2 Trik Khusus Ini Jamin Kamu Bisa Dapat Job dari Bursa Kerja

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 4 Februari 2019 07:15
2 Trik Khusus Ini Jamin Kamu Bisa Dapat Job dari Bursa Kerja
Salah satunya kamu harus mencari ini.

Dream – Pemerintah terus memperbanyak lapangan pekerjaan untuk mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Salah satunya dengan meluncurkan program padat karya cash yang membuka lapangan kerja untuk beberapa sektor.

Dikutip dari Merdeka.com, Senin 4 Februari 2019, analis ekonomi senior Bankrate.com, Mark Hamrick, dan ekonom Glassdoor, Andrew Chamberlain mengimbau para pencari kerja manfaatkan peluang tersebut. Ada dua tip yang bisa dimanfaatkan pencari kerja dan menegosiasikan penawaran terbaik.

Pertama, carilah pekerjaan yang dibutuhkan saat ini. Misalnya, di Amerika Serikat, pekerjaan yang dibutuhkan adalah layanan bisnis dan industri kesehatan. Pekerjaan ini meningkat masing-masign 53 ribu dan 33 ribu posisi pada Agustus 2018.

Ini berarti banyak perusahaan yang mencari untuk mengisi posisi berbasis pengetahuan, seperti teknologi, konsultasi, dan layanan ahli lainnya.

Untuk bekerja di bidang teknologi, kata Chamberlain, kamu tak harus menjadi seorang programmer.

“ Penelitian kami menunjukkan perusahaan teknologi mempekerjakan lebih banyak peran non teknologi, seperti penjualan dan keuangan,” kata dia,

Begitu juga dengan bidang kesehatan. Chamberlain mengatakan, kamu tak harus menjadi sarjana kesehatan. Kamu bisa menyiasati dengan pelatihan dan kursus.

“ Kesehatan adalah salah satu sektor yang tumbuh paling cepat dan terbesar dalam ekonomi dengan potensi yang sangat kuat,” kata dia.

Untuk industri manufaktur, kata Chamberlain, ada sedikit penurunan dari 3 ribu pekerjaan pada Agustus 2019. Pekerjaan manufaktur di subsektor seperti transportasi dan pergudangan naik 20 ribu pada Agustus 2019, terutama dengan semakin munculnya e-commerce.

1 dari 1 halaman

Jangan Takut Ganti Pekerjaan

Chamberlain menyarankan kamu untuk tak takut berganti pekerjaan meskipun sudah punya pekerjaan yang tetap. Dia mengatakan tak ada salahnya mencari pekerjaan lain yang lebih baik.

Apalagi, tambah dia, atasan tak bisa memberikan gaji yang sepadan untuk pekerjaanmu. Inilah saatnya untuk berganti “ kapal”.

“ Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berpindah pekerjaan memiliki pertumbuhan gaji jauh lebih tinggi daripada mereka yang tetap tinggal,” kata dia.

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie