Sejumlah Selebriti Jarang Mandi untuk Jaga Kesehatan Kulit, Ini Pendapat Ahli

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 15 Agustus 2021 17:01
Sejumlah Selebriti Jarang Mandi untuk Jaga Kesehatan Kulit, Ini Pendapat Ahli
Benarkah baik untuk kesehatan kulit?

Dream - Semua orang disarankan mandi dua kali sehari di pagi dan sore hari. Namun, cukup banyak orang yang hanya melakukannya sehari sekali. Bahkan, tidak sedikit orang yang tidak mandi seharian.

Beberapa di antaranya adalah publik figur seperti Ashton Kutcher dan Mila Kunis. Dilansir Vogue, mereka dan anaknya tidak mandi setiap hari. Mereka hanya akan mandi jika merasa kotor atau mencium bau badan.

" Jika kamu melihat ada kotoran pada mereka, bersihkanlah. Jika tidak, tidak perlu (mandi)," kata pemain film 'Jobs' itu.

Meski tidak mandi, namun ia tetap membersihkan ketiak dan kemaluannya setiap hari. Sementara pemain 'Friends With Benefits' hanya membersihkan wajah dua kali sehari dan tidak selalu mandi menggunakan sabun setiap hari.

1 dari 3 halaman

Selebriti lainnya juga melakukan hal serupa

Kristen Bell dan Dax Shepard© Shutterstock

Hampir sama dengan Ashton Kutcher dan Mila Kunis, Kristen Bell dan suaminya, Dax Shepard juga hanya memandikan anaknya ketika mencium bau badan.

" Ketika (badan) sudah berbau, itu merupakan tanda biologis bahwa kamu harus mandi," jelas pemain film 'Bad Moms' itu. Aktor Jake Gyllenhaal memberikan pendapat positif terhadap kebiasaan tidak mandi setiap hari.

" Menurutku, tidak mandi setiap hari bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan tubuh bisa membersihkan diri secara natural," ujarnya.

Selain 3 aktor tersebut, Brad Pitt juga mengaku hanya mengusap ketiaknya dengan tisu basah. Robert Pattinson mengungkapkan bahwa seseorang tidak perlu keramas setiap hari.

Alasan untuk tidak mandi setiap hari bisa sangat beragam. Mulai dari menghemat air hingga menjaga kesehatan kulit. Namun, benarkah alasan tersebut?

2 dari 3 halaman

Pendapat ahli

Mandi© Shutterstock

Hal tersebut dibenarkan oleh dermatologis Mary Stevenson. Ia mengungkapkan bahwa tubuh dan kulit memiliki sistem regulasi yang mampu melakukan pembersihan secara otomatis.

" Terlalu sering mandi bisa mengganggu kondisi mikrobioma pada kulit dengan mengubah lapisan terluar kulit yang berminyak," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Saran ahli

Stevenson setuju dengan cara Ashton Kutcher dan Mila Kunis yang hanya mandi dengan sabun ketika membersihkan ketiak, kemaluan, dan kaki. Area tubuh lainnya bisa dibersihkan tanpa sabun.

Mandi menjadi kebiasaan yang tidak harus dilakukan setiap hari karena orang terbiasa menggunakan terlalu banyak sabun atau memakai air bersuhu panas terlalu lama.

Kamu tetap harus mandi setiap hari. Namun, hindari mandi terlalu lama, pemakaian sabun terlalu banyak atau sering, maupun air bersuhu panas. Terutama, jika kulitmu kering, iritasi, atau sensitif seperti kulit bayi.

Anak-anak berusia sekitar 11 disarankan untuk mandi dengan sabun 2-3 kali seminggu. Mandilah lebih sering jika anak sering terpapar kotoran, berkeringat, atau badan mulai berbau kurang sedap.

Beri Komentar