10 Industri Warisan Budaya RI Unjuk Diri di KAA

Reporter : Amrikh Palupi
Selasa, 21 April 2015 13:31
10 Industri Warisan Budaya RI Unjuk Diri di KAA
Kesepuluh UKM terpilih ini dianggap mewakili industri yang mengembangkan warisan budaya Indonesia.

Dream- Tak mau ketinggalan momentum ajang Konferensi Asia Afrika (KAA) 2015 di Jakarta dan Bandung, pebisnis Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) unjuk gigi memamerkan hasil karyanya di Jakarta Covention Center (JCC). Sebanyak 10 warisan budaya Indonesia dipajang selama 19-23 April 2015.

Dari pantauan Dream, terlihat sejumlah stan UMKM memadati area depan JCC. Beragam kerajinan terlihat di jajaran stan mulai dari kain batik, tenun songket, kerajinan keramik, busana, yang semuanya mewakili produk warisan budaya Indonesia.

" Ada 10 warisan budaya Indonesia dari UKM yang dipilih untuk mewakili pameran disini," ujar staf pelaksana kementrian perdagangan Ika Ari Astuti di gedung JCC , Jakarta, kepada Dream, Selasa, 20 April 2015.

Kesepuluh industri warisan budaya Indonesia itu diantaranya Zainal Songket, Mana Queen Boutique, Carita Indonesia, Djawa Art dan Crafts, Tenun Gaya, Widayanto (keramik), PT Golden Manyaran dengan produk piring keramik, Radio Cawang dari kayu, Risanka, serta Hartono Colection yang menampilkan batik pesisir

Menurut Ika kesepuluh UMKM yang terpilih mewakili pameran khusus menyambut dan mendukung pelaksanaan KAA ini dianggap memiliki ciri khas yang mewakili budaya Indonesia.

" UMKM yang dipilih memiliki warisan budaya yang ada sejarahnya dan mencirikhaskan budaya Indonesia," kata Ika.

Selain 10 produk budaya Indonesia tersebut, pameran ini juga menyajikan sejumlah produk industri staretgis.

Sedikitnya ada lima industri strategi yang diusung dalam pameran ini yaitu LEN, Pindad, Dirgantara Indonesia, New Sentosa (pemadam kebakaran), Koja Bahari berupa kapal pesiar dan kapal tangker.

Beri Komentar
Fasilitas Umum Mulai Diperbaiki Pascakerusuhan 22 Mei