Ternyata Ini Cara Bersihkan Eyelash Extensions Tanpa Merusaknya

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 6 September 2021 10:12
Ternyata Ini Cara Bersihkan Eyelash Extensions Tanpa Merusaknya
Pastikan bulu mata kamu tetap cetar!

Dream – Ekstensi bulu mata punya 'kekuatan penuh' dalam mengubah tampilan wajah. Bagi perempuan yang malas mengenakan riasan mata lengkap, eyelash extensions memang jadi solusi praktis.

Bangun tidur kondisi bulu mata langsung lentik, tebal dan tentunya bikin wajah jadi lebih menawan. Untuk menjaga bulu mata ekstenti tetap on point, ikuti saja trik dari para ahli bulu mata.

1. Hindari menggunakan maskara atau eyeliner
Menurut Amanda Robinson pendiri perusahaan produsen bulu mata di San Francisco, hal terbaik tentang ekstensi adalah tidak lagi membutuhkan maskara dan penjepit bulu mata. Ia mengatakan, eyeliner dan eyeshadow masih bisa digunakan jika kamu ingin meluangkan waktu untuk menghapusnya.

“ Aturan utama saya untuk orang yang memakai ekstensi adalah pastikan hapus semua make up di penghujung hari. Membiarkan riasan menumpuk di sekitar bulu ekstensi, bisa menyebabkannya mudah lepas dan memberikan peradangan pada kelopak mata,” kata Robinson dikutip dari Byrdie.

Disarankan juga untuk tidak memakai maskara atau eyeliner karena akan sulit dihilangkan. Keduanya juga akan membuat ikatan bulu mata mudah putus. Jika perlu memakai maskara, cukup di bagian bawah bulu mata dan hindari maskara tahan air.

Hindari juga produk berbahan glycerin dan oil-based karena bisa menyebabkan perekat rusak sebelum waktunya dan bulu mata rontok. Gunakan riasan berbasis mineral untuk menjaga bulu mata tetap sehat dan kuat.

 

1 dari 4 halaman

2. Gunakan penghapus make up yang oil-free

Langkah pertama dalam pembersihan yang efektif adalah menggunakan produk berbahan khusus yang dibuat untuk ekstensi bulu mata. “ Produk lain mungkin mengandung bahan yang dapat melemahkan ikatan ekstensi bulu mata dan menyebabkannya rontok sebelum waktunya,” kata Clementia Richardson, seorang ahli bulu mata.

Setidaknya, pastikan pembersih make up mata yang digunakan oil-free atau tidak mengandung minyak. Make up remover berbahan minyak akan melemahkan ekstensi dan menyebabkannya patah.

 

2 dari 4 halaman

3. Jangan gunakan kapas

Menurut Richardson, menggunakan kapas pada ekstensi bulu mata bisa membuat bulu mata rusak. Jadi setelah membersihkannya dengan penghapus riasan, tekan lembut dengan tisu dan terus ulangi sampai bersih.

4. Gunakan produk pelindung
Gunakan produk pelindung seperti serum khusus bulu mata untuk menyehatkan bulu mata. Produk ini juga akan membuat ekstensi lebih tahan lama. Bahkan jika kamu tidak memiliki ekstensi bulu mata, kamu akan disarankan menggunakan serum.

“ Conditioning serum sangat bagus untuk orang yang hanya ingin mendapatkan bulu mata yang alami,” ujar Richardson.

Laporan: Elyzabeth Yulivia

3 dari 4 halaman

Rutin Pakai Serum Bulu Mata, Bikin Makin Tebal dan Lentik

Dream – Tahukah kamu bulu mata juga perlu dirawat? Dalam beberapa kondisi, bulu mata kerap rontok. Terutama saat kamu sering menggunakan maskara atau bulu mata palsu.

Saat ingin menonjolkan keindahan bulu mata alami, cobalah lakukan perawatan khusus. Salah satunya denga menggunakan serum bulu mata atau eyelash serum, yang kini sedang banyak diminati.

Apa itu serum bulu mata? ”Serum bulu mata berfungsi untuk menumbuhkan bulu mata baru, memperpanjang, dan mengisi kepadatan," kata Gretchen Frieling, seorang ahli dermatologis dan CEO GFacemd, dikutip dari Byrdie.

Eyelash serum© Shutterstock

Serum bulu mata bisa digunakan oleh siapa pun. Pastikan saja mata dalam keadaan bersih, bebas dari riasan, maupun kotoran. Sahabat Dream mungkin penasaran dengan cara kerja produk satu ini.

Serum bulu mata sebagian besar mengandung asam amino, bahan penyusun protein. Nah, bulu mata sama seperti rambut, terdiri dari lebih dari 90 persen protein. Mengaplikasikannya secara rutin seperti memberi asupan protein. Akan membantu bulu mata tumbuh lebih sehat dan tebal.

" Asam amino tidak hanya merupakan bahan penyusun protein (dan bulu mata), tetapi juga memelihara dan memperbaiki kerusakan. Inilah sebabnya asam amino selalu jadi bahan utama pada begitu banyak produk serum bulu mata," kata Frieling.

 

4 dari 4 halaman

Serum ini akan efektif jika kamu menggunakannya sesuai intruksi. Aplikasikan serum sekitar 2 sampai 3 kali sehari. Penting diingat, untuk menghindari penggunakan serum saat sedang mengenakan lensa kontak.

Eyelash serum© Shutterstock

Sebenarnya produk ini cukup aman. Sayangnya pada beberapa orang, formula pada serum juga bisa memicu reaksi alergi,

" Jika efek samping negatif seperti gatal, mata merah, kelopak mata menjadi gelap, atau ada keluhan lainnya, bisa jadi karena alergi. Segera hubungi dokter," pesan Frieling.

Laporan : Delfina Rahmadhani

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More