Yang Terjadi pada Tubuh Bila 'Over Dosis' Kafein

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 24 Maret 2019 17:00
Yang Terjadi pada Tubuh Bila 'Over Dosis' Kafein
Lihat nih.

Dream - Minuman dengan kafein memang selalu jadi andalan para pekerja. Terutama mereka yang dituntut untuk selalu fokus selama berjam-jam. Baik itu kopi maupun minuman energi, kerap dikonsumsi agar tubuh dan pikiran tetap terjaga seharian.

Sahabat Dream tak bisa lepas dari kopi atau minuman berkafein? Zat kafein kerap dikonsumsi untuk meningkatkan fungsi kognitif dan memperbaiki suasana hati yang buruk. Tak heran kalau banyak orang bisa minum dua hingga tiga cangkir kopi dalam sehari.

Sayangnya konsumsi jangkan panjang akan sangat berdampak buruk bagi tubuh. Kafein adalah stimulan, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa sejumlah kecil kafein dapat meningkatkan waktu respons mental.

" Studi lain menunjukkan bahwa kafein tidak hanya memberi seseorang dorongan mental sesaat, tetapi juga memiliki efek jangka panjang pada keterampilan berpikir. Terutama mereka yang minum kafein lebih dari 400 miligram dalam sehari," ujar Shereen Lehman, seorang pakar gizi dikutip dari verywellfit.com.

1 dari 1 halaman

Perasaan Gelisah dan Khawatir

Sifat stimulan kafein ini jika berlebihan bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Mengkonsumsi terlalu banyak mungkin memunculkan perasaan gelisah dan khawatir.

9 Fakta Mengejutkan Kafein© MEN

Jumlah yang lebih besar dari kafein dapat memicu perasaan mudah marah, sulit tidur, dan bahkan kecemasan. Efek lainnya yang sangat mungkin muncul adalah sakit kepala, sering buang air kecil, mengompol, sakit perut, jantung berdebar, dan kejang otot.

" Jika muncul gejala tersebut, perhatikan kembali asupan kafein harian. Kurangi sedikit demi sedikit, ganti minuman berkafein dengan air putih, infused water atau minuman lain yang lebih sehat," pesan Lehman.

Beri Komentar