Bisnis Belum Pulih, BCA Cuma Pasang Target Kartu Kredit BCA Tumbuh Single Digit

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 4 Juni 2021 18:12
Bisnis Belum Pulih, BCA Cuma Pasang Target Kartu Kredit BCA Tumbuh Single Digit
Ada dua sektor bisnis yang diakui BCA berimbas pada bisnis kartu kredit mereka

Dream – Pandemi COVID-19 turut berdampak kepada bisnis kartu kredit PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Melihat hal ini, BCA menargetkan bisnis kartu kredit naik 5-6 persen.

“ Kalau tahun-tahun normal, (pertumbuhan) bisa 10-12 persen. Di situasi pandemi, mungkin setengahnya, 5-6 persen,” kata Executive Vice President BCA, I Ketut Alam Wangsawijaya, dalam konferensi pers peluncuran kartu kredit BCA UnionPay, Kamis 3 Juni 2021.

Ketut mengatakan hal ini diakibatkan oleh beberapa sektor yang belum tumbuh, seperti travel dan edukasi. Disebutkan bahwa banyak sekolah yang masih belum memberlakukan pembelajaran tatap muka. Tak hanya itu, transaksi dan kegiatan berbisnis pun terbatas di tengah ketidakpastian.

Untuk tahun ini, lanjut dia, diperkirakan pertumbuhan kartu kredit masih berada di kisaran single digit, yaitu 2-3 persen dari tahun lalu.

1 dari 2 halaman

Gandeng UnionPay

Untuk menggenjot bisnis kartu kredit, bank ini meluncurkan produk baru sama UnionPay, yaitu Kartu Kredit UnionPay. Direktur BCA, Santoso, membidik generasi milenial sebagai pasar kartu kredit tersebut.

“ Dalam situasi pandemi, banyak nasabah kami, terutama di generasi muda, milenial, yang terus tetap ingin bersemangat dan eksis, never give up di situasi ini untuk melakukan kegiatan. Inilah yang menjadi pemikiran kami untuk menerbitkan Kartu Kredit BCA UnionPay untuk nasabah yang dinamis dan terus aktif,” kata Santoso dalam acara yang sama.

Bank ini menggandeng mitra-mitra strategis, seperti Decathlon, Eiger, dan Garmin bagi yang menyukai olahraga, serta Chatime dan Kitamura untuk kuliner. Selain itu, ada penawaran berupa welcome bonus senilai 5 ribu BCA UnionPay dengan minimal akumulasi transaksi Rp5 juta dalam tiga bulan sejak kartu diterbitkan.

Ada juga setiap 1 BCA UnionPay Point yang didapatkan setiap satu kali transaksi senilai Rp10 ribu. Poin ini bisa ditukarkan dengan airline miles.

2 dari 2 halaman

Fitur Contactless

Vice President UnionPay International, Larry Wang, mengatakan kartu ini sudah menganut sistem pembayaran contactless. Fitur contactless yang diterapkan dalam Kartu Kredit BCA UnionPay juga kian mempermudah transaksi.

Nasabah tidak perlu lagi memasukkan nomor pin pada saat melakukan transaksi. Saat ini sudah tersedia mesin EDC BCA yang sudah dilengkapi fitur contactless.

“ Fungsi pembayaran contactless kartu ini sangat tepat mengingat fokus untuk mengurangi kontak langsung selama masa pandemi,” kata dia.

Beri Komentar