Biang Keladi Komedo dan Jerawat, Kosmetik Atau Genetik?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 23 Desember 2018 13:02
Biang Keladi Komedo dan Jerawat, Kosmetik Atau Genetik?
Buat kamu yang gemar makeup, hati-hati!

Dream - Menjaga dan merawat kulit sudah menjadi bagian hidup yang tak bisa diabaikan buat semua orang.

Tidak hanya kaum perempuan, buat lelaki tak ada salahnya memperhatian dan menjaga kesehatan kulit. Jangan sampai masalah kulit timbul dan membahayakan kesehatan tubuh lainnya.

Seperti kita tahu, penyebab masalah kulit pun bermacam-macam. Salah satunya adalah pemakaian kosmetik yang tidak tepat. 

Selain membuat kulit berubah mengering, penggunakan kosmetik yang tidak tepat juga bisa memunculkan jerawat dan komedo pada wajah.

1 dari 4 halaman

Perhatikan foundation

Kulit akan memberikan reaksi berupa peradangan dan menyebabkan jerawat serta komedo. Dokter kulit asal Amerika Serikat, Joshua Zeichner mengatakan kosmetik berbentuk cairan seringkali jadi penyebab utama munculnya kedua musuh tersebut.

 shutterstock© dream.co.id

" Foundation berbahan cair adalah penyebab umum munculnya jerawat. Jika kamu melihat jerawat sehari setelah memakai makeup, maka kemungkinan itu disebabkan foundation," kata Joshua yang juga menjabat sebagai Direktur Kosmetik & Penelitian Klinis di Unit Dermatologi di Mount Sinai Hospital.

2 dari 4 halaman

Ini Biang Keladinya

Namun, dia menambahkan bahwa bukan berarti foundation dan makeup sebagai biang keladinya.

" Karena tingkat keparahan jerawat dan komedo itu sebagian besar juga karena perpaduan antara genetis dan lingkungan," tambahnya.

Ada yang memiliki kulit mudah berjerawat. Sementara ada juga yang tidak pernah mengalami masalah jerawat saat memakai kosmetik.

" Jadi, kulit setiap orang itu berbeda. Solusi untuk satu kulit mungkin tidak bisa diterapkan ke kulit lainnya," katanya.

3 dari 4 halaman

Tambahnya usia

Perubahan kulit karena tambahnya usia juga bisa jadi penyebabnya, " Kamu mungkin akan merasakan selama ini memakai kosmetik tidak terjadi apa-apa, tapi kemudian akhir-akhir ini kulit sering bermasalah," ujar Joshua.

Jika sudah begitu, selalu bersihkan wajah sebelum mengaplikasikan foundation.

 shutterstock© dream.co.id

" Agar makeup tidak menyebabkan jerawat, pastikan untuk membersihkan kulit menggunakan pembersih berbahan asam salisilat untuk menghilangkan kelebihan minyak, kotoran, dan sel mati dari permukaan kulit," tuturnya.

Selain itu, ia menyarankan untuk memakai makeup yang memiliki label non-comedogenic. Label ini mengindikasikan bahwa produk kecantikan yang kamu beli tidak menyebabkan penyumbatan pori sehingga menimbulkan jerawat atau komedo.

4 dari 4 halaman

Penyerap Minyak

" Kosmetik berlabel non-comedogenic menunjukkan produk sudah diuji dan diteliti tidak akan menimbulkan jerawat dan komedo. Makeup atau foundation berbahan dasar mineral adalah alternatif yang bagus," ungkap Joshua.

Kedua jenis kosmetik itu ringan dan menempel di permukaan kulit dengan baik. Kosmetik lain yang perlu dipertimbangkan adalah produk yang bisa menyerap kelebihan minyak.

 shutterstock© dream.co.id

Tips terakhirnya adalah selalu memakai sikat dan spons yang bersih, serta mencuci wajah setiap malam sebelum tidur.

" Bekas makeup, minyak, dan kotoran adalah musuh Anda di sini. Jadi, itulah mengapa penting untuk membersihkan wajah setiap sebelum tidur setiap hari," pungkasnya.

(Ism, Sumber: Makeup.com)

Beri Komentar