Terobosan Pembuatan Roti Biar Pinggirannya Tak Dibuang

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 27 September 2022 18:48
Terobosan Pembuatan Roti Biar Pinggirannya Tak Dibuang
Pinggiran roti biasanya dipotong dan dibuang begitu saja padahal bisa dimakan.

Dream - Limbah makanan merupakan isu yang sedang hangat dibicarakan di berbagai wilayah dunia. Berbagai usaha pun dilakukan untuk meminimalisir limbah makanan di tengah krisis ekonomi seperti saat ini.

Semangat tersebut menginspirasi seorang Chef asal Tokyo, Sugimoto dan timnya di Imperial Hotel C o., Ltd. menghabiskan waktu selama enam bulan mengembangkan untuk membuat roti tawar inovatif. Roti ini dibuat sengaja agar tak ada bagian yang dibuang sedikit pun.

Sahabat Dream mungkin bertanya apa manfaat di balik inovasi tersebut. Usaha tersebut dilakukan untuk mengurangi limbah makanan yang dihasilkan dari pembuangan kulit roti tawar.

Roti putih© Roti putih

Pembuangan kulit roti tawar awalnya disebabkan selera orang-orang yang lebih suka mengkonsumsi roti tawar tanpa kulit. Hal itu membuat berbagai perusahaan mengeluarkan produk roti tawar tanpa kulit dengan membuang kulitnya.

1 dari 5 halaman

Dibuat dengan Teknik Tertentu

Ide Sugimoto adalah kita tidak perlu membuang kulit pada roti tawar, karena roti tersebut tidak memilikinya. Imperial Hotel mengungkap rahasia di balik roti tanpa kulitnya.

Roti© Roti

Disebutkan bahwa adonan dipanggang perlahan pada suhu yang lebih rendah daripada roti biasa. Ini menghasilkan warna putih di seluruh roti dan tekstur yang lebih lembap.

Mulai 1 Oktober, roti ini akan menggantikan roti tawar yang sebelumnya mereka pakai di Imperial Hotel untuk mengurangi limbah makanan. Roti ini hanya tersedia secara eksklusif di Gargantua Delicatessen, Tokyo, toko roti mewah yang telah beroperasi sejak 1971.

Penasaran mencobanya Sahabat Dream?

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: Oddity Central

2 dari 5 halaman

Cara Tepat Simpan Roti di Lemari Es Biar Tahan Lama

Dream - Roti merupakan santapan praktis yang bisa dimakan kapan pun. Bukan hanya untuk sarapan, tapi juga mengganjal perut saat siang atau pun malam. Sahabat Dream mungkin sering menyetok roti di rumah, tapi seringkali tak tahan lama.

Dalam hitungan hari, roti sudah ditumbuhi jamur, biasanya berwarna hitam. Dalam kondisi tersebut, sebaiknya roti tak dikonsumsi karena bisa berbahaya bagi kesehatan. Lalu bagaimana caranya agar roti tahan lama dan tak mudah berjamur?

Bahaya Sering Makan Roti Untuk Kesehatan© MEN

“ Jika berencana untuk memakan roti dengan cepat, dapat menyimpannya di meja dapur. Tetapi jika ingin memakannya nanti, dapur hangat dan lembap, dan terutama jika roti buatan sendiri, sebaiknya didinginkan untuk mencegah pertumbuhan jamur," kata Margarethe A. Cooper, PhD, asisten profesor Food Safety Education di University of Arizona, Amerika Serikat.

 

3 dari 5 halaman

Pengaruh Memasukkan Roti di Lemari Es

Seorang ahli gizi dan profesor di New York University, Lisa Young, menjelaskan bahwa suhu dingin di lemari es menyebabkan pati yang ada di roti mengkristal dan mengering. Efeknya, roti akan memproduksi rasa dan tekstur yang kering.

Roti© Shutterstock

Untuk mencegahnya, coba masukkan roti ke dalam plastik sebelum memasukkannya ke lemari es. Hal ini memperlambat proses roti berjamur. Membekukan roti adalah opsi lain untuk mencegah terjadinya basi dan munculnya mikroba pembusuk.

" Ketika mengeluarkan roti dari freezer, roti akan lebih cepat basi dibandingkan jika memasukkan roti ke dalam lemari es," kata Cooper.

Satu hal yang juga sangat penting demi keamanan pangan adalah, jika terdapat kerusakan pada roti seperti jamur berupa bintik-bintik hijau atau hitam, segara buang roti tersebut. Meskipun jamur hanya muncul di beberapa helai saja, penting untung membuang keseluruhan roti di kemasan karena khawatir akan menghasilkan racun berbahaya. Tekstur yang lengket dan berbau tak sedap merupakan tanda lain bahwa roti sudah tidak layak dimakan.


Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: Martha Stewart

4 dari 5 halaman

Bertabur Meses Padat, Roti Saat Dibuka Malah Bikin Sedih

Dream - Bagi Sahabat Dream penggemar roti meses mentega pasti akan langsung tergoda melihat sajian roti gendut bertabur meses yang padat. Langsung ingin membeli dan menyantapnya. Seperti pemilik akun TikTok @abintangtimur.

Ia beberapa waktu lalu membeli roti meses dalam kemasan yang dari luar tampak mesesnya sangat melimpah. Lewat video yang diunggah di TikTok, diperlihatkan tumpukan mesesnya yang menempel pada mentega.

Bertabur Meses Padat, Roti Saat Dibuka Malah Bikin Sedih© MEN

Penuh semangat, ia pun membuka kemasan. " Gue tuh suka makan roti ini ya, apalagi yang cokelatnya sampe keluar-luar gini, mantep," ungkapnya.

Menurutnya, harga roti yang dibelinya itu hanya Rp2.000. Ia pun lanjut memperlihatkan roti yang dibeli dengan membuka lapisannya. Saat dibuka, ternyata bagian dalamnya bikin sedih.

Roti meses© TikTok @abintangtimur.

Tak ada mesesnya sama sekali. Meses hanya ada di bagian luar yang terlihat, sementara di dalam roti kosong melompong. " Cokelatnya di luar doang, gak sampe dalem, baiklah dua ribu," ujarnya.

 

5 dari 5 halaman

Lihat videonya

Melihat roti yang kosong tersebut warganet pun ikut berkomentar. Ada yang kasihan, sedih, tapi ada juga merasa terhibur.

" Aduh bang ini kasian, tapi ngakak, maap ya," tulis salah satu akun.

" Semu banget itu mesesnya, harapan hampa," komentar lainnya.

 

@abintangtimur

Roti meisis mantap

♬ original sound - bintangbete
Beri Komentar