Cara Merawat Kulit Kombinasi dengan Tepat

Reporter : Shania Suha Marwan
Senin, 4 Juli 2022 07:12
Cara Merawat Kulit Kombinasi dengan Tepat
Gimana cara merawat kulit kombinasi dengan tepat?

Dream - Kulit manusia memiliki jenis yang berbeda-beda. Perbedaan jenis kulit pada seseorang akan berpengaruh terhadap cara merawatnya. 

Sangat penting untuk mengetahui jenis dan kondisi kulit yang kamu miliki sebelum mulai merawatnya. Bisa jadi kulit kamu kering, berminyak, atau bahkan cenderung kombinasi. 

Kulit kombinasi merupkan jenis kulit yang memiliki dua tipe berbeda dalam satu wajah. Biasanya pada kulit kombinasi, bagian T-zone, cenderung lebih berminyak, sedangkan bagian lainnya kering. 

Lalu, bagaimana cara merawat kulit yang tepat untuk pemilik kulit kombinasi?

1 dari 2 halaman

  • Menggunakan Pembersih yang Lembut 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih produk pembersih wajah yang gentle atau lembut. Hal ini agar kotoran di wajah terangkat, serta minyak di bagian T-zone terangkat, namun saat yang bersamaan, kulit bagian lainnya tidak bertambah kering. 

  • Eksfoliasi 

Jika kamu memiliki kulit kombinasi, melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati di wajah sangat penting untuk dilakukan, agar kulit dalam keadaan yang sehat. Kamu bisa mencoba menggunakan eksfoliasi kimia, seperti toner yang mengandung AHA dan BHA, untuk secara lembut melakukan eksfoliasi pada wajah.

2 dari 2 halaman

  • Melembapkan Kulit

Tidak peduli jenis kulit yang kamu miliki, melembapkan kulit dengan menggunakan produk pelembap wajib dilakukan. Kamu bisa menggunakan produk pelembap yang tidak terlalu berat pada wajah kombinasimu. Jika bagian kulit yang kering butuh lebih banyak pelembap, kamu bisa tambahkan pelembap yang lebih thick. 

  • Gunakan Sunscreen

Menggunakan sunscreen setiap hari tak hanya dapat membuat kulit menjadi lebih sehat. Namun juga melindungi kulit dari beragam dampak jangka panjang dari paparan sinar matahari.

  • Gunakan Masker Ganda

Menggunakan masker ganda dalam satu wajah terdengar sedikit aneh, namun sebenarnya akan memberikan dampak yang bagus untuk kulit. Pada bagian wajah yang kering, kamu dapat mengaplikasikan masker yang menutrisi dan menambah kelembapannya, sedangkan menggunakan masker clay yang dapat menyerap minyak berlebih pada bagian T-zone, agar minyak terkontrol. 

Sumber: Loreal Paris USA

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More