8 Pekerjaan yang Terdampak Virus Corona Covid-19

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 26 Maret 2020 18:12
8 Pekerjaan yang Terdampak Virus Corona Covid-19
Virus corona COVID-19 ini tidak hanya berdampak pada kesehatan. Tetapi juga berdampak kepada beberapa sektor dan pekerjaan.

Dream – Virus corona Covid-19 ini tidak hanya berdampak pada kesehatan. Tetapi juga pada beberapa sektor pekerjaan. Bahkan Presiden Jokowi sudah melakukan pengkajian dampak ringan hingga buruk virus corona terhadap beberapa profesi di banyak wilayah.

Apabila virus ini tidak segera mereda, perekonomian dunia dikhawatirkan akan bermasalah. Khususnya perekonomian Indonesia. Di Indonesia, 21 koperasi dan UMKM sudah terdampak virus corona Covid-19, dilansir oleh Liputan6.com.

Selain itu masih ada beberapa sektor dan profesi yang terdampak virus corona. Dream telah merangkum beberapa sumber yang membahas 8 pekerjaan yang terdampak virus corona Covid-19. Yuk simak ulasannya berikut ini:

1 dari 8 halaman

Sopir Angkot

Pekerjaan yang terdampak virus corona Covid-19 yang pertama adalah sopir angkot. Penghitungan ini berdasarkan skenario sedang yang dilakukan oleh presiden. Akibat work from home, sekolah diliburkan, dan imbauan social distancing alias menjaga jarak, para sopir angkot menjadi korban dari dampak virus corona Covid-19.

2 dari 8 halaman

Tukang Ojek

 Driver Gojek Ancam Demo Jika Nadiem Makarim Jadi Menteri© MEN

Selain sopir angkot, pekerjaan yang paling terdampak virus corona Covid-19 adalah tukang ojek, baik tukang ojek konvensional maupun tukang ojek online. Sebab, aktivitas mayoritas instansi diliburkan, sehingga masyarakat banyak menghabiskan waktu di rumah.

Akan tetapi, berbeda dengan ojek konvensional, ojek online masih sedikit bisa beraktivitas karena bisa melayani pelayanan lain selain mengantarkan orang.

3 dari 8 halaman

Bisnis UMKM dan Koperasi

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM sudah terkena imbas dari merebaknya wabah corona Covid-19. Para pengusaha dan pemegang UMKM banyak yang melaporkan ke kementerian koperasi dan UKM. Tercatat lebih dari 21 koperasi dan UMKM melaporkan keluhannya tersebut.

4 dari 8 halaman

Pedagang

 Ilustrasi foto pedagang di pasar© Pexels

Pekerjaan yang paling terdampak virus corona Covid-19 selanjutnya adalah pedagang. Karena imbauan social distancing, banyak pedagang bangkrut karena minim pembeli. Mal dan toko-toko sepi pengunjung.

Karena kondisi pandemik corona, penurunan pendapatan pedagang menurun drastis. Jika wabah tidak segera mereda, para pedagang dikhawatirkan akan gulung tikar akibat sepinya pengunjung.

5 dari 8 halaman

Bisnis Pariwisata

Dewan perjalanan dan pariwisata dunia mencatat wabah virus corona Covid-19 ini mengancam lapangan kerja di sektor perjalanan dan juga pariwisata global, disaat perjalanan internasional tahun ini diperkirakan terpangkas hingga 25 persen.

Sektor pariwisata lokal pun juga terkena imbasnya. Banyak bisnis pariwisata ditutup karena tempat wisata menjadi penularan terbesar virus corona. Sehingga banyak yang terancam merugi para pekerja di sektor wisata ini.

6 dari 8 halaman

Buruh

 Ilustrasi buruh terancam terdampak virus corona© Pexels

Nah, pekerjaan yang terdampak virus corona Covid-19 ke enam adalah buruh. Sudah pasti perusahaan-perusahaan juga terancam tdak dapat memroduksi banyak karena virus ini. Pabrik-pabrik tutup karena para buruh tidak berani keluar rumah.

Hal ini dilakukan demi pencegahan penularan virus. Meskipun masih bekerja, para buruh juga terancam tidak mendapatkan THR tahun ini. Akibat dari para pengusaha yang sedang mengalami situasi yang kurang menguntungkan. 

Perlu diketahui, THR dalam kondisi yang seperti ini hanya akan menjadi beban pengusaha menengah ke bawah. THR memanglah kewajiban pengusaha. Akan tetapi di sisi lain omzet dan pendapatan menurun, apalagi pelaku usaha UMKM.

7 dari 8 halaman

Sektor Penerbangan

Bagi anda mungkin yang kebetulan bekerja di sektor penerbangan memang harus bersabar. Para pekerja di sektor penerbangan juga terkena imbas dari wabah corona Covid-19. Perkumpulan Angkatan Udara Internasional pernah menyampaikan bahwa perusahaan penerbangan yang beroperasi di Kawasan Asia-Pasifik tahun ini akan mengalami kerugian sejumlah 27,8 milyar dollar akibat bencana virus corona ini.

8 dari 8 halaman

Perusahaan Perkeretaapian

 Ilustrasi kereta api© Pixabay

Selanjutnya, pekerjaan yang terdampak virus corona adalah perusahaan perkeretaapian dan BUMN. Bahkan Erick Thohir yang merupakan Menteri Badan Usaha Milik Negara tengah menghitung kerugian yang dialami perusahaan-perusahaan tersebut.

Meskipun tetap beroperasi, perusahaan kereta api tetap dituntut untuk melayani masyarakat. Tetapi volume penumpang sudah pasti turun drastis dari hari normal. Masyarakat juga banyak yang memiliki ketakutan untuk menggunakan transportasi umum seperti kereta api.

Selain itu juga jumlah tiket yang menuju daerah-daerah rawan juga dibatasi. Sekaligus sebagai upaya menjalankan instruksi pemerintah untuk social distancing.

Sahabat Dream, demikian itulah 8 pekerjaan yang terdampak virus corona Covid-19. Selain jenis-jenis pekerjaan di atas, masih banyak lagi pekerjaan dan profesi yang mungkin juga terdampak virus coronca Covid-19. Jika anda salah satu yang terdampak, yakinlah bahwa kita bisa melewati semua ini. Harap bersabar, ya.

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna