5 Pertanyaan ke Diri Sendiri Sebelum Belanja

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 5 Maret 2019 11:42
5 Pertanyaan ke Diri Sendiri Sebelum Belanja
Apalagi saat kamu memutuskan untuk menabung.

Dream – Ada saja tantangan yang harus dihadapi ketika kamu berniat untuk menabung. Entah itu ada diskon kosmetik yang melambai-lambai.

Atau promo makanan murah untuk stok sebulan. Tak belanja, tapi sayang promonya. Mau belanja, tapi boros dan tak bisa menabung. Lalu, kamu harus bagaimana?

Dikutip dari All Women’s Talk, Selasa 5 Maret 2019, ada lima pertanyaan yang harus kamu tanyakan kepada diri sendiri sebelum memutuskan untuk berbelanja.

Pertama, “ apakah saya sudah punya barangnya?” ketika melihat suatu barang yang didiskon. Kalau sudah punya barangnya, mengapa harus membeli barang yang sama? Kalau tetap berbelanja, kamu akan terperangkap dalam jebakan diskon.

Atau, kamu bisa membawa daftar belanja lengkap dengan harganya. Ini akan mencegahmu untuk mengeluarkan uang secara berlebihan.

Kedua, tanyakan kepada diri apakah pasangan—untuk yang sudah menikah—akan membelikan barang ini. Kamu bisa menanyakan kemungkinan orang tua akan membelikanmu barang tersebut.

1 dari 1 halaman

Bisa Tambah Tagihan Atau Tidak?

Ketiga, kamu juga bisa bertanya kepada diri sendiri apakah pembelian barang ini akan menambah tagihanmu atau tidak. Pertanyaan ini bagus dan bisa dijawab dengan menetapkan anggaran bulanan. Melihat kembali kondisi keuangan merupakan jawaban yang tepat.

Keempat, “ apakah harga ini adalah harga yang termurah?” Tanyakan pertanyaan ini ketika kamu melihat diskon barang. Pertanyaan ini akan menuntunmu untuk membuat keputusan. Kamu akan membeli barang itu atau tidak.

Pertanyaan terakhir adalah penghematan. Tanyakan kepada diri apakah pembelian barang itu bisa menghemat pengeluaran atau justru memperbesar pengeluaran.

Tawaran pembelian dua barang untuk harga yang lebih murah adalah penghematan besar. Kamu ingin menghemat dengan uang yang lebih tinggi. Tapi, ingat, kadang-kadang penjual menaikkan harga beli dua barang. Jadi, waspadalah.  (ism)

Beri Komentar