Ternyata Ini Cara Memipil Jagung Paling Praktis, Lihat Videonya

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 23 Agustus 2021 06:12
Ternyata Ini Cara Memipil Jagung Paling Praktis, Lihat Videonya
Sahabat Dream sudah tahun?

Dream – Merontokkan biji jagung yang sudah matang dari bonggolnya memang sedikit sulit dan memakan waktu. Ada yang langsung memotong menggunakan pisau atau memipilnya dari bagian atas.

Dua cara tersebut ternyata sangat tidak efektif dan memakan waktu. Sahabat Dream, selama ini bagaimana saat harus memipil tiap biji jagung? Nah, ada cara simpel dan efektif untuk memipil jagung yang tak diketahui banyak orang.

Akun Instagram @kepiting_nyinyir mengunggah video tutorial memipil jagung. Dalam video berdurasi 27 detik, tampak seorang wanita memperlihatkan cara yang salah dan sering dilakukan saat memipil jagung.

Potong jagung© Instagram KepitingNyinyir

Cara yang benar adalah belah dulu jagung yang telah matang menjadi dua. Bisa menggunakan gunting atau pisau yang cukup kuat. Setelah itu baru rontokkan biji jagung satu per satu.

 

 

1 dari 5 halaman

Trik ini membuat aktivitas di dapur jadi lebih efektif. Komentar pun bermuculan seperti dari akun @rury_fitriana yang menulis “ Betul, ini cara yang saya pakai setiap kali perlu jagung pipil, lebih hemat pipil sendiri" .

Ingin mencoba di rumah. Lihat saja videonya.

      View this post on Instagram

A post shared by Kepiting Nyinyir (@kepiting_nyinyir)

 

Laporan Delfina Rahmadhani

2 dari 5 halaman

Jangan Cuci Perabot Masak Ini Pakai Sabun Cuci Piring

Dream – Biasanya kita membersihkan beragam alat masak menggunakan sabun cuci piring. Formulanya memang sangat ampuh mengangkat lemak dan bisa menghilangkan aroma amis dan rempah masakan yang biasanya menempel.

Hal itu karena bahan kimia di dalamnya lebih keras ketimbang sabun lainnya seperti sabun cuci tangan. Selalu ingat, kalau tidak semua alat masak boleh dicuci dengan sabun cuci piring, salah satunya yaitu wajan besi cor atau cast iron.

Cast Iron© Shutterstock

Andy Fajar Handika, founder @kulina.id yang juga seorang food influencer membagikan trik merawat wajan cast iron. Ia menjelaskan dalam akun Instagram @talkinandy, bahwa keluhan yang kerap dirasakan setelah menggunakan alat masak cast iron adalah permukaannya menjadi lengket.

 

3 dari 5 halaman

Untuk mencucinya tak boleh menggunakan sabun. Agar lapisannya tak rusak ikuti trik dari Andy berikut:
1. Guyur wajan dengan air panas dan gosok dengan spatula kayu untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel
2. Lap dengan tisu dapur hingga kering
3. Tuangkan minyak, grapeseed oil menjadi pilihan terbaik
4. Panaskan di atas api sambil mengoleskan minyak ke seluruh permukaan wajan dengan tisu dapur

“ Rahasianya ya kalau nyuci jangan pakai sabun, dipakai sering agar lebih cepat seasoned. Pakai oil yang polyunsaturated fat nya tinggi, jadi saya pakai grapeseed oil,” tulis Andy dalam caption videonya. Lihat videonya.

      View this post on Instagram

A post shared by Andy Fajar Handika (@talkinandy)

4 dari 5 halaman

Saking Panasnya, Warga Qatar Bisa Masak Telur Tanpa Kompor

Dream - Qatar termasuk negara Timur Tengah yang suhunya berkisar 40-45 derajat celcius saat siang hari. Bagi warganya, saat siang lebih baik menghabiskan waktu di dalam rumah dan mereka memilih beraktivitas di luar ruangan di malam hari.

Kondisi panasnya Qatar, digambarkan salah satu warganya melalui unggahan video di Instagram. Melalui akun @ghadirbenderofficial, ia memperlihatkan cuaca siang yang begitu terik di Qatar dari apartemennya.

Masak telur di balkon© Instagram @ghadirbenderofficial

Untuk menunjukkan cuaca panas Qatar yang ekstrem, si pemilik akun lalu mengambil wajan dan menaruhnya di balkon. Setelah beberapa menit, dituang sedikit minyak dan ia menggoreng telur di wajan tersebut.

5 dari 5 halaman

Hasilnya, telur matang dalam hitungan menit seperti memasak di atas kompor. " Orang yang tinggal di Qatar yang bisa mengerti," tulis @ghadirbenderofficial dalam video berikut.

Beri Komentar