Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Surat Lamaran Magang Paling Nekat tapi Sukses Curi Perhatian Perusahaan

Surat Lamaran Magang Paling Nekat tapi Sukses Curi Perhatian Perusahaan Ada Surat Elektronik Lamaran Kerja Yang Terbaik Versi Perusahaan. (Foto: Shutterstock)

Dream – Tak hanya melamar pekerjaan sebagai pegawai, resume juga dibutuhkan saat Sahabat Dream hendak melamar magang di sebuah perusahaan. Dokumen pendukung lain yang dibutuhkan adalah surat lamaran dan dokumen referensi dari universitas.

Sebelum menulis resume, kamu tentu harus bisa merancang resume dan lamarannya semenarik mungkin agar perusahaan mau menerima sebagai pegawai magang.

Dikutip dari World of Buzz, Selasa 16 Februari 2021, ada satu lamaran magang yang sangat sederhana. Bahkan, lamaran ini dinilai yang terbaik. Hal ini diungkapkan oleh suatu perusahaan desain, KF Design.

E-mail yang dikirimkan oleh pelamar itu sangat sederhana, tanpa resume atau dokumen lainnya yang dilampirkan. Pelamar itu mulai dengan menyebutkan nama dan kampusnya.

“Saya ingin menjadi pegawai magangmu. Terima kasih,” tulis si pelamar.

Tapi, Berhasil

Cara ini sukses memikat perhatian bos. Perusahaan ini menyebut lamaran ini to-the-point dan pelamarnya memiliki karakter yang kuat.

Setelah perusahaan ini mengunggah tangkap layar e-mail itu di laman Facebook resminya, sang pelamar mengomentari unggahan itu.

“Tolong balas segera. Terima kasih,” tulis si pelamar.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Bakal Dilirik Perusahaan

Dream – Saat melamar pekerjaan, menulis surat lamaran tentu tidak mudah. Kesulitan ini membuat para pelamar merasa bimbang apakah surat yang sudah dikirimkan akan memikat perhatian perusahaan.

Surat lamaran berperan vital karena akan membantu para pelamar mendapatkan pekerjaan. Survei yang dilakukan oleh ResumeGo menunjukan 26 persen perekrut akan mengurangi nilai kandidat yang tidak menyertakan surat lamaran.

Menyertakan surat lamaran saat melamar pekerjaan tidak akan merugikanmu. Ada lima alasan pelamar sebaiknya menulis surat lamaran ketika mengikuti rekrutmen pekerjaan.

 

 

Pertama, menunjukkan minat pada posisi tersebut. Keberadaan situs online membuat melamar pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Hal ini juga menandakan sebagian besar lowongan pekerjaan banyak peminat.

Ini akan membuatmu mengajukan lebih banyak lamaran. Mungkin kamu akan berpikir untuk mengirimkan lebih banyak surat lamaran.

Jika dalam situasi ini, kamu akan berpikir bahwa menulis surat lamaran akan menghabiskan banyak waktu. Tapi, keputusan itu akan menunjukkan kamu bersungguh-sungguh peduli dengan pekerjaan itu dan bisa menjadi nilai tambah di mata pemberi kerja.

Menjelaskan Kepribadian

Kedua, menjelaskan kepribadian di dalam lamaran.

Perekrut pasti akan membaca CV dan resume kamu untuk mengevaluasi keterampilan dan pengalaman yang kamu miliki. Namun, mereka juga mencari seseorang yang mereka sukai untuk bisa bekerja sama dengan baik dalam waktu yang cukup lama.

Vice President of Growth for Goodshuffle Pro, Karen Gordon, akan mencari seseorang yang akan menambah nilai dan kepribadian tim. Jika setiap orang memiliki kualifikasi yang sama dalam melamar pekerjaan, Sahabat Dream bisa menambahkan kepribadian, wawasan, dan latar belakang dalam surat lamaran untuk membedakan kamu dan pelamar lainnya.

Ketiga, member alasan cocok untuk pekerjaan ini.

Pernah merasa yakin bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk mengerjakan suatu hal. Tentu kamu ingin menyampaikannya kepada perusahaan.

Nyatanya, itu tidak cukup menjelaskan mengapa kamu memutuskan untuk melamar pekerjaan tersebut dan mengapa kamu adalah orang yang tepat. Kamu bisa memaparkannya di surat pengantar lamaran dan menghubungkan antara keterampilan, pengalaman, minat, dan tujuanmu pada pekerjaan yang dimaksud, serta memberikan detail tambahan tentang kualifikasi dirimu yang paling relevan.

Selain itu, meskipun kamu dapat menyesuaikan resume dengan jobdesk yang akan dipilih, kamu juga bisa menyesuaikan surat lamaran tersebut dengan keterkaitan perusahaan. Kamu bisa menunjukkan bahwa kamu telah memahami tujuan serta kontribusi apa yan dapat kamu berikan kepada mereka.

Tonjolkan Keahlian dan Jelaskan Pertanyaan

Keempat, menonjolkan keahlian yang dipunya.

Selain hard skill, tentu saja soft skill perlu dimiliki. Ini bisa disampaikan di resume atau CV.

Tapi, di surat lamaran pekerjaan, Sahabat Dream bisa menceritakan kisah tentang kesulitan yang dihadapi dan cara mengatasinya. Ini menandakan tak hanya menonjolkan kelebihan, tapi juga kekurangan dan solusinya.

Surat pengantar yang ditulis dengan baik menunjukkan keterampilan komunikasi yang sangat penting untuk pekerjaan apapun dan dimanapun. Dan cara kamu menulis surat lamaran juga akanmenunjukkan soft skill yang kurang jelas seperti kreativitas, persuasi, organisasi, atau perhatian terhadap detail.

Kelima, bisa menjelaskan pertanyaan-pertanyaan yang ada di resume.

Kalau ada sesuatu di CV yang dikhawatirkan akan menimbulkan pertanyaan, surat lamaran bisa memberikanmu kesempatan untuk menjawab.

Misalnya, menjelaskan alasan perubahan karier, ada kesenjangan pekerjaan dengan keluarga, hubungan dengan perusahaan, serta pendidikan atau pengalaman.


Sumber: The Muse

Laporan: Yuni Puspita Dewi

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tanggapan Bawaslu Soal Dugaan Jual Beli Surat Suara di Malaysia

Tanggapan Bawaslu Soal Dugaan Jual Beli Surat Suara di Malaysia

Tanggapan Bawaslu Soal Dugaan Jual Beli Surat Suara di Malaysia: Dalam Proses Penyelidikan

Baca Selengkapnya
Ini Surat CV Lamaran yang Dijamin Memikat Perusahaan

Ini Surat CV Lamaran yang Dijamin Memikat Perusahaan

Sering kali memasukan foto dalam lamaran, ternyata cara ini tak mempan memikat perusahaan.

Baca Selengkapnya
75 Kata-Kata Kecewa karena Tidak Dihargai atas Usaha dan Pengorbanan, Mewakili Perasaan

75 Kata-Kata Kecewa karena Tidak Dihargai atas Usaha dan Pengorbanan, Mewakili Perasaan

Seringkali kita berjuang dengan penuh dedikasi dan harapan agar usaha dan kontribusi kita dihargai oleh orang lain.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.