5 Tips Atur Duit untuk Mudik Biar Dompet Tak Bobol

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 5 Juni 2018 06:30
5 Tips Atur Duit untuk Mudik Biar Dompet Tak Bobol
Mudik ini memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Dream – Dalam seminggu lagi kita kemungkinan akan menyaksikan tradisi mudik. Mulai senin pekan depan, para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan beberapa pegawai swasta sudah mulai memasuki masa libur panjang Lebaran.

Bagi para pemudik, berkumpul bersama keluarga besar di Hari Raya Idul Fitri tentu menjadi hal yang paling membahagiakan yang ingin dirasakan oleh orang Muslim di seluruh dunia.

Akan tetapi, mudik memerlukan persiapan yang cukup matang. Pastinya biaya dikeluarkan pun tak sedikit. Tak jarang uang Tunjangan Hari Raya (THR) habis untuk biaya pulang kampung.

Kamu harus pintar-pintar mengatur uang. Jika tidak, yang ada uang yang dimiliki ludes tak tersisa.

Dikutip dari Liputan6.com, Selasa 5 Juni 2018, ada lima hal yang harus dilakukan supaya kantong tidak “ kebakaran” setelah mudik. Yang pertama, kamu harus menyisihkan gaji dan tunjangan hari raya (THR). Kalau dapat THR dan bonus dari perusahaan, segera pisahkan sebagian di antaranya untuk kebutuhan mudik. Kalau kamu pakai THR untuk biaya mudik, tentu keseimbangan keuangan akan sangat terbantu.

Yang kedua, tentukan pos pengeluaran. Pos ini akan memudahkan kamu untuk mengelola keuangan selama mudik Lebaran. Ada beberapa kategori pos pengeluaran, yaitu pos biaya transportasi, biaya akomodasi, angpao, oleh-oleh, rekreasi, dan biaya tak terduga.

Ketiga, mempersiapkan alat pembayaran dan uang tunai secukupnya. Sebaiknya, ketika mudik, bawalah uang tunai secukupnya. Jangan berlebihan agar tak tergoda untuk belanja hal yang tak perlu dan kekurangan dana. Bawalah uang tunai secukupnya yang sesuai keperluan dengan kebutuhan yang telah dihitung mulai dari berangkat. Jangan lupa juga untuk membawa kartu debet dan kartu kredit untuk keperluan tak terduga.

Keempat, memisahkan uang tunai dan menyimpannya di banyak tempat. Tujuannya untuk menghindari risiko kecurian atau hilangnya uang tunai yang dibawa. Ada baiknya untuk tidak memasukkan semua uang tunai ke dalam satu tempat, seperti dompet. Pisahkan uang tunai sesuai dengan pos anggaran ke dalam amplop uang.

Kelima, jangan melupakan anggaran setelah mudik. Jangan sampai Lebaran membuat kamu terlena. Sebaiknya, kamu juga memperhatikan anggaran setelah Lebaran. Sisihkan biaya bulanan setelah mudik.


(Sumber: Liputan6.com/Fitriana Monica Sari)

Beri Komentar