Tips Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh Memakai Body Lotion dengan Tepat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 17 September 2022 16:02
Tips Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh Memakai Body Lotion dengan Tepat
Perhatikan cara pakai dan kandungan body lotion agar sesuai dengan kebutuhan kulit.

Dream - Bagi banyak orang, pelembap hanya wajib digunakan untuk merawat kulit wajah. Namun, banyak dari kita lupa untuk menjaga kelembapan kulit di area tubuh lainnya. Padahal, kelembapan kulit di seluruh tubuh pun harus dijaga agar tetap sehat dan tidak mengalami penuaan dini.

Sama seperti wajah, tubuh kita juga membutuhkan hidrasi. Sayangnya, sebagian orang masih bingung cara merawat kulit tubuh dan memilih lotion dengan benar. Dikutip dari Byrdie.com, berikut manfaat dan cara pemakaian body lotion agar bisa menjaga kesehatan kulit di seluruh tubuh.

Apa Manfaat Body Lotion?

Berdasarkan penuturan Dokter Kulit, Nava Greenfield, body lotion berfungsi untuk memberikan kelembapan ekstra di atas lapisan kulit sekaligus mengunci kadar air dan nutrisi di bawahnya. Jadi tidak hanya melembapkan, body lotion juga membentuk lapisan untuk mengunci kelembapan, nutrisi, serta mencegah kulit agar tidak mudah kering.

Namun, beberapa body lotion yang terjual di pasaran telah mengandung berbagai bahan aktif yang mampu memberikan manfaat ekstra pada kulit. Bahkan, beberapa body lotion juga bisa membantu mengatasi tanda penuaan dan eksim.

1 dari 2 halaman

Cara Memilih Body Lotion

Memakai Body Lotion© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Sebelum membeli body lotion, ketahui jenis kulitmu terlebih dulu. Jika kulitmu sangat kering, pilih produk yang memiliki tekstur lebih tebal serta berbahan dasar minyak dengan konsentrasi emolien dan bahan oklusif tinggi. Sedangkan, kulit normal hingga kering dapat menggunakan produk berbahan dasar air.

Tiga jenis bahan yang paling umum ditemukan di produk pelembab adalah humektan, emolien, dan oklusif. Humektan merupakan kandungan yang mampu menarik dan mengunci air di dalam kulit. Biasanya, humektan seperti hyaluronic acid dan gliserin memiliki tekstur lebih ringan.

Emolien seperti jojoba oil dan squalane merupakan kandungan yang bermanfaat untuk membuat kulit lebih halus dan lembut. Sementara oklusif seperti petrolatum, butter, wax, dan silicone merupakan kandungan yang berfungsi untuk mengunci kelembapan.

2 dari 2 halaman

Kapan dan Bagaimana Menggunakan Body Lotion?

Dokter Kulit, Shereene Idriss menyarankan untuk memakai body lotion sekali sehari segera setelah mandi agar kelembapan kulitmu tetap terjaga.

Untuk memaksimalkan cara kerja body lotion, oleskan produk setelah mengeringkan badan dengan handuk lembut. Kemudian, gosok menggunakan tangan sampai produk benar-benar terserap.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita

Beri Komentar