Wanita Hamil Tak Boleh Makan Bakso?

Reporter : Puri Yuanita
Senin, 4 Januari 2016 19:15
Wanita Hamil Tak Boleh Makan Bakso?
Ada sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari wanita hamil karena dianggap dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Namun benarkah bakso termasuk salah satunya?

Dream - Wanita hamil dituntut untuk lebih memperhatikan kesehatan. Dalam hal asupan, perempuan yang sedang hamil juga harus menyeleksi makanan apa saja yang boleh atau tidak dikonsumsi.

Ada sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari wanita hamil karena dianggap dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Namun benarkah bakso termasuk salah satunya? Berikut ulasannya.

Wanita hamil diperbolehkan mengonsumsi bakso, namun harus memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Bakso cukup terjamin jika dibuat dari daging hewan yang halal dan segar, serta benar-benar matang dan bersih dalam penyajiannya.

2. Tidak diberi tambahan berupa bahan-bahan penyedap khususnya dalam jumlah berlebih, juga saus, kecap atau sambal yang tidak terjamin bebas dari bahan pengawet maupun pewarna.

3. Tidak berlebihan dalam menggunakan garam pada kuah.

4. Dikonsumsi dalam jumlah yang sedang, khususnya pada trimester ketiga, karena desakan rahim dan pengaruh hormon progesteron dapat memperlambat gerak usus sehingga menyebabkan perut menjadi penuh, sulit bernapas, dan sensasi perut tidak nyaman bagi ibu hamil. Terlebih lagi, bakso terbuat dari daging yang memiliki waktu cerna lebih panjang dibandingkan makanan lainnya.

Selengkapnya baca di sini.   

Beri Komentar