5 Tips Hati Tak Goyah Diberondong Godaan Promo Belanja Online

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 27 Agustus 2021 15:36
5 Tips Hati Tak Goyah Diberondong Godaan Promo Belanja Online
Wah, siapa yang sering rekeningnya kebobolan akibat promo?

Dream – Ragam promo belanja online yang menggiurkan sering menggoda kita untuk membeli suatu barang yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Kata-kata seperti " promo" , " potongan harga" , diskon, atau melihat harga yang ditampilkan serendah mungkin di platform e-Commerce serasa terus menggoda hati..

Sensasi memilih, memesan, sampai proses pembayaran memang sangat menyenangkan ketika tawaran promo masih terngiang-ngiang di kepala.

Tapi ketika paket sudah datang, barulah kita akan berpikir 'buat apa ya membeli barang itu?'. Semakin bertambah menyesal ketika melihat sisa saldo di tabungan atau tambahan tagihan kartu kredit, 

Menghindari godaan promo buat yang senang belanja online memang membutuhkan tekad baja. Jika hal itu terjadi terus menerus pada hidupmu, ada cara efektif yang bisa kamu lakukan, Sahabat Dream.

Patricia Gouw, salah satu pengguna setia di situs jual beli online mengatakan bahwa kamu harus menjadi pembeli yang pintar dalam berbelanja. Patricia membagikan sederet tips yang bisa kamu tiru dalam mengelola keuangan dala hal belanja.

1 dari 6 halaman

1. Rutin buat catatan kebutuhan

Kamu bisa membuat semua kebutuhanmu menjadi lebih rinci agar tidak ada yang terlupakan maupun kelebihan. Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa menjadi sistematis dalam mengelola kebutuhan.

“ Selalu rutin membuat catatan kebutuhan yang diperlukan tiap bulan. Agar kita tidak boros dan uang bisa dipakai untuk keperluan yang lain,” ujar Patricia Gouw, seorang presenter pada acara 9.9 Super ShopeePay Deals Persembahkan Sederet Penawaran dan Pengalaman Transaksi Digital Terbaik, Kamis, 26 Agustus 2021 kemarin.

2. Buat perencanaan

Patricia juga menjelaskan bahwa perencanaan pembelian kebutuhan sangatlah penting untuk mengatur aktivitas belanja online.

Karena diskon online bisa membutakan kita untuk membeli barang yang tidak berguna. Tidak hanya diskon, 'kemakan promo' juga bisa membuat uang lenyap dengan cepat.

Pastikan kebutuhan tambahan lebih didahulukan daripada kepentingan primer.

2 dari 6 halaman

3. Beri batas pengeluaran

Untuk menjaga uangmu tetap cukup hingga gajian berikutnya, kamu harus berikan batas pengeluaran.

Pastikan batasan tersebut cukup, jangan dilebihkan atau dikurangkan. Sebab, kamu harus biasakan menabung untuk pengeluaran yang tidak diduga.

4. Lihat, apa produk itu berguna atau tidak

”Misalnya, ada produk A yang sedang diskon dan diskon tersebut sangat menguntungkan. Kamu harus lihat apakah barang itu bisa digunakan atau menjadi stok 3-6 bulan kedepan, dan kamu harus berfikir dua kali,” lanjut Patricia.

Maka dari itu kamu harus mengukur seberapa penting barang yang kamu beli tersebut.

Jika barang itu bisa berguna dalam jangka waktu tertentu maka kamu bisa membelinya, jika tidak berguna kamu bisa membatalkannya.

3 dari 6 halaman

5. Bandingkan harga

Ilustrasi© shutterstock

Jika diskon tersebut dinilai tidak cukup menguntungkan, untuk apa membelinya dengan jumlah yang terlalu banyak?

“ Jumlah yang terlalu banyak hanya akan membuat tumpukan di rumah dan membuat kantong kebobolan,” kata Patricia.

Laporan: Delfina Rahmadhani

4 dari 6 halaman

Edukasi Finansial Anak Muda Indonesia Lewat Cara Menyenangkan Ini

Dream - Survey terbuka yang dilakukan tim BCA Digital pada awal Agustus 2021 menerangkan bahwa sebanyak 61% responden mengaku telah familiar dengan topik manajemen keuangan, namun tidak bisa menjelaskan atau menerapkan praktiknya dengan baik dalam keseharian.

Sementara itu, 34% lainnya mengaku bingung dan belum memahami cara mengatur keuangan. Hal tersebut membuat PT Bank Digital BCA (BCA Digital) menayangkan perdana acara musikal yang bertajuk bluMusical di kanal media sosial Youtube dan Instagram pada 17 Agustus 2021.

BCA Hanya Beroperasi Sampai Jam 2 Siang Selama PPKM Darurat

bluMusical menyelipkan banyak pengetahuan seputar finansial dan memperkenalkan tools dalam aplikasi blu yang dapat memudahkan perencanaan keuangan.

Berkolaborasi dengan musisi Yura Yunita sebagai vokalis dan pemeran utama, bluMusical bertujuan untuk meningkatkan literasi finansial generasi muda Indonesia dengan cara yang dinamis dan menyenangkan.

 

 

5 dari 6 halaman

Penuh dengan Pesan Penyemangat

Musikal ini juga penuh dengan pesan-pesan penyemangat dan inspiratif, yang mengajak penonton untuk memulai langkah demi mencapai tujuanhidupnya dengan semangat #YangPentingLakuin.

bluMusical diawali dengan 10 anak muda dari berbagai latar belakang, yang memiliki beragam mimpi dan cita-cit. Seperti impian menabung untuk bersekolah S2, membuka bisnis sendiri, hingga mengumpulkan dana pensiun untuk ayahnya.

Siap Beroperasi, Ini Nama Bank Digital Milik BCA

BCA Digital Persembahkan bluMusical© Istimewa

Melihat anak muda yang bingung harus mulai dari mana, Yura kemudian masuk dengan semangat lalu berbagai tips-tips menarik dan bantuan melalui aplikasi mobile banking blu.

Tak sendirian, pelantun lagu 'Intuisi' itu juga mengajak beberapa ikon anak muda inspiratif untuk berbagi pengalaman. Seperti Jehian Panangian Sijabat yang merupakan CEO Menantea, CEO Ternak, Raymond Chin dan Eva Alicia sebagai pelukis, content creator, sekaligus pengusaha muda.

6 dari 6 halaman

Terinspirasi dari Isu Sehari-hari

Menurut Nurul Susantono, Director bluMusical #MulaiLangkahmu, inspirasi penulisan naskah musikal ini berangkat dari isu yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

" Kami mengambil sudut pandang yang berbeda-beda untuk 10 tokoh milenial yang akan berpetualang di zona blu. Dalam prosesnya, kami juga mendalami bagaimana hadirnya blu, dengan fitur-fiturnya, dapat menjadi tools bagi para milenial untuk mencapai tujuan finansialnya dengan lebih mudah dan menyenangkan,” ujar Nurul.

Bisnis Belum Pulih, BCA Cuma Pasang Target Kartu Kredit BCA Tumbuh Single Digit

Lanny Budiati, Direktur Utama BCA Digital mengatakan bahwa BCA berharap dapat terus mengedukasi para nasabah dengan dengan pendekatan yang lebih menyenangkan tentang literasi finansial, sekaligus memperkenalkan berbagai fitur dalam aplikasi perbankan blu yang bisa membantu mereka mengelola keuangan dengan lebih baik, agar bisa mencapai tujuan-tujuan hidupnya.

" Dengan semangat perayaan kemerdekaan HUT RI ke-76, kami ingin mengajak anak-anak muda di Indonesia untuk memulai langkah mereka, dan menjadikan blu sebagai aplikasi mobile banking kesayangan mereka untuk tumbuh bersama menemani proses dan progres kehidupan mereka,” ungkap Lanny Budiati.

Di Balik Konsep Kreatif bluMusical

Setelah mengumpulkan insight dari media sosial dan merangkai cerita, tim kreatif bluMusical menciptakan sebuah naskah, yang dikembangkan lagi bersama komunitas seni pertunjukan pemuda Jakarta Movin dalam bentuk musik, tarian, tata artistik, dan treatment kamera.

Musik dalam musikal ini merupakan pengembangan dari bluAnthem yang berjudul 'Mulai Langkahmu'. 'Mulai Langkahmu' dinyanyikan berkolaborasi bersama Yura Yunita. Lagu ini menjadi tema kampanye besar peluncuran blu, dan kini dikembangkan menjadi sebuah drama musikal yang lebih kaya makna dan relevan dengan target segmen yang dituju.

Karyawan Frontliner Bank Mulai Dapat Vaksin Gotong Royong

Proses kreatif ini berlangsung selama kurang lebih satu bulan. Proses berikutnya adalah proses staging dan rehearsal, dimana konsep final ditransfer kepada talent-talent yang akan menghidupi cerita, tokoh dan setting dari cerita bluMusical #MulaiLangkahmu.

Tayangan perdana bluMusical #MulaiLangkahmu mendapatkan sambutan yang hangat dari penonton yang mayoritas merupakan generasi muda. Di puncak acara, video bluMusical telah ditonton sebanyak lebih dari 150.000 kali di berbagai platform media sosial.

Beri Komentar