© 2021 Shutterstock
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan produk kecantikan, beragam merek kecantikan pun bermunculan dan diburu masyarakat. Nggak cuma brand internasional saja yang diburu, melainkan deretan brand UMKM kecantikan lokal pun menjadi primadona dalam memenuhi beauty needs.
Tokopedia pun mengumumkan 23 produk kecantikan terfavorit yang dipilih berdasarkan 23 UMKM lokal pilihan masyarakat. Hasil ini dihimpun berdasarkan voting yang bisa diakses di halaman Tokopedia Awards 2021 pada 25 Oktober - 10 Desember 2021 lalu.
External Communications Lead Tokopedia, Antonia Adega mengatakan jika pihaknya mengapresiasi masyarakat seluruh Indonesia yang telah mendukung UMKM lokal dalam memenuhi kebutuhan kecantikan.
“ Kami sangat mengapresiasi masyarakat yang telah memberikan suara kepada UMKM lokal kecantikan pilihannya lewat halaman yang disediakan. Pemenang juga dipilih berdasarkan beberapa kriteria lain, mulai dari jumlah followers, seberapa sering produknya dicari hingga signifikansi penjualan,” ujar Antonia Adega.
Beberapa brand lokal Indonesia yang menjadi favorit masyarakat seperti Somethinc, Whitelab, HMNS, dan Sundae Shower menjadi contoh dari total 23 UMKM yang mendapatkan penghargaan di Tokopedia Beauty Awards 2021.
Kebutuhan serum kecantikan yang meningkat pun menjadikan Somethinc menjadi produk yang diburu. Serum Somethinc 5% Niacinamide dan Moisture Sabi Beet meraih penghargaan Best Serum dalam Tokopedia Awards 2021.
“ Penghargaan ini menjadi penyemangat kami untuk terus menciptakan produk kecantikan lokal terbaik. Kami juga semakin termotivasi untuk memanfaatkan platform Tokopedia karena telah membantu produk kami menjangkau seluruh Indonesia,” ujar Pemilik Somethinc, Irene Ursula.
Di sisi lain, Whitelab mendapatkan penghargaan Best Face Mask untuk produk Mugwort Pore Clarifying Mask. Hal ini menunjukkan kualitas masker Indonesia nggak kalah dengan banyak produk internasional yang digandrungi di seluruh dunia.
“ Masker ini juga menjadi produk Whitelab yang paling laris. Sebagai brand lokal, kami selalu ingin membuktikan bahwa produk kecantikan buatan Indonesia juga berkualitas tinggi bahkan bisa bersaing di kancah global,” jelas Pemilik Whitelab, Jessica Lin.
Sementara untuk urusan parfum, brand lokal yang baru saja mengonfirmasi jika mereka bisa menembus Paris Fashion Week, yaitu HMNS berhasil menyabet kategori Best Fragrance di Tokopedia Beauty Awards 2021 lewat produknya 'Orgasm'.
“ Terima kasih karena parfum HMNS ‘Orgasm’ adalah salah satu produk best seller HMNS yang menjadi kesayangan banyak masyarakat Indonesia. Memadukan notes floral seperti vanilla dan jasmine, Orgasm bisa memenangkan kategori Best Fragrance di Tokopedia Beauty Awards 2021. Dengan adanya platform digital Tokopedia, kami berharap bisa terus berkarya dan berinovasi sebagai UMKM lokal,” ujar Rizky Arief Dwi, owner dari HMNS.
Satu lagi brand kebanggaan Tanah Air yaitu Sundae Shower juga sukses menyabet penghargaan Best Artisan Body and Hair untuk produk andalannya yaitu Berry Sweet Shower Cream. Pemilik Sundae Flower, Tammilia Suri mengatakan jika ajang ini akan mendorong pihaknya untuk terus berinovasi.
“ Ajang penghargaan Tokopedia Beauty Awards 2021 mendorong kami terus berinovasi. Berkat platform Tokopedia, kami juga mencatat peningkatan omzet hingga 150% selama pandemi. Semoga industri kecantikan lokal semakin berjaya dan terus berinovasi,” tutur Tammilia Suri.
Nantinya, pemenang dari Tokopedia Beauty Awards 2021 akan mendapatkan berbagai benefit, seperti eksposur lebih tinggi lantaran bisa tampil di acara puncak festival belanja bulanan Tokopedia Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show. Nggak cuma itu, nantinya mereka juga akan mendapatkan pelatihan manajemen bisnis dari sejumlah pakar, dukungan modal untuk pengembangan bisnis, dan masih banyak lagi.
Nggak heran jika animo masyarakat terhadap brand kecantikan lokal semakin meninggi, hal ini lantaran selama kuartal III 2021 lalu kategori kecantikan mengalami peningkatan transaksi paling pesat dibanding periode yang sama di tahun lalu. Beragam produk mulai dari tabir surya, serum wajah, face mask, pembersih, dan face cream menjadi produk yang paling diburu masyarakat di seluruh Indonesia.
“ Jumlah penjual di kategori Kecantikan pun meningkat hampir 2x lipat di Tokopedia hingga saat ini. Kami berharap ajang penghargaan Tokopedia Beauty Awards 2021 bisa mendorong kemunculan lebih banyak UMKM lokal di industri kecantikan lokal, serta membuat produk lokal kecantikan semakin menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia,” tutup Adega.