Bangun Universitas Islam Internasional, Ini Mimpi Ahli Syariah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 15 Juli 2016 16:02
Bangun Universitas Islam Internasional, Ini Mimpi Ahli Syariah
Pemerintah ingin menjadikan universitas ini sebagai pusat peradaban Islam dunia. Kalangan ahli ekonomi Islam Indonesia berharap....

Dream - Pemerintah mencanangkan rencana mendirikan Universitas Islam Internasional Indonesia. Lewat perguruan tinggi ini, Indonesia diharapkan menjadi pusat peradaban Islam dunia.

" Selain edukasi, (Universitas Islam Internasional Indonesia) menjadi pusat peradaban dunia serta memberikan inspirasi tata dunia baru yang damai, ramah, demokratism dan berkeadilan melalui alternatif pengembangan kemanusiaan dan peradaban," kata Ketua Umum Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Indonesia, Bambang Brodjonegoro, di Jakarta, Kamis malam 14 Juli 2016.

Bambang yang juga menjabat menteri keuangan ini menginginkan universitas ini memiliki departemen atau fakultas ekonomi dan keuangan syariah internasional. Pengajarnya pun juga bertaraf internasional.

" Kualitas pendidikan keuangan syariah di Indonesia (bisa) melakukan lompatan. Lompatan ini butuh akademisi kompeten tingkat internasional," kata dia.

Eks kepala Badan kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan ini mengatakan konsep tersebut sudah diterapkan di Pakistan dan Malaysia. Kehadiran Indonesia akan memberikan " warna" tersendiri.

" Konsepnya tidak hanya sekolah, tapi juga pusat peradaban bagaimana bisa pengaruhi pola hidup masyarakat dunia sehingga bisa mempengaruhi peradaban dunia," kata dia.

Sekadar informasi, pemerintah resmi mendirikan Universitas Islam Internasional Indonesia. Keputusan ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian Universitas Islam Internasional Indonesia tertanggal 29 Juni 2016.

Pendirian universitas ini bertujuan untuk membangun pusat pengkajian Islam dunia di Indonesia. Berbagai pengkajian tersebut didasarkan para karakter Islam yang mengajarkan perdamaian dan kemajuan dalam berpikir.

Beri Komentar