3 Alasan Bisnis Asuransi Syariah Tumbuh Pelan

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 5 Maret 2015 13:46
3 Alasan Bisnis Asuransi Syariah Tumbuh Pelan
Industri asuransi syariah Indonesia tergolong besar namun pangsa pasarnya masih sangat minim.

Dream - Indonesia dikenal sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Tetapi, minat untuk menggunakan produk jasa keuangan syariah khususnya asuransi ternyata masih sangat kecil.

Takaful Agency Director, Dian Achtiana Hesti mengakui dengan pangsa pasar asuransi syariah di Indonesia yang sangat besar, tidak banyak masyarakat Muslim yang mau menggunakan jasa ini.

" Pertumbuhannya masih kecil, sekitar 2 persen dari total populasi Muslim," ujar Dian saat berbincang dengan Dream.co.id di Jakarta, Kamis, 5 Maret 2015.

Dian menerangkan minimnya peserta asuransi syariah disebabkan masyarakat Muslim Indonesia tidak semuanya melek asuransi. Belum lagi sebagian besar muslim masih antipati dengan produk asuransi.

" Banyak dari mereka yang anti asuransi, karena seperti mendahului kehendak Tuhan," katanya.

Diakui Dian, tingkat penetrasi pelaku industri asuransi syariah juga masih kurang kuat. Akibatnya, informasi tentang manfaat asuransi tidak tersampaikan kepada masyarakat.

" Mungkin kalau di kota besar, banyak yang sudah tahu dan butuh. Tapi di daerah, masih banyak yang belum mengerti," katanya.

Beri Komentar