Cara Merawat Rambut Agar Tak Alami Penuaan Dini

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 17 Februari 2020 18:45
Cara Merawat Rambut Agar Tak Alami Penuaan Dini
Normalnya, penipisan rambut yang terjadi seiring bertambahnya usia. Tapi, proses penuaannya terjadi dalam waktu berbeda.

Dream - Tak hanya kulit, rambut pun menua setiap hari. Volume rambut berkurang seiring waktu dan warnanya berubah menjadi abu-abu.

" Normalnya, penipisan rambut yang terjadi seiring bertambahnya usia. Tapi, proses penuaannya terjadi dalam waktu berbeda. Ini dipengaruhi jika seseorang memiliki kondisi kesehatan seperti tiroid, diabetes atau PCOS," kata Menurut Dermatologis Sirisha Singh, dilansir dari Times of India, Senin 17 Februari 2020.

Seiring dengan perubahan hormon, rambut akan rontok lebih banyak dan semakin lama tumbuh kembali. Tapi, Sahabat Dream masih bisa mengontrolnya. Caranya?

 Rambut© shutterstock.com

Mengunjungi Trichologist

Ketika kerontokan dan penipisan terjadi lebih cepat, pakar rambut seperti trichologist (dokter yang mempelajari dan menangani rambut serta kulit kepala) bisa mengatasi penyebabnya, bahkan membuat rambutmu tumbuh kembali.

Pakar akan menyebutkan beberapa penyebab rambut kering, tipis serta beruban lainnya, seperti anemia, kekurangan zat besi, autoimun atau efek samping pengobatan.

1 dari 3 halaman

Diet untuk Rambut

Mengonsumsi biotin sedang tren untuk meningkatkan kualitas rambut dan mengatasi kerontokan. Tapi biotin saja tidak cukup, Sahabat Dream membutuhkan makanan sehat lainnya untuk rambut.

 Rambut © shutterstock.com

Suplemen untuk mengatasi masalah rambut harus mengandung tembaga, peptida, seng, kalsium pantothenate serta mineral. Konsumsi kacang-kacangan, ragi, alpukat dan ikan.

Terkadang, kerontokan terjadi setelah mengidap beberapa penyakit seperti malaria. " Di beberapa kasus, kerontokan disebabkan oleh konsumsi multivitamin dan pemilihan sampo serta conditioner," tutur Singh.

 

2 dari 3 halaman

Melakukan Olahraga Tertentu

Berolahraga bisa meningkatkan tekanan darah ke kulit kepala dan memicu pertumbuhan rambut. Tapi menurut Sarkar, terlalu banyak berolahraga sejenis push up, sit up, chin up, squat thrust, lunges maupun step up bisa meningkatkan kadar testosteron serta memicu kerontokan.

 Rambut © shutterstock.com

Jauhi dari Sinar Matahari

Kualitas rambut dipengaruhi oleh paparan sinar matahari serta polusi. Lindungi rambutmu dari paparan sinar matahari dengan memakai topi atau payung.

" Kamu harus memakai conditioner setelah menggunakan sampo," imbuh Singh. Ia juga menyarankan untuk menjauhi alat penata rambut yang menggunakan panas.

Gunakan sesekali di momen tertentu karena alat penata rambut bisa menyebabkan penipisan. Konsumsi telur, ayam, kacang, biji labu, bayam serta lentil agar rambut tetap sehat.

3 dari 3 halaman

Membuat Rambut Lebih Bervolume

 Rambut© shutterstock.com

- Rambut pendek seperti bob akan membuat rambut terlihat sehat dan bervolume.

- Gaya layer juga bisa memperindah rambut tipis. Jika rambutmu sebahu, terapkan gaya ini.

- Asymmetrical bob sangat cocok untuk rambut pendek, halus dan tipis.

- Rambut pendek juga cocok untuk yang berambut keriting. Dengan sedikit layer dan tekstur, rambutmu akan lebih bervolume.

- Perawatan rambut di spa seperti protein mask dapat menutrisi rambutmu ketika terjadi penipisan.

Beri Komentar
Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak