Kenapa Alis Sulit Tumbuh? Ini Cara Mengatasinya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 2 Oktober 2019 09:13
Kenapa Alis Sulit Tumbuh? Ini Cara Mengatasinya
Ayo siapa yang merasa alisnya makin menipis?

Dream - Jika kamu termasuk orang yang sering mencabut alis atau mencukurnya, kamu pasti tahu betapa sulitnya rambut-rambut halus itu untuk tumbuh kembali.

Pertama, dibutuhkan kesabaran untuk menunggu timbulnya bulu alis yang tumbuh perlahan. Kemudian, ada kemungkinan bahwa alismu tidak akan tumbuh kembali.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan soal ini adalah mencukur terlalu sering bukan satu-satunya penyebab alis kamu menipis.

Mungkin ada alasan medis yang membuat menipisnya alis kamu. Dilansir dari Women’s Health, berikut penyebab yang perlu kamu simak:

1 dari 4 halaman

1. Kondisi Kulit Tertentu Seperti Eksim Atau Psoriasis

Ketika memiliki kondisi yang mengakibatkan peradangan atau iritasi pada kulit, itu dapat menyebabkan hal lainnya seperti bulu alis rontok.

 shutterstock

2. Penuaan

Mungkin kamu tahu bahwa keriput akan muncul seiring bertambahnya usia, tetapi bagaimana dengan pertumbuhan alis?

Pertumbuhan alis pun akan berkurang seiring bertambahnya usia, karena folikel mulai menghasilkan rambut yang lebih tipis seperti halnya rambut di kepalamu.

 

2 dari 4 halaman

3. Masalah Tiroid

Jika sepertiga bagian luar alis mulai rontok, mungkin hal itu merupakan tanda bahwa kamu mengalami hipotiroidisme, suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup.

Tes darah dapat menentukan apakah ini menjadi penyebab utama rontoknya alismu. Kamu pun bisa menggunakan obat rujukan dokter untuk mengatasinya.

 shutterstock

3 dari 4 halaman

4. Terlalu Sering Mencukur Bulu Alis

" Setiap rambut terhubung ke pembuluh darah kecil yang disebut pembuluh kulit. Itulah yang membuatnya sehat dan memungkinkannya tumbuh kembali ketika rambut dihilangkan," kata Jared Bailey, Ahli Alis Global dengan Benefit Cosmetics.

" Begitu pembuluh pecah, rambut tidak pernah kembali,” tambahnya. Jadi bagaimana seharusnya mencukur bulu alis yang tidak diinginkan?

 shutterstock

" Untuk mencabut dengan benar, kamu harus menarik kulit dengan satu jari dan kemudian mencabut rambut ke arah pertumbuhannya," Bailey menjelaskan.

Ia juga mengatakan, " Biasanya arah untuk mencabut bulu alis adalah ke atas, bukannya lurus.”

4 dari 4 halaman

Bagaimana Bila Alis Menipis?

Ada beberapa pilihan perawatan yang bisa dicoba untuk memicu pertumbuhan alis, seperti memakai produk tertentu yang dijual di pasaran.

 shutterstock

(ism) 

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik