Mengenal Lebih Jauh Flek Hitam di Wajah

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 11 Juni 2019 09:43
Mengenal Lebih Jauh Flek Hitam di Wajah
Flek hitam di wajah? Yuk kenali jenis-jenis flek hitam dan cara mengatasinya disini.

Dream - Flek hitam adalah noda atau bintik berawarna gelap yang muncul di sekitar wajah. Flek hitam ini terjadi karena adanya hyperpigmentation, kondisi di mana kulit kita memproduksi melanin yang berlebihan.

Terdapat berbagai jenis hyperpigmentation yang dapat muncul di wajah kita. Berikut merupakan jenis-jenis hyperpigmentation:

Post Inflammatory Hyperpigmentation

 Hyperpigmentation

Post Inflammatory Hyperpigmentation terjadi karena adanya inflamasi di kulit kita. Inflamasi terjadi setelah adanya trauma di kulit seperti jerawat, luka, ataupun terkena serangga di kulit wajah.

Dengan adanya trauma tersebut, kulit kita akan merespon inflamasi tersebut dengan meningkatkan produksi melanin di kulit wajah yang terjadi inflamasi.

1 dari 4 halaman

Age Spots atau Liver Spots

 Age Spots

Age spots atau liver spots merupakan salah satu bentuk dari flek hitam. Penyebab utamanya adalah paparan sinar matahari yang terus menerus mengenai wajah kita.

Untuk jenis ini lebih sering kita jumpai pada orang tua, hal ini dikarenakan sudah sejak bertahun-tahun wajah orang tua kita terpapar sinar matahari. Tetapi, tidak menutup kemungkinan anak di usia muda sudah mulai muncul age spots ini.

2 dari 4 halaman

Melasma

 Melasma

Melasma merupakan bintik atau noda kegelapan yang berada dibeberapa bagian kulit kita. Bintik ini biasanya akan berwarna coklat atau ke abu-abuan yang muncul di daerah sekitar pipi, dahi, dagu dan juga leher.

Tidak hanya di daerah itu saja melasma dapat muncul, anggota tubuh yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari juga berpotensi munculnya melasma.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Flek Hitam : Exfoliation dan Vitamin C

  • Exfoliation

Exfoliation sering digunakan para wanita untuk membersihkan sel kulit mati yang ada di kulit wajah. Kandungan yang terdapat di produk Exfoliation adalah AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid).

AHA memiliki sifat yang mudah larut dalam air sehingga menyebabkan AHA lebih sering juga digunakan sebagai ramuan pelembab. Dengan sifat AHA yang cenderung melembabkan, AHA lebih cocok digunakan pada kulit noram dan kering.

Sedangkan BHA, memiliki sifat yang lebih mengeringkan wajah dan larut dalam minyak. Untuk itu, BHA cenderung lebih cocok untuk jenis kulit berminyak, berjerawat maupun normal.

Exfoliation sangat membantu kulit wajah untuk menghilangkan dan menyamarkan hyperpigmentation. Hal ini dikarenakan formula exfoliation tidak hanya membantu untuk membersihkan sel kulit mati yang ada di wajah tetapi juga membantu produksi sel kulit baru yang sehat.

 Exfoliation dan Vitamin C

 

  • Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh. Vitamin C juga dapat membantu menjaga kulit kita dari paparan sinar matahari dan juga sinar ultraviolet.

Bahan ini telah teruji ampuh untuk menghilangkan noda bekas jerawat di wajah kita. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Sahabat Dream harus menggunakan vitamin C ini secara rutin.

4 dari 4 halaman

  • Niacinamide atau vitamin B3

Kandungan niacinamide sangat bermanfaat untuk mengembalikan warna kulit kita. Tidak hanya dapat mencerahkan warna hyperpigmentation saja, niacinamide juga dapat membantu mencerahkan seluruh bagian wajah. Untuk itu, niacinamide sering digunakan sebagai salah satu formula skin brightening.

 Vitamin B3 dan sunscreen

  • Sunscreen

Sunscreen merupakan salah satu produk yang paling ampuh untuk melindungi wajah kita dari paparan sinar matahari. Penggunaan sunscreen secara berkala sangat dianjurkan bagi seluruh Sahabat Dream baik wanita ataupun pria.

Salah satu manfaat dari penggunaan sunscreen ini adalah sangat ampuh untuk mencegah dan mengatasi hyperpigmentation yang ada di sekitar wajah kita.

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie