10 Oleh-oleh Wajib dari Makassar

Reporter : Ratih Wulan
Minggu, 10 Juli 2016 06:03
10 Oleh-oleh Wajib dari Makassar
Selain kopi Toraja, sederet makanan lezat ini juga wajib dibawa saat kembali dari Makssar.

Dream - Membawa oleh-oleh dari kampung halaman, menjadi tradisi bagi sebagian orang yang mudik lebaran. Apalagi jika oleh-oleh tersebut jarang ditemukan di kota besar seperti Jakarta.

Makassar, Sulawesi Selatan menjadi salah satu daerah yang menyimpan berbagai ragam cinderamata menarik. Kain tenun, miniatur kapal penisi, minyak tawon atau kerajinan khas Toraja yang masuk dalam daftar oleh-oleh wajib untuk dibawa.

Namun, masih banyak serangkaian kuliner yang juga biasanya dinanti-nanti dari Sulawesi Selatan. Seperti misalnya, berbagai macam makanan di bawah ini.

1. Otak-Otak
Meskipun bukan satu-satunya daerah yang memiliki ragam kuliner otak-otak, namun makanan ini menjadi khas karena dimasak dengan cara berbeda. Jika dari daerah lain harus melalui proses pembakaran, maka otak-otak Makasar cukup direbus setelah dibungkus dengan daun pisang muda.

2. Mantao Pare
Mantao merupakan makanan sejenis bakso, namun memiliki rasa yang sedikit gurih bercampur manis. Mantao dapat disajikan tanpa isi, tapi ada pula yang mengreasikan isinya dengan ikan giling.

3. Sirup Markisa
Hampir mirip dengan oleh-oleh dari Medan, masyarakat Makkasar juga memiliiki sirup markisa dan terong Belanda yang cukup khas. Usahakan pilih kedua sirup yang dibuat secara homemade, sehinggi meiliki rasa yang lebih kental dan nikmat daripada buatan pabrikan.

4. Kopi Toraja
Oleh-oleh yang satu ini jelas tidak boleh ketinggalan. Tiga jenis kopi Toraja yang paling direkomendasikan yaitu arabica, robusta dan campuran dari keduanya.

5. Kacang Disko
Sungguh unik nama makanan yang satu ini, campuraan rasa manis dan gurih tepung yang membalut kacang menimbulkan sensasi meledak saat dikunyah did aam mulut.

6. Bannang-Bannang
Sesuai dengan namanya, makanan yang memiliki rasa mamnis ini berbentuk seperti benang yang dilipat-lipat. Cemilan yang satu ini biasnaya banyak disajikan sat berlangsungnya pesta pernikahan di Makassar.

7. Sirup DHT
Sirup berwarna merah seperti fanta ini merupakan jajanan khas Makkasar yang menjadi pelengkap es pisang ijo. Sirup DHT memiliki rasa seperti pisang ambon dan masih dikemas dalam botol beling plastik berwarna hijau.

8. Dangke
Makanan ini terbuat dari susu kerbau yang telah difermentasi. Makanan ini hanya ada di Enrekang, yang terkenal sebagai penghasil kambing etawa. Dangke semakin lezat disajikan dengan nasi hangat berteman sanmbal.

9. Baruasa
Makanan yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut kering dan telur ini merupakan oleh-oleh murah meriah yang bisa ditemukan di setiap sudut kota Makassar.

10. Kue Kurma
Jangan bayangkan kalau kue ini dibuat dari kurma. Bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya yaitu tepung terigu, mentega, telur dan maizena. Namun balutan karamel yang meleleh memang terlihat seperti cokelat kurma. Setelah itu, kue akan dibaluri dengan taburan kacang atau kenari yang telah dihaluskan.

 (Ism)

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik