Catat! Begini Cara Memilih Kosmetik yang Aman

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Senin, 17 Desember 2018 11:42
Catat! Begini Cara Memilih Kosmetik yang Aman
Hati-hati, tidak semua kosmetik aman di wajah.

Dream - Kosmetik sudah menjadi bagian dari gaya hidup perempuan. Cara memilihnya tidak boleh asal. Salah pilih, wajah bisa jadi bermasalah.

Dokter kecantikan Satria Prihandini mengatakan, ada dua syarat penting dari kosmetik agar dapat dikategorikan aman.

" Yang penting dia tidak mengandung zat berbahaya. Selebihnya, ada ekstra benefit untuk menambah poin plus," paparnya di acara Health and Beauty Fest, Bandung, Minggu 16 Desember 2018.

Zat berbahaya biasanya bersifat antigen (penyebab alergi), pore clogging (penyumbat pori-pori) dan mengandung logam berat.

Zat antigen dapat menyebabkan reaksi seperti gatal-gatal dan kulit kemerahan. Bahan penyumbat pori-pori akan menjadi cikal bakal dari erawat dan komedo. Sedangkan logam berat seperti timbal dan merkuri bisa menyebabkan kanker serta gangguan janin bagi ibu hamil.

" Efeknya mungkin tidak terasa karena baru akan muncul di kemudian hari. Untuk itu, pastikan produk sudah terdaftar di BPOM," ujarnya.

Selebihnya, ada tiga ekstra benefit dari kosmetik yang berguna untuk wajah.

Fungsi proteksi berguna untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Pilih kosmetik berlabel SPF dan PA. Kelembapan dapat dijaga dengan fungsi hidrasi, seperti kandungan shea butter.

Selain itu, fungsi nutrisi juga tidak kalah penting. Kandungan vitamin E mampu menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari masalah penuaan dini. (ism)

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik