Dreamcast: Perjalanan Nabi Harun Temani Musa AS Berdakwah

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 22 Juli 2021 17:47
Dreamcast: Perjalanan Nabi Harun Temani Musa AS Berdakwah
Dalam hal ini Harun berperan sebagai jubir.

Dream - Bukan cuma Ibrahim AS dan Ismail AS saja yang memiliki kedekatan hubungan sebagai ayah dan anak dan Allah SWT angkat sebagai seorang nabi bagi kaum-Nya. Beberapa nabi juga juga memiliki ikatan emosional yang cukup erat.

Salah satunya adalah Nabi Harun Nabi Musa AS yang memiliki hubungan yang sangat dekat. Hingga kini belum ada fakta kuat terkait jarak usia mereka, namun dikabarkan dua manusia pilihan ini memiliki umur yang tak terpaut jauh.

Melihat dari silsilah, Nabi Harun AS merupakan keturunan dari Nabi Ibrahim terlihat dari nasabnya Harun bin Imran bin Qahits bin Lawi bin Ya'qub bin Ishaq bin Ibrahim. Harun adalah keturunan Nabi Ishaq yang merupakan putra Nabi Ibrahim.

Dari kisah yang diceritakan dalam Qurat Surat Thaha 20: 29-32, Harun digambarkan sebagai sosok yang menemani Musa dalam perjalanannnya menyebarkan ajaran Allah SWT. Hal ini dilakukan karena Musa menyadari kemampuannya yang tak pandai berbicara sehingga Harun lah yang bertugas menjadi juru bicaranya.

1 dari 5 halaman

Dengarkan kisah lengkapnya!

Peran Harun itu juga yang membuat bertemu dengan Firaun, menghadapi Bani Israil yang diceritakan suka membantah dan tak selalu patuh pada Nabi utusan Allah SWT.

Lalu, apakah Harun dan Musa lancar menyiarkan ajaran Allah SWT saat itu? Simak DREAMCAST cerita nabi bareng Shania Suha Marwan di episode ini atau bisa langsung klik banner berikut.

Selamat mendengarkan, Sahabat Dream!

2 dari 5 halaman

DREAMCAST: Kisah Kelahiran Nabi Isa AS & Mukjizat dari Allah SWT

Dream - Ketika Allah SWT berkehendak, semua rencana untuk umat-Nya tak ada satupun yang bisa menghalangi. Sesuatu yang dianggap mustahil terjadi di muka bumi ini bisa terwujud jika Sang Maha Esa menunjukan kehendak-Nya.

Kisah Nabi Isa AS jadi bukti kekuasaan Allah SWT sebagai Sang Khalik. Nabi Isa AS lahir dari rahim Maryam yang merupakan seorang perawan dengan kehormatan terjaga. Dengan kata lain, Maryam tak pernah disentuh oleh pria mananpun

Nabi Isa AS adalah nabi ke-24, atau nabi yang ditugaskan Allah SWT ke muka bumi sebelum junjungan mulia, Nabi Muhammad SAW. Isa AS juga merupakan nabi terakhir dari kaum Bani Israil.

Nabi Isa AS lahir dari rahim Siti Maryam yang merupakan anak Imran yang diasuh Nabi Zakaria AS.

Berdasarkan QS Maryam ayat 19, Malaikat Jibril diutus Allah SWT menemui Maryam dan berkata, " Sesungguhnya aku hanyalah utusan Tuhanmu untuk menyampaikan anugerah kepadamu seorang anak laki-laki yang suci."

Mendengar perkataan Jibril, Maryam keheranan karena tidak ada satupun pria yang pernah menyentuhnya.

3 dari 5 halaman

Lalu apa yang dikatakan Malaikat Jibril saat itu?

Simak kisah lengkap Nabi Isa AS di #DREMCAST by Dream.co.id berikut ini, yuk!

Klik play di banner bawah ini atau bisa kunjungi #DREAMCAST di Spotify. Jangan sampai ketinggalan, Sahabat Dream!

4 dari 5 halaman

DREAMCAST: Nabi Ilyasa AS, Penerus Nabi Ilyas AS Berdakwah

Dream - Nabi Ilyasa AS merupakan nabi ke-20, setelah Nabi Ilyas AS. Diangkatnya Ilyasa sebagai nabi oleh Allah SWT agar dapat membimbing kaum Bani Israil dan Arami supaya mau kembali ke jalan Allah SWT.

Nabi Ilyasa AS dikenal sebagai anak angkat dari Nabi Ilyas AS. Mereka senantiasa berdakwah pada kaumnya dengan tujuan agar menyembah Allah SWT.

Meski tak banyak dikisahkan, perjalanan Nabi Ilyasa AS dalam melakukan dakwahnya begitu inspiratif. Sikapnya menjadi pemimpin pun patut menjadi teladan.

Dari silsilah keluarga yang dapat dilihat, diketahui bahwa Nabi Ilyasa AS merupakan anak kandung dari Asbath. Namun, Nabi Ilyas menjadikan Nabi Ilyasa AS sebagai anak angkat. Karena itulah, kisah Nabi Ilyasa AS erat kaitannya dengan Nabi Ilyas AS.

5 dari 5 halaman

Bagaimana prosesnya Nabi Ilyas AS ingin mengangkat Nabi Ilyasa AS sebagai anak?

Dalam beberapa riwayat pernah dijelaskan bahwa Nabi Ilyas AS sempat dikejar kaumnya yang durhaka. Mereka yang tak patuh pada Nabi Ilyas AS pun mendapatkan azab berupa kemarau panjang.

Ketika segerombol kaum durhaka mengejarnya, Nabi Ilyas bersembunyi dalam rumah Nabi Ilyasa AS.

Saat itulah, Nabi Ilyas AS bertemu Nabi Ilyasa AS yang masih sangat belia, namun menderita penyakit keras.

Apakah saat itu pintu hati Nabi Ilyas AS terketuk? Simak kisah lengkapnya di #DREAMCAST by Dream.co.id bersama Shania Suha Marwan, yuk!

Sahabat Dream tinggal ketuk banner di bawah ini atau bisa search di Spotify 'DREAMCAST'. Selamat mendengarkan, ya!

Sumber: Merdeka

Beri Komentar