Dream - Starbucks Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-22 tahun dengan cara istimewa. Tak hanya memberikan promo khusus, sebagai perusahaan kopi global yang sudah mendunia, Starbucks Indonesia berusaha memberikan kontribusi nyata melalui aksi kemanusiaan.
Di hari spesialnya tersebut, Starbucks Indonesia memutuskan mendonasikan uang senilai Rp5 miliar untuk aksi kemanusiaan di Palestina.
Dana ini akan digunakan untuk melengkapi World Central Kitchen (WCK) di Gaza yang akan membantu memenuhi kebutuhan pangan warga Palestina yang terkena dampak konflik.
Langkah ini juga sebagai bentuk komitmen Starbucks Indonesia dalam melanjutkan tradisi memberikan donasi setiap tahun tepatnya di hari jadi mereka.
Dalam kesempatan itu, Anthony menegaskan komitmen Starbucks sebagai perusahaan kopi, bukan organisasi politik.
Penegasan ini sekaligus menjawab banyaknya tudingan negatif terhadap perusahaan dalam invasi Israel ke Palestina.
" Kami adalah perusahaan kopi, bukan organisasi politik, prinsip perusahaan kami adalah bagaimana kami bisa memberikan kontribusi, termasuk aksi kemanusiaan," ujarnya.
Starbucks Indonesia juga turut prihatin dengan kondlik yang masih terjadi di kawasan Gaza, Palestina.
Langkah ini menekankan komitmen perusahaan terhadap tanggung jawab sosial dan kepedulian terhadap masalah-masalah global.
Bekerja sama dengan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), merek dari gerai kopi ini memastikan distribusi makanan berjalan lancar dan tepat sasaran.
Donasi yang disalurkan kepada WCK diharapkan dapat memberikan asupan gizi yang cukup dan rasa aman bagi warga yang terdampak konflik.
Ahmad Fauzin, Perwakilan Kemenag RI yang turut hadir pada 22 tahun Starbucks Indonesia, menyatakan bahwa Kemenag RI mendukung penuh aksi kemanusiaan yang dilakukan Starbucks Indonesia.
" Ini adalah sesuatu yang menjaga kehidupan, dan kita mendukung terhadap donasi kemanusiaan, ini adalah suatu aksi yang didukung, salah satunya terkait apa yang terjadi di Gaza, Palestina," ujarnya.
Melalui langkah ini, Starbucks tidak hanya menunjukkan komitmennya terhadap tanggung jawab sosial perusahaan, tetapi mengajak komunitas global untuk lebih peduli dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan.
Laporan: Delia Siti Salsabilla