dapat kembali regenerasi. Pakai scrub dengan butiran yang soft dulu. Warna aslinya nanti akan balik lagi," katanya.

Untuk mencegah sunburn di kemudian hari, jangan lupa memakai sunblock ketika berpergian. Pilih sunblock dengan formula SPF dan PA.

Berhati-hatilah ketika memakainya di sekitar mata. Sebab, beberapa sunblock mengandung bahan yang cukup keras sehingga memicu iritasi. (ism)

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri