Mie Celor 26 Ilir, Pengobat Rindu Kala Pulang Kampung

Reporter : Ratih Wulan
Senin, 11 Juli 2016 06:28
Mie Celor 26 Ilir, Pengobat Rindu Kala Pulang Kampung
Otak udang yang biasanya diremehkan orang malah kini menjadi resep rahasia yang melezatkan makanan.

Dream - Kebanyakan kuliner khas Sumatera menyajikan cita rasa yang hampir seragam. Bahan makanan dimasak bersama santan kental atau disuguhkan dengan racikan kuah rempah menggoda selera.

Begitu pula Mie Celor 26 Ilir milik Haji Syafei, yang terletak di Jalan KH. Ahmad Dahlan no 2 Palembang, Sumatera Selatan. Kelezatan mie celor ini mampu menyaingi ketenaran empek-empek sebagai makanan khas Palembang.

Maka tak heran kalau warung selalu ramai diserbu warga, terutama orang-orang yang sedang pulang kampung. Bahkan tokoh-tokoh terkenal seperti Tantowi dan Helmi Yahya serta artis Anwar Fuadi juga kerap mampir kala pulang ke Palembang.

Mie Celor 26 Ilir yang ini berhasil mempertahankan resep turun temurun. Sepintas memang terlihat seperti mie rebus biasa, namun saat mencicip kuahnya baru terasa perbedaan yang cukup mencolok. Aroma udang sungguh kuat memikat lidah para pelanggannya

Resep rahasia memang terletak pada racikan udang yang dipadu dengan santan, irisan daging, telur dan sedikit taburan bawang goreng. Kuah yang kental menimbulkan sensasi gurih, manis, pedas dan asam dalam satu porsi mie celor.

Bentuk mienya pun berbeda, sedikit berukuran lebih besar dan lurus seperti sphageti. Untuk mempertahankan kesegarannya, mie dipasok berkali-kali dalam sehari. Sehingga tidak mudah basi walaupun dimasak pada sore hari. (Ism) 

 

 

 

 

Beri Komentar