DIY Masker Kulit Jeruk untuk Cegah Jerawat

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Senin, 29 Agustus 2022 07:47
DIY Masker Kulit Jeruk untuk Cegah Jerawat
Masker kulit jeruk menjadi salah satu masker wajah paling umum dan populer dan telah memberi manfaat bagi generasi ke generasi

Dream - Hampir semua orang langsung membuang kulit jeruk ke keranjang sampah. Setelah menikmati buahnya yang lezat, kita tak pernah peduli lagi pada kulitnya. Padahal, kulit jeruk punya banyak manfaat.

Shutterstock© Shutterstock

Kulit jeruk memiliki beberapa khasiat luar biasa bagi kulit. Kulit jeruk bisa diolah menjadi masker wajah. Masker kulit jeruk bahkan telah memberi manfaat bagi generasi ke generasi.

1 dari 5 halaman

Bermanfaat Cegah Jerawat

Shutterstock© Shutterstock

Masker kulit jeruk dikenal dapat mencegah jerawat. Jeruk kaya akan vitamin C yang kaya akan sifat antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang membantu menghilangkan jerawat dan juga menyembuhkan peradangan dan hiperpigmentasi yang terjadi akibat jerawat.

2 dari 5 halaman

Mengeksfoliasi Kulit

Shutterstock© Shutterstock

Kulit jeruk juga membantu mengelupas kulit. Sel kulit mati yang dibiarkan menumpuk di kulit yang dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan berbagai masalah kulit. Asam sitrat yang ada dalam kulit jeruk mengelupas kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menyegarkan kulit.

Intip yuk bagaimana cara membuat masker dari kulit jeruk dilansir dari Boldsky.

3 dari 5 halaman

Bahan yang Diperlukan

Shutterstock© Shutterstock

 

  • 1 sdm bubuk kulit jeruk
  • 2 sdm bubuk cendana
  • Air mawar (secukupnya)

Cara pakai:

  1. Ambil bubuk kulit jeruk dalam mangkuk.
  2. Tambahkan bubuk cendana ke dalamnya dan aduk.
  3. Tambahkan air mawar secukupnya untuk membuat pasta.
  4. Oleskan pasta pada wajah.
  5. Biarkan sampai mengering.
  6. Bilas sampai bersih.
4 dari 5 halaman

4 Manfaat Kulit Jeruk untuk Perawatan Kulit Sampai Perabot Rumah

Dream - Ketika memakan buah jeruk, sebagian orang mungkin akan membuang kulitnya. Padahal, selain harum, kulit jeruk sebetulnya memiliki banyak manfaat selain sebagai pengharum.

Kulit jeruk ternyata bisa juga digunakan untuk perawatan tubuh. Dilansir dari Miss Kyra, berikut manfaat kulit jeruk yang mungkin belum diketahui.

Menyegarkan Kulkas

Kulkas© Pexels.com

Jika kulkas menimbulkan bau kurang sedap karena terkontaminasi makanan atau minuman tertentu, gunakanlah kulit jeruk untuk mengatasinya.

Taburi kulit jeruk dengan garam dan masukkan ke dalam kulkas. Garam akan menyerap bau kurang sedap dan kelembapan pada udara di dalam kulkas. Sedangkan kulit jeruk akan membuat kulkasmu harum kembali.

5 dari 5 halaman

Membersihkan Permukaan Kayu

Jeruk© Pexels.com

Selain mengharumkan permukaan kayu, kulit jeruk juga akan membuatnya bersih dan bersinar. Isi botol dengan kulit jeruk dan tuangkan cuka di atasnya.

Lalu, biarkan campurannya selama 2 minggu. Setelahnya, pisahkan cairan dengan kulit jeruk. Tuangkan cairan pada botol spray dan gunakan untuk membersihkan permukaan kayu.

Beri Komentar