Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Jadi Menu Sehat, Kenali Beragam Manfaat Salad Buah dan Cara Membuatnya

Jadi Menu Sehat, Kenali Beragam Manfaat Salad Buah dan Cara Membuatnya Manfaat Salad Buah Untuk Kesehatan (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)

Dream – Salad menjadi salah satu pilihan makanan sehat yang bisa sahabat Dream konsumsi. Baik itu salad sayur maupun salad buah merupakan asupan yang baik bagi tubuh. Sesuai dengan namanya, salad buah tentu saja berisi berbagai macam buah-buahan segar yang dikombinasikan dengan bahan salad yang lain.

Bahkan tak jarang orang-orang menjadikan salad buah sebagai menu diet mereka. Hal ini karena buah sendiri mengandung berbagai macam nutrisi yang penting bagi tubuh. Misalnya saja vitamin, mineral, serat, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa manfaat salad buah tidak perlu sahabat Dream ragukan lagi.

Namun, perlu diperhatikan juga dari cara pembuatannya agar salad buah yang kamu konsumsi benar-benar sehat dan bisa mendukung program diet kamu. Mulai dari pemilihan jenis buah dan bahan apa saja yang akan diberikan dalam salad.

Daripada makin penasaran, berikut adalah beberapa manfaat salad buah untuk kesehatan dan cara membuatnya agar menjadi salad buah yang sehat sebagaimana dirangkum Dream melalui alodokter.com dan halodoc.com.

Manfaat Salad Buah untuk Kesehatan

Manfaat Salad Buah untuk Kesehatan

Mencegah Berbagai Penyakit

Manfaat salad buah yang pertama adalah bisa mencegah dari berbagai penyakit. Bagi sahabat Dream yang hobi makan salad buah, hal ini sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan fungsi organ tubuh. Manfaat ini bisa kamu dapatkan karena salad buah mengandung antioksidan yang cukup banyak dari buah-buahan yang ada di dalamnya.

Jika dikonsumsi secara rutin, maka akan membuat sahabat Dream tidak mudah jatuh sakit. Termasuk terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya, seperti diabetes, infeksi, hingga penyakit jantung. Jadi, mulai rajin mengonsumsi salad buah yuk, sahabat Dream.

Menjaga Berat Badan

Manfaat salad buah berikutnya adalah bisa menjaga berat badan. Ini cocok sekali untuk sahabat Dream yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Apalagi salad ini terdiri dari berbagai macam buah yang otomatis juga tersedia berbagai macam asupan baik untuk tubuh.

Dengan mengonsumsi salad buah, maka sahabat Dream bisa merasa kenyang lebih lama serta mengurangi rasa lapar. Bahkan buah-buahan sendiri rendah akan kalori, jadi aman untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. Sahabat Dream bisa membuatnya sendiri di rumah dengan membeli beberapa jenis buah yang mudah ditemukan di pasar maupun supermarket.

Manfaat Salad Buah untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Kesehatan saluran pencernaan haruslah selalu diperhatikan dengan baik. Ada berbagai masalah yang bisa terjadi jika saluran pencernaan tidak diperhatikan, misalnya saja sembelit. Nah, gangguan seperti ini bisa terjadi karena kurangnya asupan serat. Jadi, penting sekali untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti halnya salad buah.

Tak hanya itu saja, asupan serat juga mampu mendukung bakteri baik di dalam usus dan mengurangi terjadinya peradangan dalam saluran cerna. Dengan mengonsumsi salad buah, maka sahabat Dream berkesempatan untuk mengonsumsi berbagai jenis buah dalam satu hidangan. Bahkan rasa salad buah sendiri sangatlah lezat dan menyegarkan.

Memelihara Kesehatan Mental

Manfaat salad tak hanya baik bagi kesehatan secara fisik saja, tetapi juga secara mental. Bahkan hal ini telah dilakukan penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi salad buah secara rutin bisa berdampak baik bagi kesehatan mental.

Hal ini karena buah sendiri memiliki kandungan berupa karbohidrat kompleks dan polifenol yang mampu membuat suasana hati, konsentrasi, dan stamina menjadi baik. Kesemua inilah yang secara otomatis bisa membuat mental sahabat Dream menjadi lebih sehat.

Cara Membuat Salad Buah yang Sehat

Cara Membuat Salad Buah yang Sehat

Salad buah yang sehat itu tidak harus menggunakan buah-buahan dan bahan yang mahal lho, sahabat Dream. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah secara mudah dan pastinya menyehatkan. Berikut adalah cara membuat salad buah sehat yang bisa sahabat Dream praktikkan:

Resep Salad Buah Sehat Pertama

Bahan-bahan:

  • Buah pisang, semangkat, jeruk, kiwi, naga, dan stroberi.
  • Minyak zaitun.
  • Yoghurt tawar atau plain.
  • Perasan jeruk.
  • Susu kental manis.
  • Keju parut.

Cara Membuat:

  • Potonglah buah-buahan sesuai dengan selera sahabat Dream, lalu masukkan ke mangkuk.
  • Berikan yoghurt dan mayonnaise agar cita rasanya lebih nikmat dan memberikan tambahan lemak. Sahabat Dream juga bisa memberikan minyak zaitun dan perasan air jeruk agar mendapatkan dressing yang ringan.
  • Berikan tambahan madu atau susu kental manis agar rasanya menjadi manis.
  • Kemudian berikan parutan keju untuk topping-nya.
  • Masukkan salad buah ke kulkas dan nikmati dalam kondisi dingin.

Resep Salad Buah Sehat Kedua

Bahan-bahan:

  • Buah semangka dan jeruk.
  • Minyak zaitun.
  • Perasan air jeruk atau lemon.
  • Daun mint.
  • Keju parut.

Cara Membuat:

  • Potong buah jeruk dan semangka sesuai dengan selera sahabat Dream. Lalu masukkan ke mangkuk dan diamkan dalam lemari es.
  • Berikan tambahan perasan air jeruk lemon atau jeruk biasa. Sahabat Dream juga bisa memberikan minyak zaitun untuk dressing-nya dalam jumlah yang sedikit.
  • Berikan tambahan keju parut dan daun mint sebagai topping-nya.
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Begini Cara Pastikan Salad Sayur dan Buah Tak Tinggi Kalori

Begini Cara Pastikan Salad Sayur dan Buah Tak Tinggi Kalori

Walau memakai bahan baku segar dan sehat, salad tidak selamanya rendah kalori. Ikuti tips fitness coach untuk memastikan salad yang dikonsumsi tetap sehat.

Baca Selengkapnya
5 Resep Salad untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Sehat

5 Resep Salad untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Sehat

Cobalah 5 resep diet yang tinggi protein ini untuk membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh.

Baca Selengkapnya
Ini 10 Makanan Penambah Energi yang Cocok Jadi Menu Makan Sahur

Ini 10 Makanan Penambah Energi yang Cocok Jadi Menu Makan Sahur

Memaksimalkan energi dalam tubuh membutuhkan pola makan yang holistik. Yuk, simak jenis-jenis makanan yang bisa memaksimalkan energi tubuh ini!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Pilihan Makanan Sehat Bagi yang Ingin Tingkatkan Berat Badan

5 Pilihan Makanan Sehat Bagi yang Ingin Tingkatkan Berat Badan

Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan sehat yang membentuk otot dan meningkatkan kekuatan tubuh.

Baca Selengkapnya
10 Makanan yang Paling Efektif untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

10 Makanan yang Paling Efektif untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Mempertahankan dan memperkuat imunitas tubuh merupakan hal yang penting. Yuk, cek makanan apa saja yang bisa memperkuat imunitas tubuh!

Baca Selengkapnya
Rumus Padanan Makanan

Rumus Padanan Makanan "1+1=3", Nutrisinya Jadi Meningkat

Mari kita lihat beberapa padanan makanan yang baik untuk tubuh.

Baca Selengkapnya
Bikin Lauk Sehat dan Kaya Protein untuk Menu Sahur Cuma dalam 5 Menit

Bikin Lauk Sehat dan Kaya Protein untuk Menu Sahur Cuma dalam 5 Menit

Olahan ayam dengan bumbu yang praktis bisa jadi menu sahur simple dan mengenyangkan. Kamu hanya perlu menyiapkan ayam dan beberapa bahan sederhana.

Baca Selengkapnya
Samarkan Bintik Gelap di Kulit, Coba Pakai Jus Timun

Samarkan Bintik Gelap di Kulit, Coba Pakai Jus Timun

Ada beberapa cara yang bisa dicoba dengan jus timun untuk mendapatkan hasil kulit yang lebih cerah dan mengurangi bintik gelap.

Baca Selengkapnya
Suka Makan Keju? Intip 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Suka Makan Keju? Intip 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Keju tidak hanya bisa membuat rasa makanan jadi lebih gurih. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan setelah menyantapnya.

Baca Selengkapnya