Ingin 'Kawinkan' Keju dengan Masakan Nusantara? Ini Triknya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 3 September 2019 07:12
Ingin 'Kawinkan' Keju dengan Masakan Nusantara? Ini Triknya
Cita rasa gurih dari keju memang memiliki daya tarik tersendiri.

Dream - Keju memang bukan bahan masakan khas Indonesia, dan lebih dikenal dalam olahan masakan ala Eropa. Meski demikian, banyak masakan nusantara yang kemudian dikombinasikan dengan keju.

Cita rasa gurih dari keju memang memiliki daya tarik tersendiri. Jika Sahabat Dream termasuk penggila keju dan suka memadukannya dengan masakan nusantara ada tips dari Chef Degan Septoadji.

 Kraft

" Kalau dicampur dengan masakan nusantara, keju bisa memberikan rasa gurih. Tapi harus pilih kombinasi yang cocok supaya rasa kejunya tidak lebih strong dibanding cita rasa khas Indonesia," ujarnya dalam acara 'Keju Kraft Perkaya Cita Rasa Kuliner Nusantara' di Almond Zucchini, Jakarta Selatan, Senin 2 September 2019.

1 dari 5 halaman

Padukan dengan tepat

Pilih jenis keju yang sesuai dengan makanan yang ingin diolah. Setiap keju memiliki rasa yang berbeda. Ada yang bisa dijadikan topping, filling, dilelehkan maupun dicampur dengan adonan.

 Chef Degan

(Chef Degan)

Kombinasi yang pas adalah kuncinya. Jangan takut untuk mencoba, hingga mendapatkan perpaduan rasa yang diinginkan.

" Misalnya makan keju dengan sambal matah Bali yang sangat strong, mungkin kejunya nggak kena karena kombinasinya kurang pas. Atau dengan pare yang rasanya pahit banget juga buat saya kurang cocok tapi balik lagi ke selera," imbuhnya.

Bisa juga dengan ayam goreng dan ayam geprek. Tapi pastikan sambal pendampingnya seimbang dengan keju.

2 dari 5 halaman

Pilihan Jenis Keju Nikmat bagi yang Sedang Diet

Dream - Keju biasanya dihindari oleh mereka yang sedang menjaga atau menurunkan berat. Olahan susu satu ini dianggap tinggi kalori dan garam, yang bisa merusak diet.

 Pilihan Jenis Keju Nikmat Bagi yang Sedang Diet

Sebenarnya, ada banyak keju yang sehat dan rendah kalori. Bisa dijadikan taburan salad, olahan masakan atau menu lain yang tak merusak diet. Penasaran Sahabat Dream?

3 dari 5 halaman

1. Keju Mozzarella

Ini adalah salah satu varietas keju populer yang tersedia di seluruh dunia. Mozzarella adalah keju yang keras dan lentur saat terkena panas, jadi taburan wajib pada pizza.

 Misteri Mengapa Keju Swiss Berlubang Terkuak

Bisa dibuat dari susu dari sapi, kerbau, domba, atau kambing. Untuk lebih sehat, pilih mozzarella organik. Kandungan kalorinya hanya 280 kalori per 100 gram dan juga rendah sodium. Keju ini juga sangat kaya kalsium dan karenanya, dapat membantu penurunan berat badan.

4 dari 5 halaman

2. Keju Feta

 Kekhasan Tiga Jenis Keju Italia

Ini adalah keju tradisional Yunani yang terbuat dari susu domba atau kambing. Remah keju feta bisa jadi taburan dalam sayuran dan salad buah. Rasanya sangat tajam perpaduan dari asin dan agak asam. Porsi 100 gram keju feta mengandung 14 gram protein dan 264 kalori.

5 dari 5 halaman

3. Cottage Cheese

 Rahasia di Balik Keju Termahal Dunia

Salah satu keju paling sehat yang berasal dari dadih segar. Teksturnya lembut dengan rasa susu yang sangat ringan. Sangat populer bagi penyuka makanan sehat karena jumlah kalorinya terendah di antara semua keju. Porsi 100 gram cottage cheese hanya memiliki 98 kalori.

Sumber: Food NDTV

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie