8 Alasan Punya Supercar Tak Sekeren yang Dikira

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 5 Oktober 2016 09:13
8 Alasan Punya Supercar Tak Sekeren yang Dikira
Banyak orang bermimpi bisa mengendalikan mobil ini.

Dream – Banyak orang, khususnya kaum adam, tergila-gila dengan supercar. Terlebih ketika mobil berbentuk aduhai ini melaju dengan deru yang khas.

Namun dalam kenyataannya, itu hanya kesenangan sesaat. Ada beberapa hal sebetulnya mengendarai supercar ternyata tidak nyaman sama sekali.

Dilansir dari Business Insider, Rabu 5 Oktober 2016, salah satunya adalah ground clearance atau jarak bodi mobil dengan permukaan tanah, yang sangat rendah hingga biaya perawatan yang super mahal menjadi alasan untuk tidak bermimpi mengendarai mobil berharga miliaran rupiah itu. Belum lagi energi yang terbuang sia-sia ketika mobil ini dijalankan.

Lalu, apa lagi?

Berikut ini adalah delapan alasan mengendarai mobil mewah ini tidak seindah yang dibayangkan:

1 dari 4 halaman

Tidak Nyaman jika di Jalan Tak Rata

Tidak nyaman jika jalan tidak rata

Ground clearance (jarak bodi mobil dengan permukaan tanah) adalah kekurangan supercar. Dengan performa mesin yang tinggi, supercar bisa melaju dengan kencang. Dan untuk menghindari tergelincir atau terbalik karena melaju kencang itu, supercar dirancang agar tetap menekan ke bawah selama dipacu di jalan. Hal ini tentu saja berimbas pada pilihan jalan yang akan dilalui. Karena jika tidak, jalan yang sedikit saja tidak rata akan menimbulkan kerusakan yang bernilai puluhan bahkan ratusan juta. Selain itu, kesenangan mengendarai mobil keren akan berubah menyebalkan jika Anda harus terus memelototi jalan agar tidak melewati lubang atau gundukan.

Tenaga yang sia-sia

Saat mengendarai supercar, Anda mungkin tidak akan bisa mengeluarkan 99,99 persen daya pacu mobil Anda secara leluasa. Yang terjadi adalah Anda justru memboroskan biaya membeli bahan bakar.

Tidak ada yang lebih menyedihkan ketika sebuah supercar terjebak lalu lintas. Terlihat keren tapi tidak punya kuasa untuk memamerkan kemampuan mobil Anda. Itu sama saja Anda membeli tenaga, tapi jarang menggunakannya.

Selain itu, tenaga yang sangat kuat itu bisa membahayakan diri Anda jika Anda tidak bisa menguasai kemudinya. Karena terlalu senang melaju dalam kecepatan tinggi, Anda tidak memperhatikan jarum speedometer hingga akhirnya terlambat dan mengalami kecelakaan.

 

2 dari 4 halaman

Biaya Perawatannya Mahal Banget

Harga dan perawatannya sangat mahal

Supercar termurah harganya masih sangat mahal. Karena itu Anda akan selalu menghadapi pertanyaan apakah supercar Anda yang harganya di bawah rata-rata itu adalah benar-benar supercar? Jika Anda masih ragu berarti Anda mengalami tekanan batin sehingga Anda akan berusaha untuk meng-upgrade kendaraan Anda. Dan upgrade ini membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Selain itu biaya perawatan dan perbaikan sebuah supercar sangat mahal meski hanya bodinya yang tergores. Belum lagi waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan pada sebuah supercar biasanya memakan waktu yang lama.

Benar-benar tidak nyaman untuk perjalanan jauh

Anda mungkin punya gambaran bahwa mengendarai supercar untuk jarak jauh akan terlihat keren dan menyenangkan. Anda salah. Hanya mobil sedan standar yang dirancang agar nyaman dikendarai dalam waktu lama. Sementara supercar didesain untuk kecepatan sehingga hanya efektif jika menempuh jarak yang tidak terlalu jauh.

3 dari 4 halaman

Mobil Ini Menyedot Perhatian Orang

Jadi pusat perhatian orang

Jika Anda tipe orang yang suka bergaul dengan berbagai macam orang, mungkin tidak masalah. Namun jika Anda orang yang sangat menjaga privasi, memiliki supercar akan membuat Anda depresi dan ketakutan. Bayangkan, setiap Anda parkir, orang-orang akan mengerumuni mobil Anda dan bertanya macam-macam, mulai harga, beli di mana, minta foto selfie, dan sebagainya. Atau ada orang yang selalu mengekor mobil Anda ke mana pun Anda pergi. Mungkin mereka hanya ingin mengagumi mobil Anda, tapi bagaimana jika tidak?

Tempat cuci mobil membuat Anda bangkrut

Supercar tidak boleh kotor. Bekas jari saja harus segera dilap, apalagi kotoran burung yang jatuh saat Anda parkir di bawah pohon. Karena itu lebih baik supercar disimpan di garasi jika hujan atau tidak benar-benar diperlukan. Kebutuhan agar tetap terlihat mengkilap seperti baru keluar dari showroom ini benar-benar bisa menguras isi kantong. Supercar tidak bisa dicuci di tempat cuci mobil pinggir jalan. Tapi harus di salon mobil khusus dan biasanya mereka mewajibkan detailing sebagai bagian dari proses cuci mobil.

4 dari 4 halaman

Tak Ada Bagasi dan Selalu Terhipnotis

Selalu merasa terhipnotis

Entah mengapa, supercar selalu menghipnotis pemiliknya. Anda akan punya lebih banyak waktu memandangi mobil Anda itu daripada mengerjakan hal lainnya. Supercar memang tidak untuk diabaikan. Ia butuh perhatian, sepanjang waktu.

Hampir tidak punya bagasi

Supercar tidak memiliki kompartemen yang luas seperti mobil sedan standar. Mungkin bagasi sebuah supercar hanya muat untuk diisi botol minuman. Ini artinya Anda tidak bisa jalan-jalan sambil berwisata dengan supercar.

Beri Komentar