2 Faktor Ekosistem Ekonomi Syariah yang Bisa Bawa RI Jadi Raksasa Dunia

Reporter : Editor Dream.co.id
Jumat, 4 November 2022 06:12
2 Faktor Ekosistem Ekonomi Syariah yang Bisa Bawa RI Jadi Raksasa Dunia
Merujuk data dari Pew Research Center, pertumbuhan muslim sejak 2010-2050 mengalami peningkatan hingga 73 persen.

Dream - Tak hanya di dalam negeri, PT Bank Syariah Indonesia Tbk turut mempomosikan potensi ekonomi syariah Indonesia ke luar negeri. Salah satunya dilakukan Komisaris Independen BSI, Arief Rosyid Hasan di Portugal.

Arief diundang sebagai salah satu pembicara dalam rangkaian WebSummit & TWT Event yang tahun ini berlangsung di Lisbon, Portugal. WebSummit merupakan event yang dihadiri para pimpinan perusahaan teknologi global, pengambil keputusan, dan ahli di bidang teknologi.

Mengusung topik Digital Islamic Ecosystem, Arief memaparkan potensi populasi Islam dunia yang didukung dengan interaksi dan kultur keummatan. Melalui modal tersebut, ekosistem ekonomi syariah mampu membawa Indonesia sebagai raksasa global.

Khusus di Indonesia Arief mengungkapkan peranan BSI turut menjadi salah satu motor dalam menggerakkan ekosistem ekonomi syariah tersebut. Bank hasil merger 3 unit usaha syariah bank pelat merah ini telah berperan menjadi enabler agar penyaluran donasi sosial dapat berlangsung dalam satu aplikasi BSI mobile.

Salah satu pencapaian signifikan yang dihasilkan BSI dengan menghadirkan fitur digital tersebut dana pengelolaan dana zakat, infak, sedekah, wakaf (ZISWAF). Sampai September 2022, BSI telah mengelola dana Ziswaf hingga Rp100 miliar dengan mencatatkan 7 juta transaksi.

Dalam lingkup yang lebih luas, ekosistem ekonomi syariah yang turut dikembangkan BSI juga menggandeng komunitas pesantren dan Masjid. BSI saat nii telah bermitra dengan sekitar 8 ribuan pondok pesantren serta 60 ribuan masjid.

1 dari 1 halaman

Komisaris Independen BSI Arief Rosyid saat memaparkan potensi digital islamic ecosystem di Portugal© istimewa

Tak hanya bersifat transaksi, BSI dan komunitas-komunitas tersebut juga menjalin kerja sama pada aspek pemberdayaan UMKM di sekitar ponpes dan Masjid. " Kami berharap, sinergi ini terus berkelanjutan, sehingga BSI dapat terus menancapkan manfaat yang seluas-luasnya untuk umat dan bangsa sebagaimana harapan Pemerintah kepada kami," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Arief juga turut menjawab pertanyaan seorang peserta terkait kebutuhan untuk membantu digital islamic ecosystem. Mengajak peserta untu ikut memikirkan hingga terlibat dalam membangun Digital Islamic Ecosystem ini, Arief mengungkapkan jiksa potensi pertumbuhan sektor ini masih sangat besar.

Merujuk data dari Pew Research Center, pertumbuhan muslim sejak 2010-2050 mengalami peningkatan hingga 73 persen.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More