6 Manfaat Air Garam untuk Wajah, Solusi Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 3 Agustus 2022 17:12
6 Manfaat Air Garam untuk Wajah, Solusi Mengatasi Berbagai Masalah Kulit
Garam menjadi eksfoliator alami yang bisa membersihkan pori-pori dengan baik.

Dream – Garam selama ini lebih banyak dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang membuat hidangan makanan tak terasa hambar. Mereka yang gemar memasak akan selalu membubuhi masakannya dengan takaran garam yang pas untuk menghadirkan rasa yang lebih lezat. Namun, kegunaan garam tidak hanya sebatas untuk masakan saja. Tetapi juga bisa untuk merawat kulit wajah.

Perlu sahabat Dream ketahui juga bahwa garam laut dan garam biasa memiliki perbedaan. Garam laut memiliki kandungan mineral yang tinggi karena terdapat kalsium, natrium, kalium, dan magnesium. Kesemua kandungan itulah yang mampu menjaga kesehatan kulit, bahkan bisa sahabat Dream jadikan sebagai eksfoliator alami.

Bagi sahabat Dream yang memiliki masalah pada wajah, seperti kulit kusam, kulit kering, kulit yang berminyak dan sebagainya, maka kamu bisa mencoba menggunakan air garam. Manfaat air garam untuk wajah tidak perlu kamu ragukan lagi.

Daripada makin penasaran apa saja manfaat air garam untuk wajah, berikut sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Air Garam untuk Wajah

Manfaat Air Garam untuk Wajah© Freepik.com

Masker yang Menyeimbangkan Wajah

Manfaat air garam untuk wajah yang pertama adalah bisa menjadi masker yang menyeimbangkan wajah. Sahabat Dream bisa mengombinasikan garam dengan madu yang memiliki sifat antiinflamasi untuk membuat kulit menjadi lebih tenang.

Cara mendapatkan manfaatnya sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan dua sendok the garam laut yang sudah dihaluskan dengan empat sendok teh madu. Aduk sampai rata dan membentuk pasta, lalu aplikasikan ke wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya secara merata.

Diamkan selama 10 sampai 15 menit. Sebaiknya sebelum kamu bilas, rendam terlebih dahulu waslap dalam air hangat dan peras. Kemudian letakkan waslap tersebut ke wajah sekitar 30 detik. Kemudian kelupaslah kulit dengan jarimu secara lembut dengan gerakan melingkar sembari membilas kulit dengan air hangat. Untuk dapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah cara ini dengan rutin.

Mengobati Beberapa Kondisi Kulit

Manfaat air garam untuk wajah juga bisa membantu mengobati beberapa kondisi kulit yang mengalami masalah. Mulai dari kondisi kulit yang kering hingga mengalami eksim serta psoriasis bisa diatasi dengan menggunakan air garam. Kamu hanya perlu mencucinya menggunakan air garam.

Mengingat air garam sendiri memiliki kandungan berupa kalium, kalsium, dan magnesium yang bisa mendetoksifikasi kulit serta membuat kulit lebih lembut dan halus. Jika ada yang menderita eksim, maka penggunaan air garam secara rutin sangatlah membantu untuk mengurangi rasa gatal dan kelembapan yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

2 dari 3 halaman

Manfaat Air Garam untuk Wajah

Manfaat Air Garam untuk Wajah© Freepik.com

Toner Wajah untuk Menyerap Minyak

Bagi sahabat Dream yang memiliki kulit berminyak, bisa juga menggunakan air garam untuk mengatasinya. Di mana air garam tersebut kamu jadikan sebagai toner yang nantinya ampuh untuk menyerap minyak. Garam mampu membersihkan pori-pori dengan baik, menyeimbangkan produksi minyak, dan mencegah bakteri yang memicu hadirnya jerawat.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok teh garam laut dengan empat ons air hangat. Lalu masukkan ke botol semprot kecil dan tunggu sampai garamnya larut. Kemudian semprotkan ke kulit yang sudah dibersihkan dan dikeringkan sebelumnya. Gunakanlah cairan tersebut setiap hari atau dua kali sehari.

Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang banyak dikeluhkan. Mulai dari jerawat yang berukuran kecil hingga besar memang terkadang membuat seseorang marasa tidak percaya diri. Apalagi jika harus bertemu dengan orang lain. Cara yang bisa kamu coba untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan air garam.

Air garam mengandung antibakteri dan astringen alami. Nantinya pori-pori di wajah akan lebih kemcang, mengurangi produksi minyak yang berlebih, serta melawan bakteri. Dengan begitu, permasalahan jerawat di wajah pun bisa diatasi.

3 dari 3 halaman

Manfaat Air Garam untuk Wajah

Manfaat Air Garam untuk Wajah© Freepik.com

Meremajakan Wajah

Manfaat air garam untuk wajah berikutnya adalah bisa membantu meremajakan wajah. Kamu bisa menjadikan garam sebagai lulur. Di mana garam menjadi exfoliant pelembut yang bisa memulihkan kondisi kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu hanya perlu mencampurkan setengah cangkir garam, seperempat gel lidah buaya murni, seperempat cangkir minyak zaitun atau minyak wajah, satu sendok makan bunga lavender kering, dan 10 tetes minyak esensial lavender.

Setelah semuanya dicampur akan berbentuk seperti pasta yang teksturnya kental. Jika teksturnya masih agak kering, kamu bisa menambahkan minyak. Aplikasikan pasta saat mandi dengan menggunakan waslap, loofah, atau bisa juga dengan tangan saja dan digosokkan ke kulit secara lembut dan gerakannya melingkar.

Mengatasi Mata Bengkak

Manfaat air garam untuk wajah mampu membantu mengatasi mata yang bengkak. Di mana nantinya akan menyerap cairan yang berlebih karena adanya sifat antiinflamasi dalam air garam.

Untuk mendapatkan manfaatnya, sahabat Dream hanya perlu mencampurkan satu sendok the air garam ke dalam dua cangkir air hangat hingga garamnya larut. Kemudian ambillah kapas dan belah menjadi dua, kemudian rendam di larutan lalu letakkan di sekitar mata.

Beri Komentar