5 Menu Masakan dari Daging Sapi yang Bisa Disimpan Lama

Reporter : Reni Novita Sari
Jumat, 31 Juli 2020 17:01
5 Menu Masakan dari Daging Sapi yang Bisa Disimpan Lama
Ada rendang, bakso, abon, dan lainnya.

Dream- Pada perayaan Hari Raya Idul Adha, persediaan daging sapi atau kambing pastinya sedang melimpah. Sebagian orang memilih menyimpannya dalam bentuk mentah untuk dimasak di lain hari. Namun, untuk alasan efisiensi tempat, sebagian lainnya memilih untuk memasak semua daging tersebut.

Memasak daging dalam jumlah banyak itu gampang-gampang susah. Masalah ketika memasak daging dalam jumlah banyak adalah masakan apa yang cocok agar daging bisa awet, dan tahan disimpan dalam waktu yang lama.

Di antara beragam olahan daging dalam kuliner Indonesia, ada beberapa yang dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama. Nah, buat kamu yang masih bingung ingin membuat olahan masakan apa yang tahan lama, ide masakan berikut ini mungkin perlu kamu coba.

1 dari 5 halaman

Abon

Abon adalah salah satu olahan daging kering, sehingga awet disimpan dalam waktu lama. Makanan satu ini menggunakan bahan dasar daging sapi yang dibumbui dan dimasak sedemikian rupa sehingga menjadi kering.

abon© Ilustrasi foto : shutterstock

Karena dimasak dalam waktu yang lama, tekstur daging menjadi seperti serabut dengan rasa gurih dan manis. Abon bisa disimpan dalam waktu yang lama, sekitar 6-12 bulan. Abon cocok disantap sebagai lauk ataupun untuk isi makanan dan kue-kue.

2 dari 5 halaman

Bakso

Kalau memiliki stok daging sapi di rumah, kamu bisa membuat bakso sapi. Bakso sapi juga bisa jadi stok makanan dan disimpan dalam freezer. Daging giling yang diberi bumbu dan dibentuk bulat ini menjadi idola semua kalangan. 

bakso© Ilustrasi foto : cookped

Biasanya bakso dihidangkan dengan kuah yang gurih, dipadukan dengan pelengkap seperti mi maupun bihun, sawi serta pangsit. Wah kebayangkan kelezatannya? Bakso akan terasa nikmat ketika disantap saat hangat.

Namun untuk kamu yang mungkin ingin menikmati bakso dengan cara berbeda, bisa banget mengolahnya ini menjadi kudapan yang super enak. Misalnya, bakso bakar, bakso oseng mercon, dan sebagainya.

3 dari 5 halaman

Dendeng

Olahan daging yang juga awet adalah dendeng. Makanan satu ini berbahan dasar daging sapi yang diiris tipis, kemudian dijemur hingga kering. Dendeng bisa awet dalam waktu yang lama karena setelah dibumbui, daging dijemur hingga kering lalu digoreng hingga matang.

dendeng© Ilustrasi foto : shutterstock

Ada pula yang dijual dalam bentuk kering yang dikemas menggunakan plastik kedap udara, kemudian menggorengnya di rumah. Variasi dendeng di Indonesia ada banyak seperti dendeng manis, dendeng pedas, dan sebagainya.

4 dari 5 halaman

Rendang

Rendang salah satu olahan daging yang terkenal awet. Meskipun tekstur rendang tidak sekering abon atau dendeng, namun karena rendang dimasak dalam waktu yang lama, maka bisa awet dalam jangka waktu lama.

rendang© Ilustrasi foto : sbs.com

Makanan satu ini membutuhkan setidaknya lebih dari delapan jam untuk membuatnya sehingga daging benar-benar empuk dan bumbu meresap dengan sempurna. Karena proses pemasakan yang lama, rendang menjadi tahan lama bahkan bisa digunakan sebagai bekal jika berlibur atau saat bepergian jarak jauh.

5 dari 5 halaman

Empal

Salah satu olahan daging yang juga bisa awet dalam waktu lama adalah empal. Sekilas makanan satu ini mirip dengan dendeng, namun empal tidak melalui proses penjemuran.

empal© Ilustrasi foto : shutterstock

Daging untuk empal juga diiris tipis, kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu. Setelah itu, daging digoreng hingga kering. Tekstur daging yang agak kering ini membuat empal tahan lama dan tidak mudah basi.

 

Sumber : Berbagai Sumber

Beri Komentar