Kenali 4 Tahap Pertumbuhan Jerawat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 13 Juli 2021 06:45
Kenali 4 Tahap Pertumbuhan Jerawat
Separah apa jerawatmu bisa meradang?

Dream - Semua orang mungkin pernah berjerawat, namun tidak semuanya bisa diobati dengan cara yang sama. Kamu harus mencari pengobatan yang tepat untuk jenis jerawat serta kondisi wajahmu agar lebih efektif.

Jerawat pun tidak hanya dialami oleh wanita maupun pria yang baru menginjak usia pubertas saja. Penelitian di Singapura sendiri menunjukkan bahwa sebagian besar penduduknya memiliki jerawat di usia dewasa yang disebabkan oleh pengaruh hormonal.

Dilansir Clifford Clinic, data menunjukkan sekitar 12 persen wanita di atas usia 35 masih berjerawat. Sedangkan, persentase pria yang berjerawat di usia tersebut turun menjadi 3 persen.

Selain disebabkan oleh pengaruh hormonal, jerawat juga disebabkan oleh pengaruh genetik, pemakaian produk kosmetik, konsumsi obat tertentu, dan berbagai masalah kesehatan seperti PCOS serta tiroid.

Timbulnya jerawat sendiri terbagi menjadi 4 tahap yang memiliki karakteristik dan keparahannya berbeda.

1 dari 5 halaman

Wajah Berjerawat© Shutterstock

Tahap 1: Jerawat yang tidak meradang. Biasanya, terdiri dari mikrokomedo dan komedo. Terkadang, papula dan pustula juga bisa muncul pada tahap ini.

Tahap 2: Jumlah komedo, papula, dan pustula lebih banyak. Namun, biasanya hanya muncul pada wajah.

Tahap 3: Di tahap ini, jerawat mulai mengalami peradangan. Papula, pustula, nodul, dan jerawat dalam bentuk kista juga muncul lebih banyak dan kondisinya lebih parah. Biasanya, jerawat ini bisa muncul di wajah, leher, dan tubuh bagian atas.

Tahap 4: Ketika memasuki tahap ini, jerawatmu mengalami peradangan parah. Jerawat yang berbentuk nodul dan kista bisa menjadi nanah.

Bekas jerawat dan luka bisa muncul di wajah, dada bagian atas, dan punggung. Permukaan kulit bisa menjadi kasar atau keras. Sebaiknya, konsultasi pada dokter kulit untuk penanganan yang tepat.

2 dari 5 halaman

4 Tips Menyamarkan dan Meredakan Jerawat Agar Wajah Mulus

Dream - Penyebab terbesar riasanmu terlihat kurang mulus pada umumnya dikarenakan munculnya jerawat di wajah. Apalagi ketika jerawatmu sedang meradang. Teksturnya akan semakin jelas dan membuat kulit terlihat kemerahan.

Mungkin kamu masih bisa menyembunyikannya dengan meratakan makeup sesuai warna kulit. Namun kamu tetap tidak bisa memperbaiki teksturnya secara kilat.

Jika ingin wajah terlihat mulus, cobalah untuk mengatasinya secara intens untuk membantu menyamarkan permukaan jerawat. Dilansir dari Skincare.com, berikut tips menyamarkan jerawat agar penampilan wajah dan riasan tetap menarik.

3 dari 5 halaman

Melakukan spot treatment

Spot treatment merupakan langkah dasar yang bisa dilakukan untuk meredakan dan mengatasi jerawat. Cobalah menggunakan spot treatment yang memiliki kandungan sulfur alpha, BHA, atau benzoyl peroxide.

Menggunakan pimple patch

Menggunakan Pimple Patch© Shutterstock

Sebagian orang menggunakan pimple patch untuk menyamarkan tampilan jerawat dan menghindarinya dari sentuhan, kuman, maupun bakteri.

Pimple patch juga dapat membantu mempercepat penyembuhan jerawat karena memiliki teknologi tertentu serta kandungan yang bermanfaat seperti asam salisilat.

4 dari 5 halaman

Mengompres jerawat dengan es batu

Kompres es batu dapat meredakan peradangan pada jerawat. Sehingga, ukuran jerawat akan mereda. Warnanya pun tidak akan terlalu merah.

Meski cukup efektif, namun cara ini tidak akan bisa menyamarkan jerawat untuk waktu yang cukup lama. Sehingga, kamu hanya bisa melakukan trik ini untuk tampilan sesaat.

Hindari memencet jerawat

Memencet Jerawat© Shutterstock

Memencet jerawat adalah hal yang harus dihindari karena bisa menyebabkan bekas. Bahkan, jerawat bisa tumbuh kembali di tempat yang sama maupun area wajah berbeda.

Hindari menyentuh wajah atau memencet jerawat agar kulitmu tetap sehat serta bebas dari berbagai masalah.

5 dari 5 halaman

Beri Komentar